Connect with us

twitter kpk ri

Opini

Korupsi dan Partai Politik di Era Reformasi, Suatu Renungan

Pagi ini lewat WA saya di informasikan oleh teman yang aktif bekerja di lembaga anti korupsi bahwa Ketum PPP tertangkap tangan oleh KPK dengan dugaan kuat korupsi.

Pagi ini lewat WA saya di informasikan oleh teman yang aktif bekerja di lembaga anti korupsi bahwa Ketum PPP tertangkap tangan oleh KPK dengan dugaan kuat korupsi. Dan saya sama sekali tidak kaget karena sejak bulan lalu saya sudah memprediksi akan ada gerakan dari KPK terhadap tokoh Partai Politik, dan rupanya pilihan KPK adalah romy Ketum PPP.

Sampai dengan saya menulis opini ini, masih simpang siur apa penyebab sang romy di tangkap KPK. Tapi pastinya tidak akan jauh dari kasus korupsi. Menjadi menarik, karena romy adalah sang kontroversial atau membuat langkah nya di zona yang berlawanan dengan pikiran rakyat. Terakhir sang romy mencoba melakukan hal yang panik, tidak terukur, dengan kembali mengangkat isu khilafah untuk memframing dan menjatuhkan elektabilitas Prabowo. Padahal clear bahwa HTI sudah di bubarkan dan HTI bukan seperti PKI yang beberapa kali melakukan pemberontakan. Sebagai Ketum PPP rasanya sang romy terlalu berani mengambil langkah. Dan keberanian sang romy nampaknya juga untuk berani melakukan korupsi, terbukti dengan tertangkap tangan nya oleh KPK.

Korupsi dan Partai Politik telah menjadi dua sisi mata uang. Apapun ideologi Parpolnya, rasanya nikmat uang haram korupsi telah membuat banyak pengurus Parpol lupa diri bahwa jabatan adalah amanah. Kata amanah menjadi barang langka saat ini. Degradasi moral para Politisi tergiur semerbaknya wangi dunia. Wangi harum fulus yang membuat mati mata hati.

Kejadian ini jelas menjadi pukulan untuk jokowi. Karena dalam banyak hal romy terlihat sangat dekat dan mesra dengan jokowi. Termasuk ketika meminta revisi doa Kyai Mbah Moen saat kunjungan jokowi. Rakyat akan menilai jokowi tidak bersih dari lingkungan yang korup. Dan mungkin saja, anak buah korup karena bos nya korup atau di beri ruang untuk korup. Di sisi lain pendukung jokowi akan memframing di zaman jokowi KPK tidak tebang pilih. Sudut pandang atas kejadian yang bisa di manfaatkan di tahun Politik.

Sang romy telah memilih jalannya. Telah mengambil resikonya. Telah salah keputusannya. Politik itu bersih yang kotor adalah manusianya. Yang kotor adalah sistem lingkungannya. Ini jadi pembelajaran.

Saya akan sangat mengapresiasi jika KPK bisa tuntas menyelesaikan kasus yang lebih besar seperti korupsi dana BLBI dll yang merugikan negara ribuan triliun.

Hidup ini pilihan. Dan dekatkah dengan Ulama dan Habaib yang tidak cinta dunia agar nurani kita tidak gersang.

Selamat menempuh hidup baru romy.

Baca Juga

Opini

Asal ada peluang, korupsi dilakukan. Dana pembangunan masjid, dana haji, serta dana untuk percetakan Al-Quran yang dianggap sakral dikorupsi.

Opini

Saya merasa sangat prihatin atas pemecatan 56 pegawai KPK yang dikenal publik sebagai penyidik handal yang banyak meringkus koruptor pejabat negara dan para penjahat...

Opini

Sebanyak 73 Guru Besar yang tergabung dalam Koalisi Guru Besar Antikorupsi telah melayangkan surat kepada Presiden Jokowi terkait dengan polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)...

Opini

Modal yang amat diperlukan KPK dalam memberantas korupsi, bukan dukungan dari eksekutif, legislatif dan yudikatif, tetapi rakyat sebagai pemilik kedaulatan. Teman sejati dalam pemberantasan...

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Politik

Pada 14 April 2021 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaksanakan silaturrahim sekaligus buka puasa bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dihadiri pimpinan kedua...

Politik

Amien Rais adalah politisi terkemuka Indonesia, cendekiawan yang mumpuni dengan pendidikan yang hebat, berpengalaman dan banyak ilmu, bersih, jujur dan pemberani.

DKI Jakarta

Kita sangat prihatin dan mengecam keras anak buah Anies diduga melakukan korupsi program Rumah DP 0 Rupiah yang digadang-gadang sebagai jalan keluar bagi hampir...