FISIP UIC Kerjasama LPPOM MUI

 Kategori Lainnya, Pendidikan

Dalam rangka meningkatkan pemahaman, pengamalan dan sosialisasi Halal, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengadakan Memorandum Of Understanding dalam bentuk kerjasama dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Makanan Majelis Ulama Indonesia (LPPOM yang diwakili  Ibu Ir. Hj. Osmena Gunawan, sementara FISIP UIC diwakili oleh Dr. M. Sidiq.

Penandatangan MOU antara FISIP UIC dengan LPPOM MUI disaksikan Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, Hasinggahan Lubis, Dekan Fakultas Agama Islam, Ibu Hartini Salama, mantan Wakil Rektor 1 UIC, Ibu Hafniati, Wakil Dekan Fak. Agama Islam, Abidin, Wakil Dekan FISIP dan mahasiswa-mahasiswi FISIP UIC.

Pada kesempatan itu, dilakukan pula Training Of Trainer tentang Halal yang diikuti para dosen dan mahasiswa (i) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Musni Umar, rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta pada saat membuka TOT tentang Halal mengatakan bahwa umat Islam yang mayoritas di Indonesia belum semuanya sadar tentang Halal. Pada hal di dalam Alqur’an, umat Islam diharamkan untuk makan babi, bangkai dan minum khamar (yang memabukkan) termasuk menggunakan barang-barang yang tidak Halal seperti kosmetika yang diproduksi dari babi.

Akan tetapi, makan dan menggunakan produk halal belum menjadi budaya bangsa Indonesia. Oleh karena itu, melalui MOU dan TOT yang diberikan para pakar dari LPPOM MUI diharapkan mahasiswa dan mahasiswi FISIP UIC menjadi pelopor dalam membudayakan produk halal dikalangan bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search