Connect with us

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi
kota tua, jakarta - twitter ayrasalvador

Wisata

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda. Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Pada Sabtu 27 Juli 2019, usai acara Seminar dan Halal Bihalal Asosiasi Perguruan Tinggi se Indonesia (Appertis) di Apartemen Ancol Mansion Jakarta, ketika pulang dikediaman di kawasan Cilandak Jakarta Selatan, saya dan isteri melintasi kota lama Jakarta. Saya menyaksikan bangunan lama termasuk stasiun kereta api kota yang merupakan bangunan peninggalan Belanda.

Sepanjang jalan saya menyaksikan ada bangunan lama yang sudah dipenuhi lumut dan sama sekali tidak terawat, sehingga mengganggu keindahan kota yang sedang dibangun dan dipercantik.

Diujung jalan Hayam Wuruk di seberang stopan bus TransJakarta Harmoni, saya menyaksikan bangunan lama besar disudut jalan, nampak tidak dimanfaatkan dan tidak dirawat.

Pada hal dari bangunan tersebut hanya menyeberang dengan jalan kaki sudah sampai di istana negara atau istana kepresidenan RI.

Saya melihat bangunan lama tersebut sangat mengganggu pandangan mata. Entah siapa pemiliknya, sebaiknya dibeli Pemerintah DKI untuk direnovasi dan dijadikan cagar budaya jika memiliki sejarah bahwa bangunan itu dibangun pada masa penjajahan Belanda. Jika tidak, bangunan itu dirubuhkan dan dijadikan taman kota.


Dijadikan Cagar Budaya

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda.

Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Sebagai warga DKI, saya apresiasi Gubernur Anies yang terus menata kota DKI, sehingga jalan-jalan semakin indah dengan tanaman bunga dan pepohonan.

Selain itu, saya usulkan bangunan lama yang memiliki sejarah, yang sekarang ini nampak terbengkalai, pemerintah Provinsi DKI sebaiknya peduli sehingga DKI semakin indah dan sedap dipandang mata.

Semoga tulisan pendek ini menjadi sumbangsih yang positif sebagai warga DKI dalam rangka partisipasi membangun DKI Jakarta, sehingga terwujud motto: Maju Kotanya Bahagia Warganya.


https://www.instagram.com/p/B0hRCdGg_BI/

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Rocky Gerung, akademisi yang disebut para mahasiswa sebagai presiden akal sehat, dalam peluncuran buku karya Musni Umar yang diberi judul Maju Kotanya Bahagia Warganya.

Pendidikan

Rocky Gerung menggemparkan UIC. Saya tidak sangka seluruh mahasiswa universitas Ibnu Chaldun Jakarta mengidolakan Rocky Gerung.

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Penurunan kualitas demokrasi Indonesia, yang berhubungan dengan berlanjutnya represi atas oposisi, yang semakin bertambah dan terang-terangan.

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...