Connect with us

Twitter musni umar

Budaya

Seni, Cinta dan Kreativitas Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun

Di dalam diri setiap mahasiswa (i), ada cinta. Seni bisa menghadirkan cinta. Di dalam cinta, ada keindahan,  kedamaian, dan ketenangan. Seni bisa pula menghadirkan kebersamaan,  persatuan dan kesatuan.

Ralph Waldo Emerson,  penyair dan filsuf dari Amerika Serikat berkata: cinta akan keindahan adalah rasa. Penciptaan keindahan adalah seni.

Di dalam diri setiap mahasiswa (i), ada cinta. Seni bisa menghadirkan cinta. Di dalam cinta, ada keindahan,  kedamaian, dan ketenangan. Seni bisa pula menghadirkan kebersamaan,  persatuan dan kesatuan.

Seni merupakan intisari dari kreativitas.  Rasa seni akan melahirkan kreativitas. Di dunia perguruan tinggi,  sangat penting hadirnya kreativitas.

Seni dan Kemajuan

Sejak saya dilantik menjadi rektor Universitas Ibnu Chaldun 21 Oktober 2016, saya menyaksikan adanya talenta para mahasiswa di bidang seni.

Ada seni lukis,  seni tari,  seni menyanyi, seni baca Alqur’an dan sebagainya, banyak dimiliki mahasiswa.

Fakuktas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun merupakan pioneer dalam pengembangan seni di kampus.   Setiap tahun mereka menyelenggarakan festival seni.

Selain itu,  Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik  Universitas Ibnu Chaldun,   juga mempunyai banyak mahasiswa yang memiliki talenta dalam bidang seni menyanyi pada khususnya.

Saya menyaksikan kegiatan UKM Culture Art Creative Universitas Ibnu Chaldun (27/10/2018) yang dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang merupakan bagian dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun yang disupport Dr. M. Sidiq,  Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun, telah menginspirasi saya, pentingnya mendukung,  menfasilitasi dan mengembangkan kegiatan mahasiswa di bidang seni dan bidang-bidang lain yang menjadi kesukaan mahasiswa (student interest).

Untuk memajukan Universitas Ibnu Chaldun di masa depan,  tidak akan terfokus hanya pada pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi (pembelajaran,  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat),  tetapi juga pengembangan student interest seperti seni dan sebagainya.

Kemajuan Universitas Ibnu Chaldun dan seluruh perguruan tinggi,  akan lebih cepat jika didukung berbagai kegiatan mahasiswa yang bersumber dari kreativitas untuk mengembangkan talenta di bidang seni dan bidang-bidang lain.

Semoga setiap niat dan usaha untuk mewujudkan kemajuan,  memperoleh kemudahan.

Baca Juga

Pendidikan

Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati tahun ini, menurut saya pilar utamanya adalah pendidikan.

Pendidikan

Apa yang saya lakukan, akhirnya memberi dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun. Karena melalui bantuan beasiswa tersebut saya lobby ke mana-mana,...

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun pada saat silaturrahim dan rapat pimpinan universitas dan pimpinan fakultas mengemukakan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan kemajuan Universitas Ibnu...

Pendidikan

Bersama Fahira Idris, Anggota DPD RI, Hiapolo Filantropi Indonesia dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun FISIP UIC melaksanakan bakti sosial...

DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja daerah (APBD) yang cukup besar untuk memajukan UMKM usaha mikro kecil menengah dan koperasi.

Pendidikan

egiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Fakultas Farmasi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun berkolaborasi dengan PT Kalbe Farma dan PT Alfa Midi dibuka...

Pendidikan

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun menggelar mimbar demokrasi di UIC. Diundang Ketua yayasan, rektor, para wakil rektor, para dekan, dosen dan para pimpinan...

Pendidikan

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW secara virtual ini dilaksanakan Pusat Pengkajian Islam dan Humas Universitas Ibnu Chaldun dengan tema Dengan Isra Mi'raj Kita...