Connect with us

twitter musni umar

Pendidikan

LPPM UIC Melaksanakan Workshop Penulisan Penelitian Ilmiah

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para dosen Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dalam penulisan penelitian ilmiah, pada 8 Desember 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIC menyelenggarakan Workshop penulisan penelitian ilmiah. Tampil menjadi narasumber Elma Haryani, peneliti Puslitbang Kementerian Agama RI. dan Sri Nuryanti, peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para dosen Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dalam penulisan penelitian ilmiah, pada 8 Desember 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIC menyelenggarakan Workshop penulisan penelitian ilmiah.

Tampil menjadi narasumber Elma Haryani, peneliti Puslitbang Kementerian Agama RI. dan Sri Nuryanti, peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Elma Haryani mengemukakan pentingnya melakukan penelitian sebagai pengamalan dari firman Allah dalam Alqur’an yang memerintahkan “iqra” (membaca).
Dengan melakukan penelitian, kita menambah ilmu pengetahuan dan menemukan hal-hal baru.

Lebih lanjut peneliti dari Puslitbang Kementeriaan Agama RI itu mengatakan bahwa dengan meneliti, kita bisa membantah atau mengukuhkan hasil penelitian terdahulu. Menurut dia, hasil penelitian suatu kasus hanya bisa dimentahkan dengan penelitian.

Narasumber kedua Sri Nuryanti memberikan materi “Academic Writing Skills” dengan sangat menarik.  Dia menceritakan pengalamannya dengan meneliti bisa mengunjungi 46 negara. Setiap tahun bisa mengunjungi 3-4 negara dalam rangka konferensi, seminar, simposium internasional.

Dalam workshop ini Elma Haryani memandu para dosen UIC untuk membuat proposal penelitian,  bisa penelitian mandiri dan bisa pula penelitian kelompok.

Sementara itu, Sri Nuryanti memandu para dosen UIC membuat tulisan ilmiah dan  abstrak dalam penulisan ilmiah. Dia mengemukakan secara rutin mengikuti informasi rencana konferensi,  seminar atau simposium internasional dalam bentuk “call for papers.”

twitter musni umar

Baca Juga

Pendidikan

Rocky Gerung, akademisi yang disebut para mahasiswa sebagai presiden akal sehat, dalam peluncuran buku karya Musni Umar yang diberi judul Maju Kotanya Bahagia Warganya.

Pendidikan

Rocky Gerung menggemparkan UIC. Saya tidak sangka seluruh mahasiswa universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengidolakan Rocky Gerung.

Pendidikan

Mayjen TNI Purn Kivlan Zen menegaskan bahwa komunis sudah bangkit, komunis masuk di mana-mana menyusup ke kekuatan Bangsa Indonesia.

Pendidikan

Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, MA, Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan 2016-2020 menegaskan jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan komunis.

Pendidikan

Fakta sosiologis bahwa Soeharto memimpin penumpasan dan pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Dikemukakan dalam webinar yang bertajuk Melawan Lupa Pemberontakan Komunis di Indonesia (G30S...

Covid-19

Sebagai bentuk keprihatinan, Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menggelar Istighotsah doa bersama. Dengan harapan, semoga Allah mengabulkan doa kita sehingga bangsa Indonesia yang...

Pendidikan

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC, memperingati milad ke-65 tahun secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Opini

Pendidikan adalah investasi yang mahal dan bersifat jangka panjang. Maka, pemimpin yang tidak memiliki visioner, lebih memilih pembangunan ekonomi dengan membangun jalan, jembatan dan...