Musni Umar Socmed

Search

UIC Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim dan Memberikan Santunan
acara berbuka puasa dengan anak yatim yang miskin di aula prof dr bahder djohan universitas ibnu chaldun jakarta (5/2019) - twitter musniumar

Pendidikan

UIC Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim dan Memberikan Santunan

Dalam rangka memberi kepedulian kepada anak-anak yatim yang miskin dilingkungan UIC, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun menyelenggarakan buka puasa sekaligus memberi santunan kepada anak-anak yatim yang masih kecil dan miskin.

Di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan, orang-orang yang beriman diwajibkan puasa selama satu bulan.

Selain puasa ramadhan, orang-orang yang beriman dianjurkan pula untuk melaksanakan shalat traweh pada malam hari, membaca Alqur’an, diwajibkan membayar zakat fitrah dan zakat harta.

Peduli Anak Yatim yang Miskin

Dalam rangka memberi kepedulian kepada anak-anak yatim yang miskin dilingkungan UIC, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun menyelenggarakan buka puasa sekaligus memberi santunan kepada anak-anak yatim yang masih kecil dan miskin.

Peduli anak-anak yatim dan orang-orang miskin merupakan perintah Allah sebagaimana ditegaskan dalam Alqur’an surah Al Maa’uun.
Allah Ta’ala berfirman:

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ ➀ فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ ➁ وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ ➂ فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ ➃ الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ ➄ الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ ➆ وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ ➅

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’ dan enggan (menolong dengan) barang berguna.” (QS. Al Maa’uun: 1-7).

Kepedulian kepada mereka yang yatim dan miskin, tidak hanya dalam bentuk buka puasa dan memberi santunan, tetapi memberi beasiswa setiap tahun kepada mereka yang miskin dan tidak mampu untuk belajar di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Hadir dalam buka puasa dengan anak yatim yang miskin di Aula Prof Dr Bahder Djohan Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar, Rektor UIC, Ibu Hartini Salama, mantan pimpinan UIC, M. Sidiq, Dekan Fak. Ekonomi, Dedy Abidinsyah Sastrwawijaya, Dekan FISIP, Wakil Dekan Fak. Ekonomi, M. Rofik, Kepala Program Studi Ilmu Manajemen, Syahiruddin, Kepala Humas UIC, para dosen, ketua BEM Fak. Ekonomi dan Mahasiswa (i) Fak. Ekonomi dan FISIP.

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengkutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Opini

Fahmi Idris mendirikan Akademi Alquran dan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa (i) untuk mengikuti program tahfiz (hafal Alquran).

Lainnya

Bukan saja teringat kebaikan FPI dalam bidang kemanusiaan, tetapi salut atas kesikapan FPI yang selalu berada di garda terdepan dalam membantu masyarakat yang mengalami...

Opini

Sekarang ini amat banyak yang mendukung Prof Din. Seluruh elemen dari berbagai kelompok masyarakat dan partai politik yang lintas agama, lintas suku, organisasi massa,...

Lainnya

Bikin Mimpi Jadi Reality akan menjadi kenyataan, jika suatu bangsa dan negara mempunyai pemimpin yang mempunyai visi yang merupakan mimpi besar untuk direalisasikan.

Pendidikan

Seminar internasional bertajuk Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid untuk memperingati 65 Tahun Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Pendidikan

Dampak Covid-19 puluhan juta pekerja Indonesia yang di PHK. Kita tidak hanya prihatin, tetapi harus ikut mencari dan memberi solusi.

Opini

Kemuliaan adalah satu konsep dalam Islam, yang jika diamalkan, maka kita akan meraih kemuliaan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Bagaimana cara meraih kemuliaan...

Opini

Islamfobia sangat merugikan karena Islam dan umat Islam dicitrakan serba negatif - seolah tidak ada baiknya. Islamophobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka,...