Connect with us

Pengawasan Partlsipatif Mahasiswa dan Masyarakat Kunci Melawan Kecurangan Pemilu
Penandatanganan MOU Univ Ibnu Chaldun Jkt dengan Bawaslu - twitter musni umar

Pemilu

Kunci Melawan Kecurangan Pemilu: Pengawasan Partisipatif Mahasiswa dan Masyarakat

Dalam rangka partisipasi menyukseskan Pemilu 2019, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menjalin kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta yang diwujudkan dalam MOU Memorandum of Understanding yang ditandatangani Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun dengan Muhammad Jufry, Ketua Bawaslu DKI Jakarta (12/4/2019).

Dalam rangka partisipasi menyukseskan Pemilu 2019 terutama mencegah kecurangan Pemilu, Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menjalin kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu DKI Jakarta.

Jalinan kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk penanda-tanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun dengan Muhammad Jufry, Ketua Bawaslu DKI Jakarta (12/4/2019).

Musni Umar dalam sambutannya pada acara penanda-tanganan MOU mengemukakan pentingnya pengawasan partisipatif yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat. Universitas Ibnu Chaldun sebagai institusi pendidikan tinggi bersifat independen tidak memihak kepada paslon Presiden dan calon anggota parlemen yang bertanding dalam Pemilu serentak 2019, tetapi berkomitmen menyelamatkan demokrasi.

Oleh karena itu, maka dalam rangka pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara, UIC akan berpartisipasi melakukan pengawasan partisipatif supaya Pemilu Indonesia berlangsung jujur, adil, tidak ada kecurangan dan tidak ada politik uang.

Wujud dari komitmen itu, maka sebagai tindak lanjut dari MOU dengan Bawaslu, akan menerjunkan mahasiswa UIC untuk melakukan pengawasan partisipatif di tiap TPS di DKI Jakarta serta akan melakukan hitung cepat (quick count) hasil Pemilu 2019.

Pengawasan partisipatif yang melibatkan mahasiswa dan masyarakat semakin penting setelah terbongkar kecurangan Pemilu Indonesia yang dilakukan di pemilihan luar negeri di Malaysia dimana beberapa orang mencoblos sebanyak 40.000-50.000 lembar suara paslon Presiden tertentu dan calon anggota parlemen tertentu dari satu partai politik, yang telah diberitakan secara luas oleh media internasional.

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang didirikan para tokoh Islam terkemuka pada 11 Juni 1956 memegang nilai-nilai kebenaran, kejujuran dan keadilan, tidak mau kalau terjadi kecurangan Pemilu karena sangat berbahaya, sebab bisa menjadi pintu masuk (entry point) rakyat marah kemudian menolak hasil Pemilu dan melakukan people power.

Muhammad Jufry, Ketua Bawaslu DKI Jakarta dalam sambutannya mengemukakan bahwa MOU antara Bawaslu DKI dan Universitas Ibnu Chaldun merupakan pembaharuan dari MOU sebelumnya dalam rangka pengawasan partisipatif pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2014.

Menurut Ketua Bawaslu DKI, semakin banyak partisipasi mahasiswa dan masyarakat dalam Pemilu serentak,  semakin baik karena akan menghadirkan pemilu yang semakin berkualitas, dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Acara diakhiri dengan sosialisasi Pemilu 2019 dengan narasumber Dedy Abidinsyah Sastrawijaya, dekan FISIP UIC, Imah Susanti, mantan Ketua Bawaslu DKI, dan Siti Rahman, Komisioner Bawaslu DKI Jakarta.

Baca Juga

Pendidikan

Rocky Gerung menggemparkan UIC. Saya tidak sangka seluruh mahasiswa universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengidolakan Rocky Gerung.

Opini

Isu 3 periode bertambah ramai, setelah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mewacanakan amandemen UUD. Sontak publik ribut sebab mereka mengaitkan wacana 3 periode dengan...

Covid-19

Sebagai bentuk keprihatinan, Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menggelar Istighotsah doa bersama. Dengan harapan, semoga Allah mengabulkan doa kita sehingga bangsa Indonesia yang...

Pendidikan

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC, memperingati milad ke-65 tahun secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Politik

Pada 14 April 2021 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaksanakan silaturrahim sekaligus buka puasa bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dihadiri pimpinan kedua...

Pendidikan

Saya berharap kepada umat Islam dimanapun berada dan apapun profesi yang ditekuni untuk berlomba menyumbangkan sebagian kecil rezekinya, ikut membangun Masjid Hikmatul Ilmi Universitas...

Pemilu

Sejarah pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 cukup mengenaskan karena kematian massal panitia pemilu sebanyak 894 petugas dan petugas lainnya yang sakit ada 5175 orang.

Pendidikan

Dr. Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation, yang juga imam Masjid di New York, WNI kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan mempunyai gagasan besar dan luar biasa...