Musni Umar Socmed

Search

Twitter kitainisama

Lainnya

Pemuda, Kehormatan dan Reputasi

Tanpa terasa sudah 90 tahun Sumpah Pemuda diikrarkan oleh para pemuda Indonesia yaitu 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda merupakan peristiwa yang sangat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.  Tanpa Sumpah Pemuda,  Indonesia tidak akan merdeka sebab ratusan tahun bangsa Indonesia berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan, tetapi perjuangan selalu gagal karena tidak ada persatuan dan kesatuan.

Tanpa terasa sudah 90 tahun Sumpah Pemuda diikrarkan oleh para pemuda Indonesia yaitu 28 Oktober 1928.

Sumpah Pemuda merupakan peristiwa yang sangat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.  Tanpa Sumpah Pemuda,  Indonesia tidak akan merdeka sebab ratusan tahun bangsa Indonesia berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan, tetapi perjuangan selalu gagal karena tidak ada persatuan dan kesatuan.

Saking pentingnya peristiwa tersebut,  setiap 28 Oktober para pemuda Indonesia termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) memeringati Hari Sumpah Pemuda.

Kehormatan dan Reputasi

John D.  Rockefeller, pengusaha dan pendiri Exxon dari Amerika Serikat (1839-1937) pernah berkata bahwa “Hal terpenting bagi seorang pemuda adalah membentuk kehormatan, reputasi dan karakter.”

Membentuk kehormatan bukan pekerjaan singkat karena dibangun dari kesetiaan dalam menjalankan kebenaran,  yang akhirnya melahirkan martabat.  Martabat yang baik akan menghadirkan kehormatan.

Begitu pula membangun reputasi tidaklah mudah dan singkat.  Memerlukan waktu dan perjuangan yang kuat untuk mewujudkan.

Reputasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: perbuatan dan sebagainya sebagai sebab mendapat nama baik.

Pemuda tidak punya pilihan kecuali menggunakan masa muda untuk membuat reputasi.

Para pemuda yang bersumpah dalam sumpah pemuda:

Satu tanah air tanah air Indonesia
Satu bangsa bangsa Indonesia
Satu bahasa bahasa Indonesia

Telah membuat reputasi yang luar biasa.  Sudah 90 tahun Sumpah Pemuda diucapkan, tetap diperingati dan bahkan selalu menginspirasi seluruh bangsa Indonesia untuk tetap bersatu, walaupun berbeda.

Begitu pula membentuk karakter harus dilakukan dengan melatih diri disiplin, berakhlak mulia, memiliki nasionalisme yang tinggi,  empati dan peduli kepada mereka yang miskin dan sedang mengalami kesulitan.

Pemuda,  harus mempersiapkan diri untuk mengambil alih estafet kepemimpinan di segala bidang. Karena itu,  harus terus belajar dan banyak menimba pengetahuan dan pengalaman supaya memiliki kehormatan,  reputasi dan karakter yang tangguh.

Selamat merayakan Hari Sumpah Pemuda

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengkutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Pendidikan

Musni Umar, rektor Universitas Ibnu Chaldun mengingatkan kepada seluruh Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun bahwa UIC tahun 2021 genap 65 tahun. Ditengah bangsa Indonesia...

Covid-19

Dunia juga menghadapi ketidak-pastian dalam bidang ekonomi sehingga memberi pengaruh negatif kepada kehidupan sosial, pendidikan dan sebagainya.

Pendidikan

Mahasiswa (i) Universitas Ibnu Chaldun calon penerima beasiswa diundang ke UIC, disamping urusan akademik, untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mendengarkan ceramah rektor Universitas...

Pendidikan

Musni Umar yang melantik Dr. Drs. Abbas Thaha, MBA., MM., BE sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ibnu Chaldun

Lainnya

Berdasarkan pengalaman pribadi, dan yang saya saksikan di masyarakat bahwa kunci kemajuan seluruh bangsa Indonesia bukan pembangunan ekonomi, tetapi pembangunan manusia. Pada saat terjadi...

Covid-19

Masa studi program S3 di Asia e University bisa diselesaikan selama 3 tahun.

Opini

Umur 75 tahun masih bisa dikatakan sebagai negara baru, karena sangat banyak masalah yang diwariskan penjajah sebagai PR (Pekerjaan Rumah).

Covid-19

Corona tidak hanya menyerang bangsa Indonesia, tetapi juga Finlandia. Akan tetapi, pemerintah bersama rakyat Finlandia, sukses memerangi corona.