Gelora Ramadhan: Universitas Ibnu Chaldun Miniatur NKRI Yang Amalkan Nilai-Nilai Islam

 Kategori Pendidikan, Ramadhan 1440H

Satu hari sebelum Ramadhan, bertepatan hari Ahad, 05 Mei 2019, mahasiswa(i) Universitas Ibnu Chaldun Jakarta melakukan kampanye Ramadhan dengan membawa spanduk di kegiatan Car Free Day Jalan MH. Thamrin Jakarta

Gebyar Ramadhan mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun yang dilaksanakan pada saat Car Free Day di Jalan MH. Thamrin Jakarta, patut diapresiasi karena mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun non Muslim berpartisipasi dalam kampanye gebyar Ramadhan. Bahkan mereka yang membawa spanduk dari depan Gedung Sarinah Thamrin sampai di Bundaran Hotel Indonesia Kempiski Jakarta.

Bulan Ramadhan bukan hanya sebagai medium untuk menunaikan ibadah puasa sebagaimana diwajibkan oleh Allah dalam Alqur’an, tetapi juga sarana latihan bagi mahasiswa.

Saya bersyukur sebagai Rektor Universitas Ibnu Chaldun, pada bulan Ramadhan setiap tahun, penggerak utama kegiatan dikampus adalah mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun.

Tugas pemimpin tidak hanya memajukan institusi yang dipimpin, tetapi juga menyiapkan mahasiswa sebagai kader pelanjut supaya memiliki ilmu dan ketrampilan praktis sehingga berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.


UIC Miniatur NKRI yang Menerapkan Nilai-nilai Islam

Sebagaimana diketahui bahwa mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun merupakan miniatur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan antar golongan.

Di Universitas Ibnu Chaldun, mahasiswa yang non Muslim diperlakukan sama dan tidak ada diskriminasi. Siapa saja dapat menjadi mahasiswa UIC dan siapa saja yang memenuhi syarat diperjuangkan untuk memperoleh beasiswa Bidik Misi dan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).

Mahasiswa UIC yang berpartisipasi dalam gebyar Ramadhan di Car Free Day sebagaimana dikemukakan di atas selain para mahasiswa yang muslim, ada mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi dari P. Nias yang non Muslim. Walaupun UIC adalah universitas Islam, UIC tetap menerima calon mahasiswa non muslim. UIC juga membuka kelas untuk para karyawan yang tetap ingin bekerja sembari melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar S-1.


Universitas Ibnu Chaldun adalah Universitas Islam yang mengamalkan nilai-nilai Islam yang “rahmatan lil ‘alamiin” (rahmat bagi semesta alam) seperti kesamaan (Al musawa), toleransi (tasamuh), kemoderenan (Al muhadharah), kejujuran (Ash shidq), kebenaran (Al haq) dan keadilan (Al ‘adalah).


Ramadhan in Campus

Di kampus Universitas Ibnu Chaldun, mahasiswa menggagas donasi seribu rupiah setiap mahasiswa untuk kegiatan Ramadhan in Campus.

Pusat kegiatan Ramadhan in Campus Universitas Ibnu Chaldun bertempat di Masjid Hikmatul Ilmi. Insya Allah tahun ini, Masjid Hikmatul Ilmi Universitas Ibnu Chaldun akan mulai dibangun agar menjadi lebih representatif.

Seluruh kegiatan di Masjid diinisiasi oleh mahasiswa. Bahkan imam shalat Traweh dipimpin para mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun Jakarta secara bergiliran dan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) UIC yang seluruhnya mahasiswa UIC Jakarta.

Selain itu, mahasiswa Fakultas Komunikasi UIC dalam rangka menyemarakkan Ramadhan dan pengabdian kepada masyarakat, akan turun menyapa masyarakat sembari memberi bantuan kepada mereka yang miskin dan tidak mampu.

Berikut kegiatan mahasiswa UIC di bulan ramadhan tahun kemarin, semoga mahasiswa UIC semakin antusias berkegiatan di bulan ramadhan tahun ini.



Tertarik menjadi mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta? Berikut Infonya

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Puasa Ramadhan Sarana Melatih Jujur yang Nyaris Pupus di Negara KitaUIC Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim dan Memberikan Santunan