Mahasiswa UIC Sukses Pengawasan Partisipatif, Exit Poll dan Quick Count Pemilu 2019

 Kategori Pemilu, Pendidikan

Mahasiswa(i) Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang dikoordinasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ibnu Chaldun Jakarta – LPPM UIC pada saat pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 telah sukses melakukan pengawasan partisipatif, exit poll dan quick count Pemilu 2019.

Menyukseskan Pemilu

Mahasiswa(i) Universitas Ibnu Chaldun dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019 telah melakukan tiga kegiatan yang meliputi.

Pertama, melakukan pengawasan partisipatif di 100 TPS di DKI Jakarta yang tersebar di lima Kotamadya DKI yaitu Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Tujuan pengawasan partisipatif ialah untuk memastikan bahwa pelaksanaan Pemilu di DKI Jakarta dilaksanakan dengan langsung umum bebas rahasia jujur dan adil.

Kedua, melakukan wawancara singkat dengan para pemilih sesudah mereka memilih di TPS yang disebut exit poll. Pertanyaannya, siapa yang dicoblos Capres-Cawapres dan partai politik apa yang dipilih.

Ketiga, menghimpun data hasil Pemilu di TPS dan hasilnya dilaporkan ke pusat data LPPM UIC dalam rangka hitung cepat (quick count) hasil Pemilu di DKI Jakarta.


Sangat Bersemangat

Selaku rektor Universitas Ibnu Chaldun, saya bangga menyaksikan tingginya semangat para mahasiswa (i) dalam melakukan tiga kegiatan yang ditugaskan kepada mereka.

Lebih membanggakan lagi karena sukses melakukan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan biaya sendiri.

Walaupun setelah mereka melaksanakan tugas pengabdian dengan baik, LPPM mengganti transport mereka dan memberikan Piagam Penghargaan kepada setiap mahasiswa (i) yang telah melakukan tugas.

Pengalaman Berharga

Universitas Ibnu Chaldun Jakarta yang dikoordinasikan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat – LPPM UIC, baru pertama kali melakukan penelitian Indikasi Keterpilihan Parpol dan Capres, kemudian dilanjutkan kegiatan exit poll dan quick count.

Universitas Ibnu Chaldun bersama LPPM UIC sudah dua kali melaksanakan pengawasan partisipatif. Pertama, sewaktu pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017. Kedua, Pemilu serentak tahun 2019.

Kegiatan melaksanakan penelitian Indikasi Keterpilihan Parpol dan Capres, kemudian dilanjutkan kegiatan exit poll dan quick count, merupakan pengalaman yang amat berharga bagi mahasiswa UIC dan LPPM UIC. Diharapkan bisa dilakukan kegiatan serupa di masa depan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara serta pengembangan demokrasi di Indonesia.

Berikut foto-foto kegiatan mahasiswa UIC dan LPPM UIC ketika sedang melaksanakan pengawasan partisipatif dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Cendekiawan Muslim Kahmi Tidak Tolerir Kecurangan PemiluMenyelamatkan Demokrasi Dari Para Pengkhianat Demokrasi