Musni Umar Socmed

Search

twitter 87_Jul4y

Opini

Implikasi Sosiologis Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif Jadi Tersangka

Menurut pemberitaan media dan media sosial bahwa Ustaz Slamet Maarif, Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 yang juga juru bicara Front Pembela Islam (FPI) telah dijadikan tersangka oleh Polisi dalam kasus pelanggaran kampanye  Pemilu di luar jadwal.

Menurut pemberitaan media dan media sosial bahwa Ustaz Slamet Maarif, Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 yang juga juru bicara Front Pembela Islam (FPI) telah dijadikan tersangka oleh Polisi dalam kasus pelanggaran kampanye  Pemilu di luar jadwal.

Penetapan ustaz Slamet Maarif menjadi tersangka dalam kasus pelanggaran kempanye Pemilu diluar jadwal, pasti memberi implikasi sosiologis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Setidaknya ada tiga implikasi sosiologis.  Pertama, masyarakat semakin yakin bahwa hukum tidak diberlakukan sama kepada semua. Pasalnya, banyak kasus hukum yang dilaporkan ke aparat penegak hukum,  yang diduga pelakunya dekat atau merupakan bagian dari kekuasaan, tidak ditindak lanjuti.

Kedua, masyarakat semakin percaya bahwa mereka yang beroposisi dengan kekuasaan, menjadi target dengan menggunakan hukum sebagai alat untuk menjerat mereka.

Ketiga, semakin menciptakan distrust (ketidakpercayaan) publik kepada penegak hukum dan pemerintah.

Dampak Sosiologis

Masyarakat yang merasa tidak ada keadilan dalam penegakan hukum, maka setidaknya ada tiga kemungkinan yang terjadi di masyarakat. Pertama, radikalisme tumbuh subur di masyarakat untuk melawan ketidakadilan dalam penegakan hukum.

Kedua, tumbuh perlawanan masyarakat kepada pemerintah karena aparat penegak hukum merupakan bagian dari pemerintah.

Ketiga, terjadi kekacauan di masyarakat karena publik tidak percaya kepada penegak hukum dan pemerintah.

Perlawanan Masyarakat

Kasus-kasus hukum yang diberlakukan kepada mereka yang dianggap melawan kekuasan mulai dari Habib Rieziq Shihab, Alfian Tandjung, Ahmad Dhani, Jonru Ginting, Buni Yani, Slamet Maarif dan lain-lain serta ketidakadilan ekonomi yang merajalela, akan menjadi pemicu dan pemacu lahirnya perlawanan masyarakat terhadap rezim yang sedang berkuasa.

Perlawanan masyarakat terhadap ketidakadikan hukum dan ketidakadilan ekonomi itu sedang tumbuh dan berkembang di masyarakat.  Indikatornya,  dapat dilihat besarnya partisipasi masyarakat untuk menghadiri reuni 212 di Monas, dan tumbuhnya gerakan di masyarakat bawah dan mqsyarakat menengah untuk melawan rezim dengan mendukung Prabowo-Sandi dalam Pemilu Presiden 17 April 2019.

Ending dari perlawanan masyarakat adalah memenangkan Prabowo-Sandi dalam Pemilu Presiden. Jika rezim melakukan kecurangan dalam Pemilu untuk mempertahankan kekuasaan, maka saya menduga akan terjadi people power pasca Pemilu.

Baca Juga

Lainnya

Ustaz Dr. Zaitun Rasmin mengemukakan bahwa tujuan khutbah Jumat antara lain memperkuat keimanan dan ketaqwaan, mengingatkan agar selalu ingat kepada Allah, memperkuat persatuan dan...

Covid-19

Landasan yang digunakan dalam penegakan hukum bagi mereka yang diduga melanggar protokol kesehatan ialah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Opini

Dalam berbagai acara yang dihadiri, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet Jakarta Selatan, lautan manusia yang hadiri. Begitu pula, peletakan batu pertama...

DKI Jakarta

Salah satu momentum yang dipergunakan untuk menghajar Anies ialah pernyataan Megawati Soekarno Puteri yang mengatakan bahwa "Jakarta Amburadul."

Opini

Maka sesuai jadwal, pesawat Saudia Air lines yang ditumpangi IBHRS pada 10 November 2020 pukul 09.00 wib. mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Opini

Imam besar Habib Rizieq Syihab (HRS) telah mengumumkan kepulangannya ke Indonesia. Berangkat dari Arab Saudi dengan pesawat Saudia pada 9 November 2020 dan tiba...

Lainnya

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Universitas Ibnu Chaldun Jakarta secara virtual dengan pembicara Dr. HM. Gamari Sutrisno, MPS dan Dr. H. Muhammad Sidiq, M.Si

Opini

Imam Besar Habib Rizieq Shihab telah mengumumkan bahwa dalam waktu dekat akan kembali ke Indonesia.