Connect with us

Twitter ahmad kaneki

Budaya

Putrajaya Pertahankan Tradisi Kekeluargaan

Putrajaya digagas,  dirancang dan dibangun Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad untuk menjadi pusat pemerintahan Malaysia. Sementara Kuala Lumpur yang semula ibukota negara menjadi pusat perniagaan. Putrajaya contoh kemoderenan yang masih mengukuhkan tradisi kekeluargaan yang tinggi,  kebersamaan dan persatuan. 

Putrajaya digagas,  dirancang dan dibangun Perdana Menteri Malaysia Tun Mahathir Mohamad untuk menjadi pusat pemerintahan Malaysia. Sementara Kuala Lumpur yang semula ibukota negara menjadi pusat perniagaan.

Putrajaya contoh kemoderenan yang masih mengukuhkan tradisi kekeluargaan yang tinggi,  kebersamaan dan persatuan.

Hal tersebut dikemukakan Prof. Dr.  Yahaya Ibrahim dalam perbincangan dengan Musni Umar,  Sarwan,  Siti Aminah Amohoru (Ici), Erni dan Harris dari Universitas Ibnu Chaldun Jakarta serta Prof. Zambri, Timbalan Presiden Global Education Services,  di ruang tamu Majlis Profesor Negara  (MPN) di Putrajaya,  Malaysia (19/10).

Menurut mantan Chancellor Univ. Sultan Zainal Abidin (Unisza) Trengganu bahwa kemoderenan warga Putrajaya,  tetap mengukuhkan dan mengamalkan tradisi lama yaitu keakraban yang tinggi,  tolong-tolong,  saling menjaga dan saling melindungi.

Rumah Tak Berpagar

Satu hal yang mengesankan bahwa rumah di Putrajaya tak diberi pagar.  Maknanya warga dari setiap rumah saling menjaga dan melindungi.

Jika ada yang mengganggu, atau ada maling misalnya, mereka secara bersama bahu-membahu mencegah atau membantu tetangga yang mengalami kemalangan.

Kehidupan bersama yang diamalkan warga Putrajaya Malaysia merupakan warisan nenek moyang bangsa Melayu yang penting dijaga,  dirawat dan dipertahankan,  yang dalam perkembangan sosial samada di Malaysia maupun di Indonesia sudah mulai ditinggalkan.

Pada hal manusia sebagai makhluk sosial walaupun sudah maju,  moderen, tinggi kehidupan sosial ekonominya, tetap memerlukan sesamanya.

Oleh karena itu,  Putrajaya yang warganya mayoritas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai kerajaan memberi contoh dan teladan yang baik bagi bangsa Malaysia dan bangsa Indonesia bahwa kemoderenan,  kemajuan yang tinggi dalam bidang ekonomi,  sosial dan pendidikan tidak sepatutnya meninggalkan budaya lama yang memiliki kebaikan yang tinggi dalam hidup bersama.

Putrajaya,  19/10/2018

Baca Juga

Malaysia

Dalam rangka memenuhi janjinya, Anwar Ibrahim tolak mobil dinas mewah Mercedez Benz S600, tidak ambil gaji sebagai Perdana Menteri, turunkan gaji menteri.

Malaysia

Anwar Ibrahim merupakan satu-satunya presiden partai dan pimpinan kumpulan partai-partai politik yang berhimpun di Pakatan Harapan) yang berkampanye di seluruh Malaysia.

Malaysia

Koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin Datuk Seri Anwar Ibrahim telah memenangi Pemilu (PRU) ke-15 dengan meraih dukungan kursi di Dewan Rakyat sebesar 82 kursi.

Malaysia

Pada Sabtu, 19 November 2022, akan digelar Pemilu Malaysia yang disebut Pilihan Raya Umum (PRU) ke-15. Pemilu ini akan memilih 222 ahli parlimen untuk...

Lainnya

Kampanye Pemilu Malaysia, Kempen Pilihan Raya Umum (PRU) ke-15 di Malaysia yang sedang berlangsung saat ini, sangat menarik dianalisis dan ditulis.

Politik

Pengakuan Mahathir Mohamad bahwa pembangunan negaranya tertinggal dibandingkan Indonesia dan Vietnam disampaikan melalui cuitan akun Twitter resminya @chedetofficial.

Politik

Muhyiddin Yassin, Perdana Menteri Malaysia telah resmi mengundurkan diri, Senin (16/8/2021) waktu setempat - setelah menyampaikan surat resmi kepada Raja Malaysia Al Sultan Abdullah...

Politik

Muhyiddin Yassin mengatakan kepada Agong bahwa dia masih mendapat sokongan dari para anggota parlemen, sehingga tidak mau mundur sebagai Perdana Menteri. Dia menyampaikan kepada...