Connect with us

Flickr donald man

Lainnya

Reuni Aksi 212, Ibadah dan Rekreasi

Pada 02 Desember 2018 akan dilaksanakan Reuni Akbar 212 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Insya Allah saya, isteri dan mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta akan Hadir. Kegiatan ini diperkirakan akan dihadiri umat dalam jumlah yang amat bersama. Sebagai sosiolog dan Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta,  setidaknya ada lima alasan, saya menghadiri Reuni Akbar Aksi 212. Pertama, untuk mengenang kembali Aksi Bela Islam 212 yang merupakan satu-satunya Aksi Bêla Islam yang saya ikuti dan tulis dalam buku saya berjudul “Peran Ulama Dalam Menghadirkan Perubahan di DKI Jakarta.”

Pada 02 Desember 2018 akan dilaksanakan Reuni Akbar 212 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Insya Allah saya, isteri dan mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta akan Hadir.

Kegiatan ini diperkirakan akan dihadiri umat dalam jumlah yang amat bersama.

Sebagai sosiolog dan Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta,  setidaknya ada lima alasan, saya menghadiri Reuni Akbar Aksi 212.

Pertama, untuk mengenang kembali Aksi Bela Islam 212 yang merupakan satu-satunya Aksi Bêla Islam yang saya ikuti dan tulis dalam buku saya berjudul “Peran Ulama Dalam Menghadirkan Perubahan di DKI Jakarta.”

Kedua, Aksi Bela Islam 212 tahun 2016 meninggalkan kesan yang amat mendalam bagi diri saya, karena ditengah guyuran hujan dan lautan manusia saya menangis saat berdoa dan sekujur badan merinding dalam kesyahduan – mengikuti doa yang dibimbing jika tidak salah ustadz Muhammad Arifin Ilham.

Ini pengalaman rohani yang tidak terlupakan dalam hidup saya seperti yang saya alami saat berdoa di Multazam disamping Ka’bah sewaktu melaksanakan ibadah haji.

Ketiga, saya mengenang khutbah Jum’at Habib Rieziq Syihab saat 212 yang luar biasa dihadapan Presiden, Wakil Presiden, Panglima TNI, Kapolri, para Menteri dan jutaan umat Islam yang disiarkan langsung oleh TV ONE dan TV lainnya.

Keempat, sarana komunikasi dengan masyarakat, karena sebagai sosiolog, suka tidak suka dan mau tidak mau harus selalu bersama dan berkomunikasi dengan masyarakat.

Kelima, reuni  Aksi 212 merupakan  kegiatan keagamaan yang pasti memberi pengaruh dalam perjalanan bangsa.  Maka saya harus hadir untuk meliput dan menulisnya.

Ibadah dan Rekreasi

Reuni Aksi 212, jika niat untuk ibadah, maka insya Allah akan bernilai ibadah.  Apalagi didahului salat Subuh berjamaah, kemudian ceramah dan kegiatan lainnya.

Saya yakin itu, karena setiap perbuatan baik yang dilakukan diawali dengan niat, akan bernilai ibadah kepada Allah.

Disamping itu, reuni Aksi 212 bisa menjadi sarana rekreasi.  Masyarakat yang berhimpun di kawasan Monumen Nasional dalam jumlah besar, pakaian serba putih dan damai, bisa menjadi event rekreasi dan tontonan menarik bagi masyarakat.

Dalam reuni Aksi 212, diharapkan selain sebagai ajang silaturrahim untuk memperkukuh kebersamaan, persatuan dan kesatuan, juga sarana  ibadah dan rekreasi.

Saya yakin dan optimis, reuni Aksi 212 akan berlangsung aman, damai dan sukses.

Baca Juga

Lainnya

Saya apresiasi Reuni 212 tahun 2022 dengan tema Munajat Akbar Indonesia Bersholawat yang berlangsung di Masjid Agung At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12) berlangsung hidmat,...

Pendidikan

Pada tanggal 7-10 November saya berada di Sulawesi Tenggara untuk menjadi narasumber dalam seminar Satu Untuk Sultra yang diselenggarakan oleh Forum Sultra Bersatu yang...

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.