Connect with us

gerakan orang tua asuh

DKI Jakarta

Kadis Pendidikan DKI Jadi Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun

Minat siswa-siswi tamatan Sekolah Lanjutan Atas (SLA)  untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun (UIC) dalam dua tahun terakhir ini terus meningkat jumlahnya. Hal itu dipicu antara lain semakin membaiknya citra UIC ditengah-tengah masyarakat, terakreditasinya seluruh program studi, berakhirnya konflik di yayasan, tersedianya sarana belajar yang semakin memadai dan adanya program beasiswa.

Minat siswa-siswi tamatan Sekolah Lanjutan Atas (SLA)  untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun (UIC) dalam dua tahun terakhir ini terus meningkat jumlahnya.

Hal itu dipicu antara lain semakin membaiknya citra UIC ditengah-tengah masyarakat, terakreditasinya seluruh program studi, berakhirnya konflik di yayasan, tersedianya sarana belajar yang semakin memadai dan adanya program beasiswa.

Akan tetapi, mereka yang masuk belajar di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta hampir seluruhnya dari kalangan tidak mampu secara ekonomi.  Walaupun uang kuliah di UIC relatif murah dan bisa dicicil, tetapi tidak sedikit yang gagal memenuhi kewajibannya sehingga banyak yang minta dispensasi kepada rektor.

Untuk menolong mereka agar bisa terus melanjutkan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun  (UIC) sampai selesai, selain mengupayakan beasiswa dari Kementerian Ristek Dikti RI, Kementerian Agama RI dan Yayasan Beasiswa Jakarta, pada 02 Maret 2019 bersamaan dengan pelaksanaan Debat Publik yang bertema “Kepemimpinan Dalam Perspektif Masa Depan Bangsa,” rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar meluncurkan Gerakan Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun.

Respon Positif

Gerakan Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun mendapat respon positif dari alumni UIC dan masyarakat luas.

Gerakan Orang Tua Asuh ini dimaksudkan sebagai sarana bagi alumni dan masyarakat luas untuk beramal dan berpartisipasi memajukan sumber daya manusia Indonesia dan menciptakan pemerataan pendidikan di kalangan siswa-siswi yang orang tuanya tidak mampu secara ekonomi.

Selaku rektor UIC saya bersyukur dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Dr. Ratiyono, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang telah berkenan menjadi Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun  yang minim prestasi akademiknya dan orang tuanya tidak mampu.

Musni Umar bersama Dr. Ratiyono, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta usai bertemu di kantornya (11/3/2019)

 

Baca Juga

Pendidikan

Rocky Gerung, akademisi yang disebut para mahasiswa sebagai presiden akal sehat, dalam peluncuran buku karya Musni Umar yang diberi judul Maju Kotanya Bahagia Warganya.

Pendidikan

Rocky Gerung menggemparkan UIC. Saya tidak sangka seluruh mahasiswa universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengidolakan Rocky Gerung.

Pendidikan

Mayjen TNI Purn Kivlan Zen menegaskan bahwa komunis sudah bangkit, komunis masuk di mana-mana menyusup ke kekuatan Bangsa Indonesia.

Pendidikan

Prof. Dr. Husnan Bey Fananie, MA, Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan 2016-2020 menegaskan jangan sampai Indonesia jatuh ke tangan komunis.

Pendidikan

Fakta sosiologis bahwa Soeharto memimpin penumpasan dan pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Dikemukakan dalam webinar yang bertajuk Melawan Lupa Pemberontakan Komunis di Indonesia (G30S...

Covid-19

Sebagai bentuk keprihatinan, Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menggelar Istighotsah doa bersama. Dengan harapan, semoga Allah mengabulkan doa kita sehingga bangsa Indonesia yang...

Pendidikan

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC, memperingati milad ke-65 tahun secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Opini

Pendidikan adalah investasi yang mahal dan bersifat jangka panjang. Maka, pemimpin yang tidak memiliki visioner, lebih memilih pembangunan ekonomi dengan membangun jalan, jembatan dan...