Connect with us

Mahasiswa UIC Sukses Pengawasan Partisipatif, Exit Poll dan Quick Count Pemilu 2019
salah satu mahasiswa uic berpartisipasi mengawas pemilu 2019 jakarta (17/4/2019) - twitter musniumar

Pemilu

Mahasiswa UIC Sukses Pengawasan Partisipatif, Exit Poll dan Quick Count Pemilu 2019

Mahasiswa UIC Jakarta telah sukses melakukan pengawasan partisipatif, exit poll dan quick count Pemilu 2019. Selaku rektor UIC, saya bangga menyaksikan tingginya semangat para mahasiswa dalam melakukan tiga kegiatan yang ditugaskan kepada mereka. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang amat berharga yang diharapkan bisa dilakukan kegiatan serupa di masa depan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara serta pengembangan demokrasi di Indonesia.

Mahasiswa(i) Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang dikoordinasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun Jakarta – LPPM UIC pada saat pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 telah sukses melakukan pengawasan partisipatif, exit poll dan quick count Pemilu 2019.

Menyukseskan Pemilu

Mahasiswa(i) Universitas Ibnu Chaldun dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019 telah melakukan tiga kegiatan yang meliputi.

Pertama, melakukan pengawasan partisipatif di 100 TPS di DKI Jakarta yang tersebar di lima Kotamadya DKI yaitu Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Tujuan pengawasan partisipatif ialah untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pemilu di DKI Jakarta dilaksanakan dengan langsung umum bebas rahasia jujur dan adil.

Kedua, melakukan wawancara singkat dengan para pemilih sesudah mereka memilih di TPS yang disebut exit poll. Pertanyaannya, siapa yang dicoblos Capres-Cawapres dan partai politik apa yang dipilih.

Ketiga, menghimpun data hasil Pemilu di TPS dan hasilnya dilaporkan ke pusat data LPPM UIC dalam rangka hitung cepat (quick count) hasil Pemilu di DKI Jakarta.


Sangat Bersemangat

Selaku rektor Universitas Ibnu Chaldun, saya bangga menyaksikan tingginya semangat para mahasiswa (i) dalam melakukan tiga kegiatan yang ditugaskan kepada mereka.

Lebih membanggakan lagi karena sukses melakukan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan biaya sendiri.

Walaupun setelah mereka melaksanakan tugas pengabdian dengan baik, LPPM mengganti transport mereka dan memberikan Piagam Penghargaan kepada setiap mahasiswa (i) yang telah melakukan tugas.

Pengalaman Berharga

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang dikoordinasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – LPPM UIC, baru pertama kali melakukan penelitian Indikasi Keterpilihan Parpol dan Capres, kemudian dilanjutkan kegiatan exit poll dan quick count.

Universitas Ibnu Chaldun bersama LPPM UIC sudah dua kali melaksanakan pengawasan partisipatif. Pertama, sewaktu pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Kedua, Pemilu serentak tahun 2019.

Kegiatan melaksanakan penelitian Indikasi Keterpilihan Parpol dan Capres, kemudian dilanjutkan kegiatan exit poll dan quick count, merupakan pengalaman yang amat berharga bagi mahasiswa UIC dan LPPM UIC. Diharapkan bisa dilakukan kegiatan serupa di masa depan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara serta pengembangan demokrasi di Indonesia.

Berikut foto-foto kegiatan mahasiswa UIC dan LPPM UIC ketika sedang melaksanakan pengawasan partisipatif dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019.

Baca Juga

Pendidikan

Apa yang saya lakukan, akhirnya memberi dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun. Karena melalui bantuan beasiswa tersebut saya lobby ke mana-mana,...

Pendidikan

Bersama Fahira Idris, Anggota DPD RI, Hiapolo Filantropi Indonesia dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun FISIP UIC melaksanakan bakti sosial...

Pendidikan

egiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan Fakultas Farmasi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun berkolaborasi dengan PT Kalbe Farma dan PT Alfa Midi dibuka...

Pendidikan

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun menggelar mimbar demokrasi di UIC. Diundang Ketua yayasan, rektor, para wakil rektor, para dekan, dosen dan para pimpinan...

Pendidikan

Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW secara virtual ini dilaksanakan Pusat Pengkajian Islam dan Humas Universitas Ibnu Chaldun dengan tema Dengan Isra Mi'raj Kita...

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun saat memberi sambutan untuk melepas mahasiswa (i) Fakultas Ekonomi yang mau melakukan abdi masyarakat yang disebut Kuliah Kerja Nyata (KKN)...

Pendidikan

Pada 22 Januari 2022, Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun melepas mahasiswa (i) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ibnu Chaldun yang akan melakukan Kuliah Kerja...

Pendidikan

Kaspudin Nor, komisioner Kejaksaan Agung 2011-2016 mengemukakan pentingnya membangun budaya hukum. Budaya hukum bisa dibangun mulai dari kampus, dikemukakan dalam Seminar UIC Jakarta (30/12/2021).