Anak-Anak baca Alqur’an, Sudah Dipraktikkan Anies di DKI Seperti Pesan Presiden Putin

 Kategori Opini, DKI Jakarta, Lainnya

Vladimir Putin, Presiden Rusia setelah memberikan ucapan Selamat Idul Fitri kepada muslim seluruh dunia, ia juga berpesan agar anak-anak membaca Alqur’an (RMOL.ID, 07 Juni 2019).


Anies Baswedan, sejak menjabat Gubernur DKI Jakarta tanpa gembar-gembor telah mempraktikkan pesan Presiden Putin, agar anak-anak membaca Alqur’an.

Para Walikota di lima wilayah di DKI dan Bupati Kepulauan Seribu diminta supaya anak-anak usai shalat Magrib diwilayah masing-masing membaca Alqur’an. Para ustaz dikerahkan untuk membimbing anak-anak dalam belajar membaca Alqur’an.


Vladimir Putin adalah seorang penganut Kristen Ortodoks, tetapi dia menyerukan anak-anak muslim laki-laki dan perempuan agar membaca Alqur’an. Presiden Putin dalam salah satu kesempatan, ia menyampaikan keyakinan akan manfaat membaca kitab suci termasuk Alqur’an. Vladimir Putin menilai, kitab-kitab suci semua agama yang ada di dunia mengandung nila-nilai kemanusiaan yang sangat berguna bagi anak-anak.

“Sebaiknya mereka membaca Taurat dan Alqur’an, semua itu akan sangat bermanfaat bagi anak laki-laki maupun perempuan,” tegas Putin.


DKI Sudah Praktikkan

Di negara-negara muslim, pesan untuk menyerukan anak-anak muslim laki-laki dan perempuan agar membaca Alqur’an jarang kedengaran. Untung saja pesan Gubernur Anies agar anak-anak muslim membaca Alqur’an sudah dipraktikkan di DKI Jakarta.

Pertanyaannya, bagaimana di tiap provinsi, kabupatan, kota, kecamatan, kelurahan dan desa di Indonesia, apakah sudah ada kesadaran untuk menfasilitasi anak-anak muslim dan anak-anak yang non-muslim untuk membaca kitab sucinya.

Saya berharap pesan Vladimir Putin agar anak-anak membaca kitab sucinya digelorakan. Anak-anak muslim dipandu membaca Alqur’an, anak-anak Kristen membaca Kitab Injil, begitu pula anak-anak agama lain membaca kitab sucinya.

Manfaat Baca Alqur’an

Alqur’an adalah petunjuk (hudan) bagi manusia, sebagaimana firman Allah dalam Alqur’an surah Al-Baqarah ayat (185):

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ

Bulan Ramadhan, bulan diturunkannya Alqur’an sebagai petunjuk bagi manusia. Sesuai firman Allah dalam surah Albaqarah ayat (185)

Pada ayat lain, Allah menegaskan bahwa Alqur’an adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa, sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat (2)

ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

Kitab (Alqur’an) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa.

Selain Alqur’an sebagai petunjuk, dengan membacanya setidaknya kita mendapat 10 manfaat:

Pertama, dapat pahala dan kebaikan
Kedua, mendapat derajat dan wibawa yang tinggi
Ketiga, memperoleh rahmat dan perlindungan
Keempat, memberikan syafaat pada hari kiamat
Kelima, memberikan seseorang berprilaku baik
keenam, hati lebih tenang dan tenteram
Ketujuh, selamat dunia akhirat
Kedelapan, menyembuhkan penyakit pada tubuh
Kesembilan, menyembuhkan penyakit hati
Kesepuluh, memberi kenikmatan pada kedua orang tua di hari kiamat.



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recent Posts

Start typing and press Enter to search

Pemuda Desa Sebaiknya Tidak Mengadu Nasib di Jakarta Pasca Lebaran Idul FitriSaatnya Kerja Kembali: Disiplin Kunci Meraih Sukses dan Kemajuan