Connect with us

unsplash hamza javaid

Lainnya

Suara Kahmi Daerah ke Prabowo-Sandi Pemilu 2019

Dalam rangka membaca situasi sosial politik menjelang Pemilu 2019,  pada 19 Desember 2018 Forum Diskusi Insan Cita Sejahtera (Fordis ICS) telah mengadakan pertemuan silaturrahim dan diskusi dengan Koordinator Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) yang dipimpin Hamdan Zoelva. Hadir dalam pertemuan silaturrahim dan diskusi  dari Majelis Nasional: Siti Zuhro dan Manimbang Kahariyadi, sedang dari Fordis ICS: Musni Umar (Koordinator), Harun Kamil, Ahmad Ganis, Darmansyah, Taufik Bahaudin, Nazarudin Nasution,  Achmad Marzuki, Hakim Sorimuda Pohan, dan Hasbi Armiya.

Dalam rangka membaca situasi sosial politik menjelang Pemilu 2019,  pada 19 Desember 2018 Forum Diskusi Insan Cita Sejahtera (Fordis ICS) telah mengadakan pertemuan silaturrahim dan diskusi dengan Koordinator Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) yang dipimpin Hamdan Zoelva.

Hadir dalam pertemuan silaturrahim dan diskusi  dari Majelis Nasional: Siti Zuhro dan Manimbang Kahariyadi, sedang dari Fordis ICS: Musni Umar (Koordinator), Harun Kamil, Ahmad Ganis, Darmansyah, Taufik Bahaudin, Nazarudin Nasution,  Achmad Marzuki, Hakim Sorimuda Pohan, dan Hasbi Armiya.

Melindungi Bangsa

Musni Umar, Koordinator Fordis ICS,  membuka pertemuan,  kemudian menyilahkan Hamdan Zoelva untuk menyampaikan arah kebijakan  Kahmi di masa depan.

Hamdan Zoelva mengemukakan bahwa Kahmi ini warna-warni di politik, sehingga prinsip yang dikedepankan untuk menjaga kebersamaan dan ukhuwah adalah “independen.”  Akan tetapi, bukan berarti Kahmi pasif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kahmi aktif memperjuangkan kemajuan bangsa dan negara dan perlindungan terhadap umat Islam.

Dalam masalah arah politik pada  Pemilu Presiden-Wakil Presiden 2019, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI itu mengemukakan bahwa suara Kahmi di daerah ke Prabowo-Sandi. Akan tetapi Kahmi sebagai organisasi cendekiawan tetap “independen.”

Taufik Bahaudin mengeritik istilah “independen” yang dikemukakan, karena dalam hidup ini ada nilai-nilai  dasar dan prinsip yang tidak boleh  kita bersikap “independen” atau “netral.”  Kahmi harus bersikap tegas – tidak boleh “independen” jika berkaitan dengan masalah prinsip dan nilai-nilai dasar seperti kebenaran, keadilan, kejujuran dan lainnya sebagainya.

Pertanyaannya, apakah memilih Presiden-Wakil Presiden dan para anggota Parlemen (legislatif) mengandung nilai dasar dan prinsip, yang mengharuskan Kahmi mengeluarkan sikap, tidak dibahas secara tuntas dalam pertemuan tersebut.

Akan tetapi, semua senior Kahmi yang hadir dan menyampaikan pandangan,  pada umumnya menyampaikan rasa prihatin melihat keadaan bangsa dan negara.

Dalam pertemuan Fordis ICS -Majelis Nasional Kahmi disepakati bahwa prinsip dan nilai-nilai dasar dalam Islam seperti kebenaran (Al Haq), keadilan (Al ‘Adalah), kejujuran (Ash Shidq), amanah (Al Amanah), Kahmi harus tegas dan memperjuangkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara  untuk diamalkan, karena merupakan ajaran Islam yang tercantum dalam Alqur’an dan wajib diamalkan oleh warga Kahmi – umat Islam serta seluruh bangsa Indonesia.

Baca Juga

DKI Jakarta

Rocky Gerung, akademisi yang disebut para mahasiswa sebagai presiden akal sehat, dalam peluncuran buku karya Musni Umar yang diberi judul Maju Kotanya Bahagia Warganya.

Pendidikan

Mayjen TNI Purn Kivlan Zen menegaskan bahwa komunis sudah bangkit, komunis masuk di mana-mana menyusup ke kekuatan Bangsa Indonesia.

Pendidikan

Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, MA, Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan 2016-2020 menegaskan jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan komunis.

Pendidikan

Fakta sosiologis bahwa Soeharto memimpin penumpasan dan pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Dikemukakan dalam webinar yang bertajuk Melawan Lupa Pemberontakan Komunis di Indonesia (G30S...

Opini

Isu 3 periode bertambah ramai, setelah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mewacanakan amandemen UUD. Sontak publik ribut sebab mereka mengaitkan wacana 3 periode dengan...

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Pemilu

Sejarah pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 cukup mengenaskan karena kematian massal panitia pemilu sebanyak 894 petugas dan petugas lainnya yang sakit ada 5175 orang.

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...