Connect with us

unsplash varshesh joshi

Opini

Teladani Sifat Amanah Nabi

Hari ini,  12 Rabi’ul awal 1440 H bertepatan 20 November 2018, umat Islam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW., sebaiknya kita meneladani sifat-sifat mulia Rasulullah SAW seperti amanah. Bangsa Indonesia yang besar ini,  seolah kehilangan sikap amanah. Hampir di semua strata sosial bangsa Indonesia mulai dari elit sampai di masyarakat paling bawah (grass root), mengalami degradasi sikap amanah.

Hari ini,  12 Rabi’ul awal 1440 H bertepatan 20 November 2018, umat Islam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW., sebaiknya kita meneladani sifat-sifat mulia Rasulullah SAW seperti amanah.

Bangsa Indonesia yang besar ini,  seolah kehilangan sikap amanah. Hampir di semua strata sosial bangsa Indonesia mulai dari elit sampai di masyarakat paling bawah (grass root), mengalami degradasi sikap amanah.

Pada hal sikap benar dan bisa dipercaya yang dalam bahasa Arab disebut amanah merupakan mahkota kehidupan.

Sifat amanah itu seperti cermin.  Sekali dia retak, pecah, maka jangan harap dia akan pulih seperti sedia kala. Jangan coba-coba  bermain dengan cermin.

Pentingnya Dipraktikkan

Sifat amanah Nabi Muhammad SAW sangat penting dan mendesak diteladani oleh setiap orang, setiap kelompok, maupun masyarakat luas.

Ali bin Abi Thalib pernah berkata: Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal, kepercayaan,  cinta, dan rasa hormat.

Mereka yang mengamalkan sifat amanah, selalu berkata jujur, benar dan bisa dipercaya, sehingga mendapat kepercayaan.

Sifat amanah itu diamalkan oleh Nabi Muhammad SAW. sejak muda, sehingga kaum Quraisy di Makkah memberi gelar kepada Muhammad SAW dengan gelar “Al Amiin” (yang dapat dipercaya).

Kita berharap, saat kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW menjelang Pemilu serentak 17 April 2019, umat Islam sebagai penduduk mayoritas di Indonesia, bisa menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019 dengan memilih Calon Presiden/Wakil Presiden dan Calon Anggota Parlemen di semua tingkatan yang amanah, yaitu yang benar dan dapat dipercaya.

Baca Juga

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...

DKI Jakarta

Dalam rangka mudik lebaran, sebagai sosiolog saya terpanggil untuk mencegah berbagai musibah yang dialami pemudik dengan memberikan 20 Tips Mudik Selamat.

Politik

Belajar dari Chechnya, Ukraina dan Rusia, Muslim Indonesia harus kuat. Supaya kuat, maka harus bersatu dan jangan mau jadi alat untuk kepentingan penguasa yang...

Opini

Pada 5 Februari 2022, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) genap berumur 75 tahun. Selama 75 tahun HMI telah mengabdi kepada bangsa dan negara dengan mengkader...

Opini

Tanpa terasa bangsa Indonesia telah berada di penghujung tahun 2021 Masehi. Sebagai bangsa yang mayoritas Muslim, alhamdulillah telah menjalani tahun 2021 dengan rasa syukur....

Lainnya

Politik jujur yang diamalkan Muhammad SAW dipandu oleh Allah. Dampaknya, Islam tersebar cepat di seluruh jazirah Arab dan di penjuru dunia yang sampai saat...

Lainnya

Pergantian tahun baru Islam harus dimaknai dengan belajar sejarah. Momentum tahun baru Islam, mesti dijadikan titik awal, umat Islam belajar sejarah Nabi Muhammad SAW.

Wisata

Pada pukul 11.00 WIT kami mengunjungi Istana Kesultanan Islam Bacan. Kesultanan Islam Bacan didirikan pada 1521 dan dibubarkan setelah Indonesia merdeka 1945. Kami diterima...