Connect with us

twitter airlineroute

Dunia Usaha

Prabowo, Garuda Indonesia Airlines dan Turkish Airlines

Saya kembali teringat pernyataan Prabowo dalam debat Capres-Cawapres RI pertama, yang menyatakan keprihatinan tentang kondisi Garuda Indonesia Airlines (GIA) yang bisa dikatakan bangkrut, pada hal merupakan wajah terdepan Indonesia di luar negeri. Sementara Airlines negara lain seperti Turkish Airlines terlihat sangat kuat karena manajemen dan dukungan Presiden dan pemerintahnya, sehingga Turkish Airlines tidak saja mampu bertahan tetapi maju ditengah persaingan usaha yang semakin ketat dan menantang.

Dalam debat Capres-Cawapres RI putaran 1 tanggal 17  Januari 2019, Prabowo Subianto, Capres RI  nomor 02 mengemukakan tentang Garuda Indonesia Airlines yang mengalami kerugian besar dan nyaris bangkrut.

Pernyataan itu mengingatkan saya  pada 26 Januari 2019,  saat melakukan perjalanan ke Turki dengan pesawat Singapore Airlines.

Ketika transit di bandara Changi Singapura, saya tanya kepada tour leader, mengapa kita tidak menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airlines? Lukman, tour leadernya menjawab tidak masuk biayanya.

Saya tidak bertanya lebih lanjut berapa biayanya kalau naik pesawat Garuda dan berapa pula biayanya kalau naik pesawat Singapore Airlines Jakarta-Istanbul. Dalam bayangan saya, pasti biayanya menggunakan Singapore Airlines lebih murah, sehingga orang-orang Indonesia lebih suka menggunakan pesawat milik negara lain.

Bandara Atatürk di Istanbul

Ketika pesawat yang membawa kami mendarat di bandara udara internasional Atatürk di Istanbul 27 Januari 2019, saya menyaksikan hampir semua pesawat di bandara itu adalah Turkish Airlines.

Saya kembali teringat pernyataan Prabowo dalam debat Capres-Cawapres RI pertama, yang menyatakan keprihatinan tentang kondisi Garuda Indonesia Airlines (GIA) yang bisa dikatakan bangkrut, pada hal merupakan wajah terdepan Indonesia di luar negeri.

Sementara Airlines negara lain seperti Turkish Airlines terlihat sangat kuat karena manajemen dan dukungan Presiden dan pemerintahnya, sehingga Turkish Airlines tidak saja mampu bertahan tetapi maju ditengah persaingan usaha yang semakin ketat dan menantang.

Kunci bisa bertahan dan maju Airlines di tengah persaingan bisnis yang amat ketat, tidak hanya pelayanan dan biaya yang kompetitif, tetapi dukungan Presiden dan nasionalisme rakyat.

Bangsa Indonesia sebagai bentuk nasionalisme, suka tidak suka dan mau tidak mau, harus mencintai dan menggunakan milik bangsa Indonesia sendiri.

Akan tetapi, harga tiket Garuda yang ditawarkan ke publik harus kompetitif dengan Airlines lain, karena bangsa Indonesia tidak bisa dipaksa dengan alasan nasionalisme untuk membeli tiket atau produk bangsa sendiri dengan harga yang mahal.

Kita prihatin masalah Garuda Indonesia Ailines. Kita harapkan Presiden terpilih hasil Pemilu 2019 bisa mengatasi persoalan Garuda, sehingga maskapai penerbangan Indonesia, tidak mengalami nasib seperti yang dialami Merpati Nusantata Airlines.

Saya mengusulkan langkah penyelamatan Garuda Indonesia Airlines dengan mewajibkan para pejabat pusat dan daerah yang menggunakan anggaran APBN dan APBD ketika melakukan perjalanan supaya menggunakan Garuda Indonesia Airlines.

Baca Juga

Pemilu

PKS bersama Anies perlu memiliki strategi yang matang dan inovatif guna memenangkan Pemilu legislatif dan pemilu Presiden 2024 serta mempertahankan eksistensi Partai Keadilan Sejahtera...

Pemilu

Kalau berbicara koalisi perubahan, maka yang pertama harus dibahas adalah Partai Nasional Demokrat (Partai NasDem) yang dipimpin Surya Paloh, karena merupakan motor penggagas dan...

Lainnya

Kita bisa ikut berkontribusi untuk membantu negara mengatasi masalah utang dan membangun kembali ekonomi yang menghadirkan pertumbuhan dan keadilan sosial.

Pendidikan

Seminar nasional yang bertema Membangun Pendidikan Bertaraf Internasional Menuju Indonesia Emas 2045, dengan keynote speech Dr. Ir. Suharti, MA, Sekjen Kemendikbud Ristek RI.

Pemilu

Pada Musyawarah Majelis Syura PKS ke-8 yang berlangsung di Gedung DPP PKS Jalan TB Simatupang Jakarta pada tanggal 23 Februari 2023, keputusan telah diambil....

Lainnya

Pertanyaannya, bisakah perang diakhiri di Suriah, setelah terjadi gempa bumi yang amat dahsyat di Turkiye dan Suriah yang sangat banyak menelan korban. 

Opini

Syarat Presidential Threshold tersebut sangat membatasi warga negara yang potensial untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden RI termasuk para ketua umum partai...

Pemilu

Nasihat saya kepada para aktivis yang bergabung di partai politik dan ingin bertanding dalam pemilu 2024, jangan ragu, khawatir apalagi takut untuk bertanding karena...