Connect with us

Prabowo-Sandi Tidak Hadir: KPU Tetapkan Presiden Terpilih Pilpres 2019
penyerahan salinan berita acara serta salinan keputusan kpu tentang penetapan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih pemilu 2019 kepada partai politik, pemerintah, lembaga negara, tkn01 serta bpn02 - twitter kpu ri

Pemilu

Prabowo-Sandi Tidak Hadir: KPU Tetapkan Presiden Terpilih Pilpres 2019

Kita ucapkan selamat kepada Pak Jokowi dan Pak KH Ma’ruf Amin yang telah ditetapkan KPU sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil pemilihan Presiden 17 April 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin (30 Juni 2019) menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil pemilihan Presiden 2019. Prabowo-sandi tidak hadir ketika kpu tetapkan presiden terpilih.

KPU tetapkan presiden terpilih. Komisi Pemilihan Umum (KPU) kemarin (30 Juni 2019) menetapkan Presiden dan Wakil Presiden terpilih hasil pemilihan Presiden 2019.

Kita ucapkan selamat kepada Pak Jokowi dan Pak KH Ma’ruf Amin yang telah ditetapkan KPU sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil pemilihan Presiden 17 April 2019.

Penetapan hasil pemilihan Presiden RI dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum setelah gugatan Prabowo-Sandi ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dalam putusannya tanggal 27 Juni 2019.

Karni Ilyas, Presiden ILC mengemukakan: jika badai benar-benar sudah berlalu, insha Allah ILC akan segera tayang kembali. Peselancar akan kembali bermain dengan gelombang. Kita bertemu lagi,” ungkapnya melalui cuitan di Twitter, Ahad (23/6/2019).

Menurut saya, di tolaknya gugatan Prabowo-Sandi di MK dan ditetapkannya Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam pemilihan Presiden 2019, maka berarti badai sudah berlalu. Jadi bang Karni Ilyas sebaiknya segera berselancar kembali.


Tidak Hadir di KPU

Prabowo-Sandi tidak hadir dalam penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih oleh KPU tanggal 30 Juni 2019, setidaknya ada tiga alasan dari perspektif sosiologis.

Pertama, mayoritas pendukung Prabowo-Sandi sampai saat ini masih meyakini bahwa pemenang Pilpres 2019 adalah Prabowo-Sandi. Prabowo-Sandi harus mendengar aspirasi dari para pendukungnya. Walaupun begitu, sebagai negarawan, Prabowo-Sandi telah mengemukakan bahwa menghormati putusan MK.

Kedua, para pendukung dan pemilih Prabowo-Sandi tidak setuju kalau Prabowo-Sandi hadir dalam penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil pemilihan Presiden 17 April 2019 karena berarti mengakui dan menerima hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang mereka anggap penuh dengan kecurangan.

Walaupun begitu, sebagai bentuk penghormatan terhadap proses pilpres yang telah dilaksanakan KPU, Prabowo-Sandi telah mengirim tim hukum Gerindra Habiburokhman untuk menghadiri penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih oleh KPU.


Ketiga, para pendukung Prabowo-Sandi menolak adanya rekonsiliasi karena berarti menafikan kecurangan dalam pilpres. Walaupun begitu, Prabowo-Sandi sebagai negarawan secara tidak langsung telah mewujudkan rekonsiliasi dengan meminta kepada pendukungnya untuk tidak demo di MK, dan menghormati dan menerima putusan MK.


https://www.instagram.com/tv/BzVmCOShmj2/?igshid=10ccpynn7jz74
Menolak rekonsiliasi, tidak salah dalam demokrasi, karena kasus semacam itu sudah ada contohnya. Ibu Megawati dan SBY selama 10 tahun tidak rekonsiliasi, tetapi semuanya berjalan normal dan tidak ada masalah.

Oleh karena itu, putusan MK dan KPU kita hormati dan terima, tetapi kalau ada yang tidak setuju dan tidak menerima, sebaiknya tidak “diintimidasi” dengan mengatakan: “yang tidak mengakui melanggar hukum.”



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

Opini

Isu 3 periode bertambah ramai, setelah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mewacanakan amandemen UUD. Sontak publik ribut sebab mereka mengaitkan wacana 3 periode dengan...

Lainnya

Pergantian tahun baru Islam harus dimaknai dengan belajar sejarah. Momentum tahun baru Islam, mesti dijadikan titik awal, umat Islam belajar sejarah Nabi Muhammad SAW.

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Politik

Pada 14 April 2021 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaksanakan silaturrahim sekaligus buka puasa bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dihadiri pimpinan kedua...

Opini

Indonesia adalah Daarul Amni (negeri yang aman) bukan Daarul Harbi (negeri yang sedang perang), maka siapapun dan apapun motif bom bunuh diri di depan...

Pemilu

Sejarah pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 cukup mengenaskan karena kematian massal panitia pemilu sebanyak 894 petugas dan petugas lainnya yang sakit ada 5175 orang.

Opini

PDIP, Partai Gerinda, PAN dan PPP telah menyatakan secara terbuka bahwa mereka tidak setuju adanya revisi UU Pemilu.