Connect with us

twitter KPK RI

Opini

Korupsi dan Dahsyatnya Daya Rusak Romy

Romahurmuzy, ketua umum PPP yang populer dengan panggilan Romy, telah dijadikan tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Romahurmuzy, ketua umum PPP yang populer dengan panggilan Romy, telah dijadikan tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dampak negatif bagi pribadi Romy setidaknya ada lima.

Pertama, telah menghancurkan karir politik Romy dengan diberi rompi baju oranye sebagai tanda sebagai tahanan KPK.

Kedua, menghabisi masa depan Romy sebagai tokoh politik muda yang berkualitas dan cemerlang.

Ketiga, hampir pasti Romy dijatuhi hukuman karena belum pernah ada yang ditahan KPK,  dibebaskan tanpa dihukum dengan hukuman penjara.

Keempat, Romy telah dipecat sebagai ketua umum PPP.

Kelima, Romy sebagai politisi muda rusak namanya. Pepatah mengatakan: “Sekali lanjut keujian seumur tidak dipercaya.”

Daya Rusak Romy

Romy telah dijadikan tahanan KPK karena dugaan korupsi. Dampak dari itu, telah memberi daya rusak yang luas biasa kepada publik (masyarakat).

Pertama, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) citranya runtuh dan rusak di mata publik.  Menjelang Pemilu serentak 17 April 2019, PPP sangat dirugikan akibat ulah Romy.

Kedua, PPP adalah partai politik Islam, berarti Romy sebagai ketua umum PPP adalah tokoh Islam. Dijadikannya Romy tersangka korup
merusak citra tokoh Islam dan Islam itu sendiri.

Ketiga, kepercayaan publik terhadap partai politik runtuh karena Romy adalah ketua umum partai politik.

Keempat, kepercayaan publik terhadap partai politik Islam merosot  karena pimpinan partai politik sekuler dan pimpinan partai politik Islam sama saja, tidak ada bedanya, sama-sama korupsi.

Kelima, merusak citra demokrasi karena publik bisa menilai demokrasi  adalah sarana para pimpinan partai untuk merebut kekuasaan. Setelah berkuasa mereka   memperkaya diri sendiri dengan cara korupsi.

Baca Juga

Opini

Dihari Ulang Tahun Ibu Megawati Soekarnoputri saya, Musni Umar telah menulis analisa Capres PDIP yang akan di umumkan Bu Mega dan manuver parpol politik...

Lainnya

Pada orde reformasi, para aktivis dan rakyat Indonesia berharap KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) yang dijadikan isu sentral dan senjata pamungkas untuk menjatuhkan Pak Harto...

Opini

Momentum pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden partai Nasdem, mereka mengambil peluang untuk kembali bersinar 2024 mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden RI 2024.

Opini

Fenomena dukungan Anies Baswedan sebagai capres oleh Forum Kakbah Membangun (FKM) yang diikuti banyak kader PPP merupakan suatu bentuk upaya para kader PPP menyuarakan...

Opini

Saya berharap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang dipimpin Ibu Megawati Sukarnoputri tidak mengalami nasib seperti yang dialami Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan.

Opini

Saya yakin mayoritas rakyat Indonesia apapun upaya yang dilakukan untuk mengkriminalisasi Anies Baswedan dengan menjadikannya sebagai tersangka korupsi tidak akan dipercaya publik.

Politik

Presiden PKS Ahmad Syaikhu: bangsa Indonesia membutuhkan politik kolaborasi, bukan segregasi apalagi polarisasi. Politik yang menjadikan keutuhan bangsa dan negara di atas kepentingan individu,...

Politik

Saya sangat prihatin terjadinya demonstrasi di berbagai tempat yang menuntut Suharso Monoarfa, mundur sebagai Ketua Umum PPP.