Lautan Manusia Hadiri Kampanye Terbuka Prabowo-Sandi

 In Pemilu

Prabowo-Sandi bintangnya sedang bersinar seperti SBY 2004, 2009 dan Jokowi 2012, 2014, itulah judul tulisan saya yang dipublikasikan arahjaya.com (24/3/2019).

Kampanye tertutup Pemilu 2019 yang dilaksanakan Prabowo dan Sandi sejak 23 September 2018 dan kampanye perdana terbuka Prabowo di Manado dan Makassar  tanggal 24 Maret 2019 yang dihadiri lautan manusia dapat dijadikan indikator kuat bahwa Prabowo dan Sandi benar bintangnya sedang berkibar dan tidak bisa dikalahkan dalam Pemilu Presiden 2019.

Fenomena sosiologis seperti itu pernah dialami SBY 2004 dan 2009 pada saat menjadi calon Presiden RI dan menang dalam Pemilu Presiden. Begitu pula Jokowi 2012 dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta dan Pemilu Presiden 2014, kedua konsektasi tersebut dimenangkan Jokowi.

Kampanye di Manado

Kampanye terbuka perdana Prabowo di Manado yang merupakan kampung halaman Ibunda Prabowo yang juga berarti kampung halaman Prabowo dihadiri lautan manusia.

Provinsi Sulawesi Utara dengan ibukota Manado,  diberitakan media merupakan salah satu provinsi yang belum bisa ditaklukkan Prabowo-Sandi. Provinsi itu mayoritas penduduknya bukan muslim dan merupakan pemilih fanatik PDIP.

Prabowo menjadikan Manado sebagai starting point dalam kampanye terbuka dengan harapan masyarakat Sulawesi Utara dengan ibukota Manado, yang merupakan kampung halamannya memberi dukungan kepadanya agar bisa memenangkan Pemilu Presiden 17 April 2019. Harapan itu, nampak tergambar dari hadirnya masyarakat Manado dalam kampanye perdana yang bagaikan lautan manusia saking banyaknya yang hadir.

Kampanye di Makassar

Prabowo menghadiri dua kampanye perdana terbuka yaitu di Manado dan Makassar. Kampanye akbar Prabowo  di Makassar dipusatkan di lapangan Karebosi yang dihadiri lautan manusia. Prabowo didampingi Erwin Aksa, putera Aksa Mahmud, pemilik Bosowa Group dan juga keponakan JK, Wakil Presiden RI.

Makassar, ibukota Sulawesi Selatan merupakan daerah yang sangat penting ditaklukkan untuk mendulang suara. Pertama, jumlah penduduk Sulawesi Selatan terbesar di Kawasan Timur Indonesia yaitu 8,035 juta jiwa.

Kedua, penduduk Sulawesi Selatan banyak merantau dan menetap di berbagai daerah di Indonesia. Mereka mempunyai pengaruh di masyarakat, sehingga menguasai Sulawesi Selatan, memberi pengaruh besar dalam memenangkan Pemilu Presiden di luar pulau Jawa.

Ketiga, jumlah penduduk di Sulawesi sebanyak 17,36 juta jiwa.  Sebagian dari itu adalah suku Bugis yang memiliki pengaruh kuat di masyarakat di tiap provinsi dan kabupaten karena pada umumnya mereka pengusaha dan memimpin lembaga keagamaan seperti Masjid, Majelis Ta’lim dan sebagainya.

Besarnya dukungan masyarakat di Manado dan Makassar merupakan gambaran kuatnya dukungan masyarakat kepada Prabowo-Sandi untuk memenangkan Pemilu Presiden 17 April 2019.

Kampanye di Solo

Solo atau Surakarta merupakan kampung halaman Joko Widodo, Presiden RI.  Tim Prabowo-Sandi bertekad merebut suara sebesar-besarnya di kota kelahiran Jokowi dan Jawa Tengah.

Dalam kampanye perdana Prabowo-Sandi yang dipusatkan di Solo dihadiri lautan manusia. Walaupun Prabowo tidak bisa hadir dalam kampanye akbar di Solo, tetapi kota Solo memutih bagaikan laut yang sedang digulung gelombang. Kampanye akbar Prabowo-Sandi di Solo dihadiri Jenderal TNI Purn Djoko Santoso, para tokoh, ulama dan tim kampanye nasional Prabowo-Sandi.

Kampanye di Langsa Aceh

Kampanye akbar di Langsa Aceh dengan jalan sehat dihadiri lautan manusia. Juru bicara Prabowo-Sandi Dahnil Anzar Simanjuntak bersama Ketua PA/KPA Pusat Muzakir Manaf melepas kegiatan tersebut.

Provinsi Aceh yang berpenduduk  5,19 juta merupakan daerah yang amat penting. Walaupun penduduknya tidak sebanyak Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, tetapi sangat penting.  Prabowo sudah mengunjungi Aceh beberapa waktu yang lalu dalam kampanye tertutup yang dihadiri ribuan masyarakat. Kalau masih memungkinkan waktu, Prabowo atau Sandi insya Allah akan  hadir dalam kampanye akbar di Aceh.

Kampanye yang dihadiri lautan manusia adalah indikator kuat bahwa Prabowo dan Sandi benar bintangnya sedang berkibar dan tidak bisa dikalahkan dalam Pemilu Presiden 2019.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search