Musni Umar Socmed

Search

gerakan orang tua asuh

DKI Jakarta

Kadis Pendidikan DKI Jadi Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun

Minat siswa-siswi tamatan Sekolah Lanjutan Atas (SLA)  untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun (UIC) dalam dua tahun terakhir ini terus meningkat jumlahnya. Hal itu dipicu antara lain semakin membaiknya citra UIC ditengah-tengah masyarakat, terakreditasinya seluruh program studi, berakhirnya konflik di yayasan, tersedianya sarana belajar yang semakin memadai dan adanya program beasiswa.

Minat siswa-siswi tamatan Sekolah Lanjutan Atas (SLA)  untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun (UIC) dalam dua tahun terakhir ini terus meningkat jumlahnya.

Hal itu dipicu antara lain semakin membaiknya citra UIC ditengah-tengah masyarakat, terakreditasinya seluruh program studi, berakhirnya konflik di yayasan, tersedianya sarana belajar yang semakin memadai dan adanya program beasiswa.

Akan tetapi, mereka yang masuk belajar di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta hampir seluruhnya dari kalangan tidak mampu secara ekonomi.  Walaupun uang kuliah di UIC relatif murah dan bisa dicicil, tetapi tidak sedikit yang gagal memenuhi kewajibannya sehingga banyak yang minta dispensasi kepada rektor.

Untuk menolong mereka agar bisa terus melanjutkan pendidikan di Universitas Ibnu Chaldun  (UIC) sampai selesai, selain mengupayakan beasiswa dari Kementerian Ristek Dikti RI, Kementerian Agama RI dan Yayasan Beasiswa Jakarta, pada 02 Maret 2019 bersamaan dengan pelaksanaan Debat Publik yang bertema “Kepemimpinan Dalam Perspektif Masa Depan Bangsa,” rektor Universitas Ibnu Chaldun Musni Umar meluncurkan Gerakan Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun.

Respon Positif

Gerakan Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun mendapat respon positif dari alumni UIC dan masyarakat luas.

Gerakan Orang Tua Asuh ini dimaksudkan sebagai sarana bagi alumni dan masyarakat luas untuk beramal dan berpartisipasi memajukan sumber daya manusia Indonesia dan menciptakan pemerataan pendidikan di kalangan siswa-siswi yang orang tuanya tidak mampu secara ekonomi.

Selaku rektor UIC saya bersyukur dan memberi apresiasi yang tinggi kepada Dr. Ratiyono, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang telah berkenan menjadi Orang Tua Asuh Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun  yang minim prestasi akademiknya dan orang tuanya tidak mampu.

Musni Umar bersama Dr. Ratiyono, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta usai bertemu di kantornya (11/3/2019)

 

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

Pendidikan

Sejak lama saya berpendapat bahwa kunci kemajuan Indonesia terletak pada pendidikan yang berkualitas. Agar kita dapat menjadikan Indonesia Emas 2045 milik rakyat Indonesia, kita...

Pendidikan

Saya berharap kepada umat Islam dimanapun berada dan apapun profesi yang ditekuni untuk berlomba menyumbangkan sebagian kecil rezekinya, ikut membangun Masjid Hikmatul Ilmi Universitas...

Pendidikan

Dr. Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation, yang juga imam Masjid di New York, WNI kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan mempunyai gagasan besar dan luar biasa...

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Pendidikan

Dampak Covid-19 puluhan juta pekerja Indonesia yang di PHK. Kita tidak hanya prihatin, tetapi harus ikut mencari dan memberi solusi.

Pendidikan

Ekonomi rakyat atau juga dikenal dengan istilah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) merupakan sektor usaha yang paling terpuruk di era pandemi Covid-19. Hal tersebut...