Anies Beri Solusi, Bukan Menggusur PKL Pasar Tanah Abang

 Kategori Dunia Usaha, Sosial

Saya amat terpesona dan kagum melihat Jembatan Penyeberangan Multi Guna Pasar Tanah Abang yang telah dibangun, ketika dipagi hari pukul 06.30 wib tanggal 11 Desember 2018, saya melihat dari dekat.

Yang mendorong saya harus ke Pasar Tanah Abang, karena tanggal 10 Desember 2018, saya nonton berita di TV ONE, aparat Satpol PP melakukan penertiban terhadap PKL (Pedagang Kaki Lima) di Pasar Tanah Abang.

Untuk adil terhadap aparat Satpol PP dan PKL., maka saya harus melihat Pasar Tanah Abang dari dekat.  Kebetulan ada acara di Hotel Holiday In di jalan KH. Wahid Hasyim, saya manfaatkan waktu jalan kaki ke Pasar Tanah Abang sambil berolah raga.

Manfaat Jembatan Penyeberangan Multi Guna JPMG

Pasar Tanah Abang sempat menjadi polemik yang cukup ramai pada awal Anies-Sandi menjadi Gubernur DKI karena jalan mobil di samping stasiun Kereta Api di beri area tempat PKL berdagang.

Penataan sementara Pasar Tanah  Abang yang dilakukan Anies-Sandi pada saat itu diprotes serta  dihujat berbagai pihak. Sebagai sosiolog, saya berdiri  di depan mendukung kebijakan penataan sementara pasar Tanah Abang.

Alhamdulllah Anies-Sandi bisa mengatasi protes dan hujatan  dengan memberi solusi (jalan keluar). Solusinya bukan menggusur PKl,  tetapi membangun Jembatan Penyeberangan Multi Guna yang disingkat (JPMG) untuk memberi tempat berdagang  para Pedagang Kaki Lima (PKL) serta tempat jalan dari kereta api menuju berbagai Blok di Pasar Tanah Abang.

Solusi yang diberikan Anies  sebagai Gubernur DKI Jakarta setidaknya memberi lima manfaat dengan membangun Jembatan Penyeberangan Multi Guna Tanah Abang di atas jalan bekas tempat berdagang PKL di depan Blok G Pasar Tanah Abang.

Pertama, mengurangi macet, karena  penumpang yang turun dari kereta api bisa langsung jalan diatas penyeberangan menuju Pasar Tanah Abang tanpa harus turun ke bawah melintasi jalan seperti yang selama ini dilakukan.

Kedua, PKL yang pernah berdagang di jalan raya disamping stasiun kereta api, telah diberi tempat berdagang yang  layak, nyaman, bersih, ber AC dan bebas pokusi serta sengatan sinar matahari.

Ketiga, pembeli bisa berbelanja sepuas-puasnya di Jembatan Penyeberangan Multi Guna, secara nyaman, aman, tenang dan bebas dari polusi serta sengatan matahari.

Keempat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sesuai fungsinya telah memberi layanan prima kepada para PKL dan para pembeli dengan menyediakan tempat berdagang yang aman, bersih, tenang, ber AC serta bebas polusi dan terpaan matahari.

Kelima, Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta melalui kerja nyata dan cerdas telah memberi solusi tanpa menggusur, sehingga memberi yang dayaguna dan hasilguna bagi warga DKI dan para pembeli dari berbagai daerah dan manca negara  serta para PKL pada khususnya.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search