Olahraga Sambil Rekreasi di Car Free Day Jakarta

 Kategori Lainnya, Sosial

Pada hari  Ahad 25 November 2018, pukul 04.30 Wib, saya mengantar isteri di Jalan Nawi Raya, Cilandak,  Jakarta Selatan, halaman kantor Pensiunan Pemda Provinsi DKI Jakarta,  tempat berkumpul peserta senam dari Kecamatan Cilandak,  yang akan berangkat bersama menuju Monas, tempat diselenggarakannya senam massal Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Provinsi DKI Jakarta.

Kegiatan senam massal tersebut dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang diikuti 8.000 orang dari berbagai wilayah di DKI Jakarta

Olahraga di Car Free Day

Saya kemudian ke Pasaraya Blok M untuk parkir mobil,  lalu naik bus TransJakarta dan turun di Halte Gelora BungKarno.

Kemudian berolahraga dengan jalan kaki dari Halte Gelora Bungkarno hingga tiba di Tosari-Kempiski Hôtel Indonesia.

Dalam perjalanan yang cukup jauh,  saya menyaksikan para pejalan kaki, diantaranya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam rangka Hari Guru Nasional, dan masyarakat luas dari berbagai kalangan termasuk pesepeda.

Disamping itu, para pedagang kecil dari berbagai jenis barang dan makanan menjajakan barang dagangannya dipinggir jalan,  termasuk para penyanyi, LSM yang sedang memperingati Hari AID se dunia, Perwakilan Penghubung Provinsi Bengkulu di Jakarta yang mempromosikan Bengkulu, promosi hasil-hasil produksi, dan Sebagainya.

Puncak pertemuan para pejalan kaki yang berolahraga, pesepeda adalah di Bundaran Hôtel Indonesia.

Rekreasi Bareng

Saya merasakan olahraga di Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan) di jalan Jenderal Sudirman dan di jalan MH Thamrin Jakarta, sangat menyenangkan dan boleh dikatakan olahraga jalan kaki sambil rekreasi bareng.

Saya menyaksikan satu keluarga, yaitu bapak, ibu dan anak, bareng jalan kaki sambil ngobrol.  Setelah capek, berhenti dan jajan.

Tambah menyenangkan karena jalan utama di DKI Jakarta yaitu jalan Jenderal Sudirman dan jalan MH. Thamrin, Jakarta, sudah mengalami penataan yang sangat baik, walaupun belum tuntas seluruhnya, tetapi sudah indah dan enak dipandang mata.

Semoga olahraga jalan kaki di Car Free Day Jakarta yang sudah ramai diikuti daerah lain, menginspirasi  seluruh bangsa Indonesia untuk selalu berolahraga secara teratur dalam upaya menjaga kesehatan.

“Lebih baik menjaga daripada mengobati.”

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search