Connect with us

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi
kota tua, jakarta - twitter ayrasalvador

Wisata

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda. Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Pada Sabtu 27 Juli 2019, usai acara Seminar dan Halal Bihalal Asosiasi Perguruan Tinggi se Indonesia (Appertis) di Apartemen Ancol Mansion Jakarta, ketika pulang dikediaman di kawasan Cilandak Jakarta Selatan, saya dan isteri melintasi kota lama Jakarta. Saya menyaksikan bangunan lama termasuk stasiun kereta api kota yang merupakan bangunan peninggalan Belanda.

Sepanjang jalan saya menyaksikan ada bangunan lama yang sudah dipenuhi lumut dan sama sekali tidak terawat, sehingga mengganggu keindahan kota yang sedang dibangun dan dipercantik.

Diujung jalan Hayam Wuruk di seberang stopan bus TransJakarta Harmoni, saya menyaksikan bangunan lama besar disudut jalan, nampak tidak dimanfaatkan dan tidak dirawat.

Pada hal dari bangunan tersebut hanya menyeberang dengan jalan kaki sudah sampai di istana negara atau istana kepresidenan RI.

Saya melihat bangunan lama tersebut sangat mengganggu pandangan mata. Entah siapa pemiliknya, sebaiknya dibeli Pemerintah DKI untuk direnovasi dan dijadikan cagar budaya jika memiliki sejarah bahwa bangunan itu dibangun pada masa penjajahan Belanda. Jika tidak, bangunan itu dirubuhkan dan dijadikan taman kota.


Dijadikan Cagar Budaya

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda.

Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Sebagai warga DKI, saya apresiasi Gubernur Anies yang terus menata kota DKI, sehingga jalan-jalan semakin indah dengan tanaman bunga dan pepohonan.

Selain itu, saya usulkan bangunan lama yang memiliki sejarah, yang sekarang ini nampak terbengkalai, pemerintah Provinsi DKI sebaiknya peduli sehingga DKI semakin indah dan sedap dipandang mata.

Semoga tulisan pendek ini menjadi sumbangsih yang positif sebagai warga DKI dalam rangka partisipasi membangun DKI Jakarta, sehingga terwujud motto: Maju Kotanya Bahagia Warganya.


https://www.instagram.com/p/B0hRCdGg_BI/

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Peresmian empat gedung sekolah Net Zero 2022 dari SD Negeri Ragunan 08, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (28/9/2022) merupakan karya yang luar biasa karena...

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Mereka yang berpikiran jernih dan rasional dari suku, agama, ras dan antar golongan, pasti mengakui bahwa berbagai kebijakan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta...