UIC Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim dan Memberikan Santunan

 Kategori Pendidikan, Ramadhan 1440H

Di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan, orang-orang yang beriman diwajibkan puasa selama satu bulan.

Selain puasa ramadhan, orang-orang yang beriman dianjurkan pula untuk melaksanakan shalat traweh pada malam hari, membaca Alqur’an, diwajibkan membayar zakat fitrah dan zakat harta.

Peduli Anak Yatim yang Miskin

Dalam rangka memberi kepedulian kepada anak-anak yatim yang miskin dilingkungan UIC, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun menyelenggarakan buka puasa sekaligus memberi santunan kepada anak-anak yatim yang masih kecil dan miskin.

Peduli anak-anak yatim dan orang-orang miskin merupakan perintah Allah sebagaimana ditegaskan dalam Alqur’an surah Al Maa’uun.
Allah Ta’ala berfirman:

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ ➀ فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ ➁ وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ ➂ فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ ➃ الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ ➄ الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ ➆ وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ ➅

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’ dan enggan (menolong dengan) barang berguna.” (QS. Al Maa’uun: 1-7).

Kepedulian kepada mereka yang yatim dan miskin, tidak hanya dalam bentuk buka puasa dan memberi santunan, tetapi memberi beasiswa setiap tahun kepada mereka yang miskin dan tidak mampu untuk belajar di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Hadir dalam buka puasa dengan anak yatim yang miskin di Aula Prof Dr Bahder Djohan Universitas Ibnu Chaldun, Musni Umar, Rektor UIC, Ibu Hartini Salama, mantan pimpinan UIC, M. Sidiq, Dekan Fak. Ekonomi, Dedy Abidinsyah Sastrwawijaya, Dekan FISIP, Wakil Dekan Fak. Ekonomi, M. Rofik, Kepala Program Studi Ilmu Manajemen, Syahiruddin, Kepala Humas UIC, para dosen, ketua BEM Fak. Ekonomi dan Mahasiswa (i) Fak. Ekonomi dan FISIP.

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Gelora Ramadhan: Universitas Ibnu Chaldun Miniatur NKRI Yang Amalkan Nilai-Nilai IslamPemimpin Cerdas, Jujur dan Adil Sesuai Petunjuk Islam