Connect with us

twitter musni umar

Politik

Sjafrie Sjamsoeddin: TNI Penyelamat Negara Dalam Krisis bukan Penentu

Diskusi Terbatas Dihadiri: Fahmi Idris, Ahmad Ganis, Laksamana Muda Purn Darmansyah, Taufik Bahaudin, Haryono Kartohadiprodjo, Hasbi Asmiya, Ahmad Marzuki, dan Musni Umar selaku koordinator Fordis ICS Kahmi dan moderator. TNI penyelamat negara dalam krisis bukan penentu, dikemukakan Sjafrie Sjamsoeddin dalam diskusi terbatas Fordis ICS Kahmi.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah ultima ratio (penyelamat negara) tapi bukan penentu.
TNl tunduk kepada otoritas sipil yang ditentukan oleh rakyat yang berdaulat dalam Pemilu.

Hal itu dikemukakan Sjafrie Sjamsoeddin dalam diskusi terbatas yang bertema “Dwi Fungsi TNI-POLRi dan Perkiraan Keadaan Pemilu 2019” yang dilaksanakan Fordis ICS Kahmi, di Kahmi Center Jakarta Selatan (26/3/2019).

Mantan Wakil Menteri Pertahanan RI itu mengemukakan bahwa TNI adalah alat rakyat, maka harus kuat dan profesional. Di negara manapun di dunia memerlukan militer yang kuat dan profesional supaya bisa melindungi bangsa dan negaranya kalau terjadi krisis karena selalu terjadi recycle crises.

Untuk mewujudkan militer yang kuat dan profesional, maka personil militer harus intelek, militan dan nekat. Akan tetapi, harus ada kemauan politik yang diwujudkan penyediaan anggaran yang cukup dan persenjataan yang modern.

Disamping itu, harus ada kerjasama sipil dan militer, supaya terjadi interaksi,  saling mengisi, sehingga tumbuh saling pengertian untuk membangun bangsa dan negara.

Hadir dalam diskusi terbatas: Fahmi Idris, Ahmad Ganis, Laksamana Muda Purn Darmansyah, Taufik Bahaudin, Haryono Kartohadiprodjo, Hasbi Asmiya, Ahmad Marzuki, dan Musni Umar selaku koordinator Fordis ICS Kahmi dan moderator.



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Politik

Pada dasarnya kalau UU Parpol dan AD ART Partai Demokrat itu ditegakkan, Kongres Luar Biasa di Sibolangit, Sumatra Utara itu ilegal dan tidak sah.

Lainnya

Dampak penurunan baliho HRS oleh aparat TNI telah menimbulkan masalah baru.

DKI Jakarta

Salah satu momentum yang dipergunakan untuk menghajar Anies ialah pernyataan Megawati Soekarno Puteri yang mengatakan bahwa "Jakarta Amburadul."

Opini

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) luar biasa. Sudah mendeklarasikan pembentukannya pada 18 Agustus 2020 di Tugu Proklamasi Jakarta, sampai akhir Agustus 2020, isu KAMI...

Covid-19

Bangsa Indonesia sedang mengalami multi krisis yaitu krisis kesehatan (covid-19), krisis ekonomi (pertumbuhan minus 5,32%), krisis sosial (pengangguran dan kemiskinan yang masif) dan resesi...

Opini

Sejak PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi yang mencalonkan Gibran, putera sulung Presiden Jokowi menjadi bakal calon Walikota Surakarta, para pakar dan pegiat media sosial sangat...

Opini

Terdapat peluang besar partai Masyumi untuk meraih dukungan masyarakat.

Lainnya

Masyarakat Indonesia yang masih mempercayai akan datang Imam Mahdi dan ratu adil yang mirip dengan kepercayaan sebagian masyarakat Jawa "satrio piningit," selalu merindukan datangnya...