Musni Umar Socmed

Search

twitter musni umar

Pendidikan

LPPM UIC Melaksanakan Workshop Penulisan Penelitian Ilmiah

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para dosen Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dalam penulisan penelitian ilmiah, pada 8 Desember 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIC menyelenggarakan Workshop penulisan penelitian ilmiah. Tampil menjadi narasumber Elma Haryani, peneliti Puslitbang Kementerian Agama RI. dan Sri Nuryanti, peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dalam rangka meningkatkan kemampuan para dosen Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dalam penulisan penelitian ilmiah, pada 8 Desember 2018 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIC menyelenggarakan Workshop penulisan penelitian ilmiah.

Tampil menjadi narasumber Elma Haryani, peneliti Puslitbang Kementerian Agama RI. dan Sri Nuryanti, peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Elma Haryani mengemukakan pentingnya melakukan penelitian sebagai pengamalan dari firman Allah dalam Alqur’an yang memerintahkan “iqra” (membaca).
Dengan melakukan penelitian, kita menambah ilmu pengetahuan dan menemukan hal-hal baru.

Lebih lanjut peneliti dari Puslitbang Kementeriaan Agama RI itu mengatakan bahwa dengan meneliti, kita bisa membantah atau mengukuhkan hasil penelitian terdahulu. Menurut dia, hasil penelitian suatu kasus hanya bisa dimentahkan dengan penelitian.

Narasumber kedua Sri Nuryanti memberikan materi “Academic Writing Skills” dengan sangat menarik.  Dia menceritakan pengalamannya dengan meneliti bisa mengunjungi 46 negara. Setiap tahun bisa mengunjungi 3-4 negara dalam rangka konferensi, seminar, simposium internasional.

Dalam workshop ini Elma Haryani memandu para dosen UIC untuk membuat proposal penelitian,  bisa penelitian mandiri dan bisa pula penelitian kelompok.

Sementara itu, Sri Nuryanti memandu para dosen UIC membuat tulisan ilmiah dan  abstrak dalam penulisan ilmiah. Dia mengemukakan secara rutin mengikuti informasi rencana konferensi,  seminar atau simposium internasional dalam bentuk “call for papers.”

twitter musni umar

Baca Juga

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Pendidikan

Dampak Covid-19 puluhan juta pekerja Indonesia yang di PHK. Kita tidak hanya prihatin, tetapi harus ikut mencari dan memberi solusi.

Pendidikan

Ekonomi rakyat atau juga dikenal dengan istilah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) merupakan sektor usaha yang paling terpuruk di era pandemi Covid-19. Hal tersebut...

Pendidikan

Seminar bertema Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid. Musni Umar mengemukakan hal tersebut setelah bersama Gamari Sutrisno, Wakil Rektor Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Luar...

Pendidikan

Seminar internasional Universitas Ibnu Chaldun yang bertema "Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid" pada 11 Februari 2021.

In Memoriam

Saya amat terkejut membaca di media sosial bahwa Ustaz Syekh Ali Jaber meninggal dunia.

Lainnya

UIC klarifikasi dengan Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ibnu Chaldun (12/1/2020) tentang pemberhentian empat mahasiswa UIC.

Pendidikan

Musni Umar, rektor Universitas Ibnu Chaldun mengingatkan kepada seluruh Sivitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun bahwa UIC tahun 2021 genap 65 tahun. Ditengah bangsa Indonesia...