Connect with us

Lebaran Betawi 2019 Sarana Silaturrahim dan Kebersamaan serta Wisata Budaya
ondel-ondel di lebaran betawi 2019 - twitter bundleofcotton

Wisata

Lebaran Betawi 2019 Sarana Silaturrahim dan Kebersamaan serta Wisata Budaya

Lebaran Betawi tahun 2008 dihadiri ribuan orang, sekarang yang menghadiri Lebaran Betawi 2019 dan di tahun mendatang bisa puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang. Kegiatan ini pada awalnya sebagai ajang silaturrahim bagi masyarakat Betawi, tetapi kini telah meluas menjadi sarana silaturrahim untuk mengukuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Pada 19-21 Juli 2019, masyarakat bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Lebaran Betawi 2019 di Silang Monas DKI Jakarta.

Lebaran Betawi, dalam sejarahnya tidak terlepas dari Lebaran Idul Fitri.  Sebagaimana kita ketahui masyarakat Betawi sangat kental rasa keagamaannya.

Diberbagai pojok di DKI Jakarta, jika ada warga Betawi, mereka secara gotong-royong membangun Masjid sebagai sarana ibadah sekaligus melestarikan nilai-nilai Islam dikalangan masyarakat Betawi.


Gagasan Brilian

Amarullah Asbah, Wakil Ketua Umum Bamus Betawi merupakan tokoh Betawi yang menggagas Lebaran Betawi.  Untuk pertama kali Lebaran Betawi dilaksanakan 18 Oktober  2008 di Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

Pada saat itu, yang menjadi Gubernur DKI Jakarta adalah Fauzi Bowo.  Pada hari penyelenggaraan Lebaran Betawi saat itu ribuan masyarakat yang menghadirinya.

Sejak itu, Lebaran Betawi menjadi kalender tahunan untuk promosi budaya Betawi yang dilaksanakan warga DKI bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Makin Meriah

Lebaran Betawi tahun 2019, khususnya hari ini yang saya saksikan sangat meriah.  Kalau pada awal Lebaran Betawi tahun 2008 dihadiri ribuan orang, sekarang yang menghadiri Lebaran Betawi bisa puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Kegiatan Lebaran Betawi  dimeriahkan dengan berbagai macam kesenian Betawi seperti sohibul hikayat, gambus, marawis, tanjidor, palang pintu, tarian Betawi, gambang kromong, lenong, dan atraksi silat Betawi.

Selain itu, berbagai macam makanan dan jajanan khas Betawi di sajikan di berbagai konter yang disediakan panitia.


https://www.instagram.com/p/B0LOV5TAE5w/

Ajang Silaturrahim dan Pariwisata

Lebaran Betawi sebagaimana dikemukakan telah menjadi kalender tahunan untuk kegiatan promosi budaya Betawi di DKI Jakarta.

Kegiatan ini pada awalnya sebagai ajang silaturrahim bagi masyarakat Betawi, tetapi kini telah meluas menjadi sarana silaturrahim untuk mengukuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Bukan hanya itu, tetapi Lebaran Betawi telah menjadi sarana promotif pariwisata DKI Jakarta dan sudah menjadi milik warga DKI Jakarta yang warganya amat heterogen (majemuk).

Sebagai sosiolog, saya berharap Lebaran Betawi semakin dipromosikan pada tahun-tahun  mendatang, sehingga seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Miangat sampai Pulau Rote, pada saat Lebaran Betawi, mereka bisa berwisata ke DKI sekaligus melihat dari dekat kemajuan pembangunan DKI yang semakin hari semakin maju,  mengagumkan dan membanggakan.

Berikut foto-foto kemeriahan Lebaran Betawi
https://www.instagram.com/p/B0KfldxnEmU/


https://twitter.com/BangJapar_FI/status/1152192138848792577



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

DKI Jakarta sebagai kota jasa, sumber penerimaan yang amat signifikan adalah dari sektor jasa. Salah satu sektor yang sangat potensial ialah pariwisata (pelancongan).

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Penurunan kualitas demokrasi Indonesia, yang berhubungan dengan berlanjutnya represi atas oposisi, yang semakin bertambah dan terang-terangan.

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

DKI Jakarta

Kebon Sirih tempat berkantornya anggota DPRD DKI Jakarta dibanjiri karangan bunga untuk dukungan interpelasi dari PDIP-PSI terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.