Connect with us

Twitter musni umar

Budaya

Seni, Cinta dan Kreativitas Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun

Di dalam diri setiap mahasiswa (i), ada cinta. Seni bisa menghadirkan cinta. Di dalam cinta, ada keindahan,  kedamaian, dan ketenangan. Seni bisa pula menghadirkan kebersamaan,  persatuan dan kesatuan.

Ralph Waldo Emerson,  penyair dan filsuf dari Amerika Serikat berkata: cinta akan keindahan adalah rasa. Penciptaan keindahan adalah seni.

Di dalam diri setiap mahasiswa (i), ada cinta. Seni bisa menghadirkan cinta. Di dalam cinta, ada keindahan,  kedamaian, dan ketenangan. Seni bisa pula menghadirkan kebersamaan,  persatuan dan kesatuan.

Seni merupakan intisari dari kreativitas.  Rasa seni akan melahirkan kreativitas. Di dunia perguruan tinggi,  sangat penting hadirnya kreativitas.

Seni dan Kemajuan

Sejak saya dilantik menjadi rektor Universitas Ibnu Chaldun 21 Oktober 2016, saya menyaksikan adanya talenta para mahasiswa di bidang seni.

Ada seni lukis,  seni tari,  seni menyanyi, seni baca Alqur’an dan sebagainya, banyak dimiliki mahasiswa.

Fakuktas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun merupakan pioneer dalam pengembangan seni di kampus.   Setiap tahun mereka menyelenggarakan festival seni.

Selain itu,  Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik  Universitas Ibnu Chaldun,   juga mempunyai banyak mahasiswa yang memiliki talenta dalam bidang seni menyanyi pada khususnya.

Saya menyaksikan kegiatan UKM Culture Art Creative Universitas Ibnu Chaldun (27/10/2018) yang dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang merupakan bagian dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun yang disupport Dr. M. Sidiq,  Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun, telah menginspirasi saya, pentingnya mendukung,  menfasilitasi dan mengembangkan kegiatan mahasiswa di bidang seni dan bidang-bidang lain yang menjadi kesukaan mahasiswa (student interest).

Untuk memajukan Universitas Ibnu Chaldun di masa depan,  tidak akan terfokus hanya pada pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi (pembelajaran,  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat),  tetapi juga pengembangan student interest seperti seni dan sebagainya.

Kemajuan Universitas Ibnu Chaldun dan seluruh perguruan tinggi,  akan lebih cepat jika didukung berbagai kegiatan mahasiswa yang bersumber dari kreativitas untuk mengembangkan talenta di bidang seni dan bidang-bidang lain.

Semoga setiap niat dan usaha untuk mewujudkan kemajuan,  memperoleh kemudahan.

Baca Juga

Pendidikan

Rocky Gerung menggemparkan UIC. Saya tidak sangka seluruh mahasiswa universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengidolakan Rocky Gerung.

Covid-19

Sebagai bentuk keprihatinan, Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menggelar Istighotsah doa bersama. Dengan harapan, semoga Allah mengabulkan doa kita sehingga bangsa Indonesia yang...

Pendidikan

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC, memperingati milad ke-65 tahun secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

DKI Jakarta

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dengan bijak telah memberi jalan keluar dengan menyarankan umat Islam agar menggelar salat Idul Fitri dilokasi terbuka seperti lapangan...

Opini

Pendidikan adalah investasi yang mahal dan bersifat jangka panjang. Maka, pemimpin yang tidak memiliki visioner, lebih memilih pembangunan ekonomi dengan membangun jalan, jembatan dan...

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun merasa sangat prihatin dan menyesalkan adanya pemberitaan di sebuah media online tanpa cek & recek serta kroscek telah menyebarkan hoax...

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

Pendidikan

Sejak lama saya berpendapat bahwa kunci kemajuan Indonesia terletak pada pendidikan yang berkualitas. Agar kita dapat menjadikan Indonesia Emas 2045 milik rakyat Indonesia, kita...