LPPM UIC Melaksanakan Workshop Penulisan Penelitian Ilmiah

 Kategori Pendidikan

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para dosen Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dalam penulisan penelitian ilmiah, pada 8 Desember 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIC menyelenggarakan Workshop penulisan penelitian ilmiah.

Tampil menjadi narasumber Elma Haryani, peneliti Puslitbang Kementerian Agama RI. dan Sri Nuryanti, peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Elma Haryani mengemukakan pentingnya melakukan penelitian sebagai pengamalan dari firman Allah dalam Alqur’an yang memerintahkan “iqra” (membaca).
Dengan melakukan penelitian, kita menambah ilmu pengetahuan dan menemukan hal-hal baru.

Lebih lanjut peneliti dari Puslitbang Kementeriaan Agama RI itu mengatakan bahwa dengan meneliti, kita bisa membantah atau mengukuhkan hasil penelitian terdahulu. Menurut dia, hasil penelitian suatu kasus hanya bisa dimentahkan dengan penelitian.

Narasumber kedua Sri Nuryanti memberikan materi “Academic Writing Skills” dengan sangat menarik.  Dia menceritakan pengalamannya dengan meneliti bisa mengunjungi 46 negara. Setiap tahun bisa mengunjungi 3-4 negara dalam rangka konferensi, seminar, simposium internasional.

Dalam workshop ini Elma Haryani memandu para dosen UIC untuk membuat proposal penelitian,  bisa penelitian mandiri dan bisa pula penelitian kelompok.

Sementara itu, Sri Nuryanti memandu para dosen UIC membuat tulisan ilmiah dan  abstrak dalam penulisan ilmiah. Dia mengemukakan secara rutin mengikuti informasi rencana konferensi,  seminar atau simposium internasional dalam bentuk “call for papers.”

twitter musni umar

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search