Musni Umar Socmed

Search

Lebaran Betawi 2019 Sarana Silaturrahim dan Kebersamaan serta Wisata Budaya
ondel-ondel di lebaran betawi 2019 - twitter bundleofcotton

Wisata

Lebaran Betawi 2019 Sarana Silaturrahim dan Kebersamaan serta Wisata Budaya

Lebaran Betawi tahun 2008 dihadiri ribuan orang, sekarang yang menghadiri Lebaran Betawi 2019 dan di tahun mendatang bisa puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang. Kegiatan ini pada awalnya sebagai ajang silaturrahim bagi masyarakat Betawi, tetapi kini telah meluas menjadi sarana silaturrahim untuk mengukuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Pada 19-21 Juli 2019, masyarakat bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Lebaran Betawi 2019 di Silang Monas DKI Jakarta.

Lebaran Betawi, dalam sejarahnya tidak terlepas dari Lebaran Idul Fitri.  Sebagaimana kita ketahui masyarakat Betawi sangat kental rasa keagamaannya.

Diberbagai pojok di DKI Jakarta, jika ada warga Betawi, mereka secara gotong-royong membangun Masjid sebagai sarana ibadah sekaligus melestarikan nilai-nilai Islam dikalangan masyarakat Betawi.


Gagasan Brilian

Amarullah Asbah, Wakil Ketua Umum Bamus Betawi merupakan tokoh Betawi yang menggagas Lebaran Betawi.  Untuk pertama kali Lebaran Betawi dilaksanakan 18 Oktober  2008 di Lapangan Banteng Jakarta Pusat.

Pada saat itu, yang menjadi Gubernur DKI Jakarta adalah Fauzi Bowo.  Pada hari penyelenggaraan Lebaran Betawi saat itu ribuan masyarakat yang menghadirinya.

Sejak itu, Lebaran Betawi menjadi kalender tahunan untuk promosi budaya Betawi yang dilaksanakan warga DKI bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta.


Makin Meriah

Lebaran Betawi tahun 2019, khususnya hari ini yang saya saksikan sangat meriah.  Kalau pada awal Lebaran Betawi tahun 2008 dihadiri ribuan orang, sekarang yang menghadiri Lebaran Betawi bisa puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Kegiatan Lebaran Betawi  dimeriahkan dengan berbagai macam kesenian Betawi seperti sohibul hikayat, gambus, marawis, tanjidor, palang pintu, tarian Betawi, gambang kromong, lenong, dan atraksi silat Betawi.

Selain itu, berbagai macam makanan dan jajanan khas Betawi di sajikan di berbagai konter yang disediakan panitia.


https://www.instagram.com/p/B0LOV5TAE5w/

Ajang Silaturrahim dan Pariwisata

Lebaran Betawi sebagaimana dikemukakan telah menjadi kalender tahunan untuk kegiatan promosi budaya Betawi di DKI Jakarta.

Kegiatan ini pada awalnya sebagai ajang silaturrahim bagi masyarakat Betawi, tetapi kini telah meluas menjadi sarana silaturrahim untuk mengukuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Bukan hanya itu, tetapi Lebaran Betawi telah menjadi sarana promotif pariwisata DKI Jakarta dan sudah menjadi milik warga DKI Jakarta yang warganya amat heterogen (majemuk).

Sebagai sosiolog, saya berharap Lebaran Betawi semakin dipromosikan pada tahun-tahun  mendatang, sehingga seluruh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Miangat sampai Pulau Rote, pada saat Lebaran Betawi, mereka bisa berwisata ke DKI sekaligus melihat dari dekat kemajuan pembangunan DKI yang semakin hari semakin maju,  mengagumkan dan membanggakan.

Berikut foto-foto kemeriahan Lebaran Betawi
https://www.instagram.com/p/B0KfldxnEmU/


https://twitter.com/BangJapar_FI/status/1152192138848792577



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Bulan ini Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menerima penghargaan sebagai juara 1 Sustainable Transport Award (STA). Penghargaan tersebut patut kita syukuri dan bangga karena...

Covid-19

Suka tidak suka dan mau tidak mau harus diakui bahwa Jakarta leader dalam melawan Covid-19.

DKI Jakarta

Saya menganalisis data Banjir Jakarta Dalam Angka yang disajikan BPBD DKI 20 Februari 2021.

DKI Jakarta

Saya menyaksikan hujan lebat disertai angin kencang menghantam kawasan GBK DKI Jakarta. Saya berpendapat sangat diperlukan partisipasi serta kolaborasi masyarakat untuk cegah dan atasi...

Covid-19

Jakarta merupakan daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 cukup tinggi. Akan tetapi patut bersyukur, tingkat kematian warga cukup rendah. Bersama kita bisa melawan Covid-19.

DKI Jakarta

Kita sepatutnya berbangga dan bersyukur karena akhirnya Jakarta sebagai ibukota negara Republik Indonesia, memiliki armada transportasi yang maju dan modern. Transjakarta merupakan moda transportasi...

DKI Jakarta

Sekarang ini moda transportasi Transjakarta, MRT, LRT, Commuter Line, dan moda transportasi lainnya sudah terkoneksi (tersambung) semuanya. Integrasi Transjakarta Di Jak Lingko telah berhasil.

DKI Jakarta

Anies Baswedan & Elon Musk, pendiri Space X & Tesla, memperoleh penghargaan oleh Transformative Urban Mobility Initiative disingkat TUMI 21 Heroes 2021.