Parpol Pendukung Prabowo-Sandi Akan Memenangi Pileg di DKI: Gerindra Juara Satu

 In Pemilu

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun Jakarta dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yang amat penting dan wajib diamalkan setiap perguruan tinggi yaitu penelitian (research), pada 03 Januari 2019 – 30 Maret 2019 telah melaksanakan penelitian dengan tajuk “Demokrasi di DKI Jakarta Keterpilihan Partai Politik dan Capres Pemilu 2019.”

Dalam penelitian lapangan (Field Research) yang dilaksanakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun di DKI Jakarta telah menemukan bahwa:

Pertama, masyarakat DKI Jakarta akan memilih Partai Gerindra  pada Pemilu 2019 dengan pernyataan sangat setuju sebesar 33.4 % dan setuju sebesar 31.4%. Dengan demikian Partai Gerindra akan memenangkan Pemilu Legislatif di DKi Jakarta menggantikan PDI Perjuangan.

Adapun partai pemenang kedua menurut hasil penelitian LPPM UIC adalah Partai Berkarya dengan pernyataan sangat setuju sebesar 29,5%, setuju 32,2%. Menyusul PKS dengan sangat setuju 28,5% dan setuju 25,3%, selanjutnya PAN sangat setuju sebesar 25,9% dan setuju 28,7% dan terakhir Partai Demokrat sangat setuju 23,5% dan setuju 28,5%.

Kedua, jumlah pemilih di DKI Jakarta hampir  berimbang antara laki-laki dan perempuan yaitu laki-laki sebanyak 54% sedang pemilih  perempuan 46%. Adapun  kelompok umur pemilih yang paling banyak adalah umur 17-36  (40%). Sedang pemilih terbanyak kedua  berumur 47-56 (34%), dan pemilih terbanyak ketiga umur 47-56 (16%).

Ketiga, mayoritas pemilih di DKI berpendidikan SMA/MA/SMK sebesar  (41%), yang berpendidikan SMP/MT sebesar (27%) sedang perguruan tinggi 19%.

Keempat, preferensi warga Jakarta dalam memilih caleg:
1) Memiliki kemampuan akademik  dan kecakapan untuk memimpin serta menjalankan kontrol  politik (sangat setuju 37.7%)
2) Selalu menjalin komunikasi dengan masyarakat (sangat setuju 31.6%)
3) Menjadi komunikator yang baik (Setuju 28.6%).

Selain itu, caleg yang mendapat kepercayaan dari publik:
1) Memiliki visi dan misi yang jelas  (SS 36,5)
2) Memiliki integritas (kejujuran),  berkomitmen dan berdedikasi) (SS 28.8%)
3) yang simpatik (SS 27.6%)

Kelima, caleg yang tidak dipercayai publik:
1) Malas dan tidak terbuka ke publik (SS 28.8%)
2) tidak kompeten (SS 28.7%)
3) Mementingkan diri sendiri (SS 28.8%)

Pada tanggal 01 April 2019 hasil penelitian ini telah dipresentasikan di Hotel Alia, Cikini Jakarta Pusat oleh peneliti LPPM Harrys Pratama Teguh, S.HI.,M.H, dihadiri Musni Umar, Rektor UIC, dipandu Sitti Aminah Amahoru (Wakil Dekan FIKOM UIC) dan dibantu Syahiruddin. Keduanya peneliti LPPM UIC.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah parpol pendukung Prabowo-Sandi akan menang pemilu legislatif di DKI, dengan Gerindra juara satu.

Parpol Pendukung Prabowo-Sandi Akan Memenangi Pileg Di DKI: Gerindra Juara Satu

Musni Umar dan peneliti LPPM Harrys Pratama Teguh, S.HI.,M.H ketika mempresentasikan hasil penelitian “Demokrasi di DKI Jakarta Keterpilihan Partai Politik dan Capres Pemilu 2019” di Hotel Alia, Cikini Jakarta Pusat

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

80 persen masyarakat dki jakarta akan pilih prabowo-sandi pemilu 2019Jumhur Hidayat: Gagasan Pelaksanaan Trisakti Bung Karno ada di Prabowo-Sandi