Connect with us

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi
kota tua, jakarta - twitter ayrasalvador

Wisata

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda. Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Pada Sabtu 27 Juli 2019, usai acara Seminar dan Halal Bihalal Asosiasi Perguruan Tinggi se Indonesia (Appertis) di Apartemen Ancol Mansion Jakarta, ketika pulang dikediaman di kawasan Cilandak Jakarta Selatan, saya dan isteri melintasi kota lama Jakarta. Saya menyaksikan bangunan lama termasuk stasiun kereta api kota yang merupakan bangunan peninggalan Belanda.

Sepanjang jalan saya menyaksikan ada bangunan lama yang sudah dipenuhi lumut dan sama sekali tidak terawat, sehingga mengganggu keindahan kota yang sedang dibangun dan dipercantik.

Diujung jalan Hayam Wuruk di seberang stopan bus TransJakarta Harmoni, saya menyaksikan bangunan lama besar disudut jalan, nampak tidak dimanfaatkan dan tidak dirawat.

Pada hal dari bangunan tersebut hanya menyeberang dengan jalan kaki sudah sampai di istana negara atau istana kepresidenan RI.

Saya melihat bangunan lama tersebut sangat mengganggu pandangan mata. Entah siapa pemiliknya, sebaiknya dibeli Pemerintah DKI untuk direnovasi dan dijadikan cagar budaya jika memiliki sejarah bahwa bangunan itu dibangun pada masa penjajahan Belanda. Jika tidak, bangunan itu dirubuhkan dan dijadikan taman kota.


Dijadikan Cagar Budaya

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda.

Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Sebagai warga DKI, saya apresiasi Gubernur Anies yang terus menata kota DKI, sehingga jalan-jalan semakin indah dengan tanaman bunga dan pepohonan.

Selain itu, saya usulkan bangunan lama yang memiliki sejarah, yang sekarang ini nampak terbengkalai, pemerintah Provinsi DKI sebaiknya peduli sehingga DKI semakin indah dan sedap dipandang mata.

Semoga tulisan pendek ini menjadi sumbangsih yang positif sebagai warga DKI dalam rangka partisipasi membangun DKI Jakarta, sehingga terwujud motto: Maju Kotanya Bahagia Warganya.


https://www.instagram.com/p/B0hRCdGg_BI/

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa Covid-19 belum selesai. Kalau positif rate bisa 5% insya Allah kita masuk zona aman.

Covid-19

Tugas mulia yang kita harus emban saat ini dan di masa yang akan datang adalah mempertahankan prestasi yang dicapai dalam menurunkan penyebaran Covid-19, secara...

DKI Jakarta

Melalui kolaborasi, yakin rakyat Indonesia dan warga DKI Jakarta dapat atasi Covid-19 yang semakin berbahaya.

Covid-19

Saya mendesak supaya Indonesia menghentikan seluruh penerbangan internasional sementara. Demi kesuksesan PPKM Darurat dan terhindarnya Indonesia sebagai negara Episentrum Covid-19 Se-Dunia.

Covid-19

Alhamdulilah DKI Jakarta yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria mencapai rekor kesembuhan tertinggi di Indonesia sebanyak 14.856 orang.

Covid-19

Dalam upaya demi keselamatan warga DKI Jakarta pada masa kondisi darurat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria telah membuat 6...

Covid-19

Gubernur Anies Baswedan telah melakukan antisipasi untuk mengatasi ancaman krisis oksigen dan tabung di DKI Jakarta, sehingga rumah sakit di Jakarta semoga tidak akan...

Covid-19

Kebijakan Masjid ditutup dan rumah ibadah lain ditutup tidak tepat karena tidak dibarengi dengan di tutupnya sumber masuk varian Covid-19 terbaru di Indonesia dari...