UIC Tutup Tahun Dengan Syukur kepada Allah

 In Pendidikan

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta sebagai institusi pendidikan tinggi  yang pernah mengalami masalah karena dinonaktifkan pemerintah 2009-2014 dan 2015 lantaran konflik, patut bersyukur kepada Allah sebab tahun 2018 telah mengalami kebangkitan dan kemajuan seiring dengan semakin membaiknya citra UIC di mata publik.

Indikator kebangkitan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun, pertama, semua program studi sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Kementerian Ristek Dikti RI dan mayoritas akreditasi B. Sebelumnya seluruh program studi (prodi) mati kecuali ilmu hukum dengan akreditasi C.

Kedua, telah melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Selama bertahun-tahun lamanya, dampak dinonaktifkan, hanya proses belajar mengajar yang bisa dilaksanakan. Sejak 2018 yang dimotori LPPM, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sudah dijalankan dengan dana sendiri dan kerjasama pihak luar.

Ketiga, sudah menerbitkan jurnal Mukadimah dan Jurnal Panel yang terbit secara berkala. Penerbitan jurnal baru tahun 2018 dilaksanakan  dan akan semakin ditingkatkan tahun 2019.

Keempat, melakukan kerjasama di dalam negeri  seperti dengan Pradi (Perhimpunan Advokat Indonesia) untuk melaksanakan kursus Advokat dan sudah berlangsung dua gelombang, serta kerjasama luar negeri dengan  Asia e University untuk program Master dan Ph.D dalam rangka meningkatkan kualitas dosen.

Kelima, jumlah mahasiswa Universitas Universitas Ibnu Chaldun telah meningkat 200 %, sehingga mahasiswa UIC saat ini telah mencapai 2.200 orang.

Keenam, UIC telah menerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) sebanyak 391, dan Bidik Misi 53 orang dari Kementerian Ristek Dikti, Kementerian Agama dan Yayasan Beasiswa Jakarta.

Ketujuh, UIC telah menfasilitasi pembentukan Asosiasi Wakil Kepala Daerah Indonesia yang disingkat Awakda Indonesia.

Kedelapan, UIC melalui LPPM telah bekerjasama dengan berbagai DPRD seluruh Indoonesia untuk menyelenggarakan Bimtek di Jakarta, dan sudah dilaksanakan sebanyak 26 kali.

Kesembilan, UIC mendapat hibah Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Multi Media dari Kementerian Ristek Dikti RI

Kesepuluh, UIC memperoleh hibah dari Kementerian Agama RI untuk menyelesaikan pembangunan Kantor Rektorat 2 lantai.

Selain itu, selama tahun 2018 berbagai fakultas, lembaga otonom,  Badan Eksekutif Mahasiswa, dan UIC telah menyelenggarakan kuliah umum, seminar, simposium, festival musik dan seni, diskusi, Bimbingan Teknis, pelatihan dan sebagainya, sehingga kampus hidup dan dinamis.

Disamping itu, UIC 2018 melakukan Studi Banding di Malaysia dengan mengunjungi Asia e University (AEU) dan Majlis Profesor di Putra Jaya Malaysia.

Dalam mengakhiri 2018, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta pada 13 Desember 2018  telah menyelenggarakan wisuda sarjana sebanyak 270 orang di TMII dengan sukses.

Pada  28 Desember 2018 mengadakan rapat senat untuk membahas dan mengesahkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas Ibnu Chaldun Tahun 2019, dan terakhir 29 Desember 2018 rapat panitia penerima beasiswa PPA dan Bidik Misi yang dihadiri Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Semua prestasi yang dikemukakan diatas tidak terlepas dari doa,  bantuan dan amal ibadah dari berbagai pihak.

Maka dari lubuk hati yang amat dalam, atas nama Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, saya mengucapkan terima kasih disertai rasa syukur yang tidak terhingga kepada Allah. Semoga Allah memberi balasan pahala yang tidak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu UIC.

Insya Allah, Universitas Ibnu Chaldun tahun 2019 semakin maju dan jaya.

rapat panitia penerima beasiswa mahasiswa

rapat panitia penerima beasiswa mahasiswa

rapat senat universitas pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Universitas

seminar dakwah dan politik UIC

seminar dakwah dan politik UIC

seminar kemahasiswaan BEM UIC

seminar kemahasiswaan BEM UIC

diskusi dan bedah film Tangguh

diskusi dan bedah film Tangguh

wisuda sarjana UIC 13 Desember 2018 di TMII

wisuda sarjana UIC 13 Desember 2018 di TMII

Musni Umar di wisuda sarjana UIC 13 Desember 2018 di TMII

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search