Connect with us

Idul Fitri Merayakan Hari Kemenangan
umat islam shalat ied di madinah - twitter

Ramadan 1440H

Idul Fitri Merayakan Hari Kemenangan

Idul Fitri bagi bangsa Indonesia yang mayoritas muslim dirayakan dengan berbagai macam cara: mudik, libur di kawasan wisata dan luar negeri, takbir di masjid dan taker keliling, shalat Ied dan silaturrahim. Sejatinya kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri adalah kemenangan mereka yang meraih taqwa. Puasa Ramadhan tujuan utamanya diwajibkan puasa Ramadhan supaya meraih predikat taqwa.

Idul Fitri bagi bangsa Indonesia yang mayoritas muslim dirayakan dengan berbagai macam cara:

Pertama, dengan mudik. Mudik telah menjadi budaya yang sangat fenemenal, karena menjelang dan pasca shalat Idul Fitri, puluhan juta orang mudik ke kampung halaman. DKI Jakarta sebagai ibukota negara menjadi sepi. Jalan-jalan jadi lengang pada saat Hari Raya Idul Fitri.

Kedua, libur di kawasan wisata dan keluar negeri. Kalangan masyarakat menengah dan kalangan atas banyak yang libur ke kawasan wisata di dalam dan luar negeri karena menjelang Idul Fitri pembantu rumah tangga mudik, sehingga menyulitkan dalam pengelolaan rumah tangga. Untuk keluar dari masalah dipilih berlibur dan tinggal di hotel selama liburan lebaran Idul Fitri.

Ketiga, takbir di Masjid dan takbir keliling DKI Jakarta. Tahun ini takbir keliling di DKI Jakarta sangat semarak dan tertib karena kembali diizinkan oleh Gubernur DKI Jakarta Dr. Anies Baswedan dan mereka yang takbir keliling DKI dikawal oleh petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarata.

Momentum dibolehkannya takbir on the road oleh Gubernur DKI Jakarta segera direspon FPI kemudian mereka motori takbir dijalan. Pada Hari Raya Idul Fitri 01 Syawal 1440H umat Islam melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid dan di lapangan terbuka.

Setelah shalat Idul Fitri, dilakukan silaturrahim. Ada satu keluarga kumpul seluruhnya di satu rumah dari keluarga yang dituakan. Mereka makan bersama dan ngobrol.


Hari Raya Kemenangan

Sejatinya Idul Fitri adalah Hari Raya kemenangan. Allah menegaskan dalam Alqur´an

یا ایها الذن امنوا کتب علیکم الصیام کما کتب علی الذین من قبلکم لعللکم تتقون

Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu untuk puasa sebagaimana telah diwajibkan kepada mereka sebelum kamu supaya kamu bertaqwa.

Sejatinya kemenangan pada Hari Raya Idul Fitri adalah kemenangan mereka yang meraih taqwa. Puasa Ramadhan tujuan utamanya diwajibkan puasa Ramadhan supaya meraih predikat taqwa.

Taqwa adalah puncak kemenangan bagi orang yang beriman. Orang yang bertaqwa adalah orang menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi semua laranganNya.

Dengan demikian, manusia taqwa adalah manusia paripurna dan merupakan dambaan orang-orang yang beriman.

Oleh karena, Allah menjanjikan dalam Alqur`an

ومن یتق الله یجعل له مخرجا یرزفه من حیث لا یحتسب

Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah akan diberi jalan keluar dan mendapat rezeki yang tidak terduga.

Mereka yang puasa Ramadhan dengan penuh iman dan perhitungan, akan mendapat predikat taqwa.

Mereka yang bertaqwa, setidaknya mendapat tiga kemenangan.

Pertama, mendapat jalan keluar jika menghadapi masalah.

Kedua, memperoleh rezeki dari yang tidak diduga.

Ketiga, mendapat ganjalan pahala dari Allah dan syurga jannatun naiim.

Semoga kita memperoleh predikat taqwa yang merupakan puncak kemenangan bagi mereka yang sudah menjalankan puasa Ramadhan.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Opini

Umat Islam yang mayoritas, terus tidak berdaya dan semakin diperparah keadaan mereka karena tidak bersatu umat Islam dipecah belah, sehingga tidak pernah memegang kekuasaan...

Pendidikan

Menurut saya, berpolitik merupakan bagian dari jihad (perjuangan) yang harus aktif dilakukan umat Islam untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan...

Opini

Tidak sedikit yang akhirnya menjilat karena tidak tahan mengalami demoralisasi. Ada juga yang kemudian memilih diam.

Opini

Reuni Akbar 212 akan digelar bulan Desember 2021 di Jakarta. Diperkirakan akan dihadiri lebih dari 7 juta orang.

Opini

Ajakan Mardani Ali Sera, anggota DPR RI dari PKS yang juga Ketua DPP PKS adalah sah untuk bekerjasama dengan sosok yang memiliki integritas.

Opini

Kesalahan terbesar sebagian umat Islam karena menolak sistem politik yang ada dan bahkan menawarkan sistem politik yang dianggap berlawanan dengan sistem demokrasi yang ada,...

Lainnya

Pergantian tahun baru Islam harus dimaknai dengan belajar sejarah. Momentum tahun baru Islam, mesti dijadikan titik awal, umat Islam belajar sejarah Nabi Muhammad SAW.

Pendidikan

Dalam rangka memperingati 50 Tahun YISC Al-Azhar, pada 6 Juni 2021 saya, Tony Rasyid dan Faisal Basri diundang menjadi pembicara dengan topik Literasi Sebagai...