Saatnya Kerja Kembali: Disiplin Kunci Meraih Sukses dan Kemajuan

 In Dunia Usaha, Lainnya, Opini

Menjelang, saat dan pasca Hari Raya Idul Fitri dilakukan cuti panjang dalam rangka Hari Raya Idul Fitri.

Hari ini 10 Juni 2019, seluruh instansi pemerintah dan swasta mulai masuk kerja setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440H.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Syafruddin telah berpesan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS jangan terlambat masuk kerja kalau tidak, ada sanksinya.


Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan setelah umat Islam melaksanakan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh (30) hari.

Salah satu hikmah puasa Ramadhan yang amat penting diamalkan dalam hidup keseharian kita ialah disiplin. Disiplin kunci meraih sukses.


Puasa Ramadhan mengajarkan kepada kita untuk disiplin. Sebagai contoh, mereka yang sedang sahur, ketika sudah tiba Imsak, diwajibkan berhenti makan, minum dan sebagainya. Begitu pula, pada siang, kita disiplin tidak boleh melakukan yang bisa membatalkan puasa. Pada saat Magrib tiba, kita dianjurkan untuk segera buka puasa.

Spirit puasa Ramadhan yang mengajarkan dan melatih kita untuk disiplin, sepatutnya dipraktikkan dalam kehidupan keseharian kita, termasuk dalam disiplin kerja. Karena disiplin kunci meraih sukses.

Disiplin menurut Wikipedia bahasa Indonesia merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

Sedang arti disiplin menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia 1. Tata tertib, 2. Ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan. Berdisiplin berarti menaati (mematuhi) tata tertib. Mendisiplinkan berarti membuat berdisiplin, mengusahakan supaya menaati (mematuhi) tata tertib.

Jim Rohn, pengusaha, penulis dan pembicara motivasi dari Amerika Serikat 1930-2009 berkata bahwa Discipline is the bridge between goals and accomplishment

(Disiplin adalah jembatan antara cita-cita dan pencapaiannya).


Kerja Raih Kemajuan dan Ibadah

Dalam kehidupan kita sehari-hari, disiplin dan kerja keras merupakan kunci untuk meraih sukses.

Jika kita bercita-cita tinggi, misalnya menjadi pejabat di suatu instansi, pada zaman sekarang yang penuh persaingan, harus disertai kerja keras dan disiplin dengan menunjukkan prestasi.

Prestasi hanya bisa diraih jika disertai kerja keras, disiplin dan fokus pada bidang yang ditekuni.

Kalau jadi seorang pegawai misalnya, maka suka tidak suka dan mau tidak mau harus menjadi pegawai yang disiplin, pekerja keras dan membuat prestasi pada bidang kerja yang dipercayakan kepadanya.

Oleh karena, setiap pegawai bercita-cita menggapai impian yang tinggi menjadi pejabat sebagai puncak karir diinstansi tempat bekerja.


Untuk mewujudkan cita-cita harus sabar, tabah, bekerja keras, dan disiplin. Selain itu, harus bisa bekerja sama dengan sesama kolega dikantor, pandai membangun komunikasi dengan atasan dan lingkungan sosial.

Supaya kerja memberi multi guna bagi yang bekerja, maka harus selalu diawali dengan niat dalam rangka ibadah kepada Allah.

Dengan demikian kerja keras melahirkan prestasi dan kemajuan, disisi Allah, kita memperoleh pahala yang berlipat ganda yang akan menjadi bekal kita menghadap kepadaNya jika ajal sudah datang menjemput.


Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Anak-Anak baca Alqur'an, Sudah Dipraktikkan Anies di DKI Seperti Pesan Presiden PutinAmbon Manise dan Segregasi Sosial Pasca Konflik Sosial di Awal Reformasi