Connect with us

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi
kota tua, jakarta - twitter ayrasalvador

Wisata

Gubernur Anies: Sebaiknya Bangunan Kuno di Kota Lama dan Harmoni Dibeli dan Direnovasi

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda. Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Pada Sabtu 27 Juli 2019, usai acara Seminar dan Halal Bihalal Asosiasi Perguruan Tinggi se Indonesia (Appertis) di Apartemen Ancol Mansion Jakarta, ketika pulang dikediaman di kawasan Cilandak Jakarta Selatan, saya dan isteri melintasi kota lama Jakarta. Saya menyaksikan bangunan lama termasuk stasiun kereta api kota yang merupakan bangunan peninggalan Belanda.

Sepanjang jalan saya menyaksikan ada bangunan lama yang sudah dipenuhi lumut dan sama sekali tidak terawat, sehingga mengganggu keindahan kota yang sedang dibangun dan dipercantik.

Diujung jalan Hayam Wuruk di seberang stopan bus TransJakarta Harmoni, saya menyaksikan bangunan lama besar disudut jalan, nampak tidak dimanfaatkan dan tidak dirawat.

Pada hal dari bangunan tersebut hanya menyeberang dengan jalan kaki sudah sampai di istana negara atau istana kepresidenan RI.

Saya melihat bangunan lama tersebut sangat mengganggu pandangan mata. Entah siapa pemiliknya, sebaiknya dibeli Pemerintah DKI untuk direnovasi dan dijadikan cagar budaya jika memiliki sejarah bahwa bangunan itu dibangun pada masa penjajahan Belanda. Jika tidak, bangunan itu dirubuhkan dan dijadikan taman kota.


Dijadikan Cagar Budaya

Beberapa bangunan kuno di kota lama, sudah direnovasi dan telah menjadi icon untuk mengenang sejarah lama di masa penjajahan Belanda.

Selain itu, beberapa bangunan di kota lama DKI Jakarta dan sepanjang jalan di Gajah Mada dan Hayam Wuruk Jakarta yang memiliki sejarah lama, masa penjajahan Belanda, sebaiknya pemerintah DKI membelinya dan direnovasi.

Sebagai warga DKI, saya apresiasi Gubernur Anies yang terus menata kota DKI, sehingga jalan-jalan semakin indah dengan tanaman bunga dan pepohonan.

Selain itu, saya usulkan bangunan lama yang memiliki sejarah, yang sekarang ini nampak terbengkalai, pemerintah Provinsi DKI sebaiknya peduli sehingga DKI semakin indah dan sedap dipandang mata.

Semoga tulisan pendek ini menjadi sumbangsih yang positif sebagai warga DKI dalam rangka partisipasi membangun DKI Jakarta, sehingga terwujud motto: Maju Kotanya Bahagia Warganya.


https://www.instagram.com/p/B0hRCdGg_BI/

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Untuk mempromosikan bahwa Jakarta dan Indonesia, pandemi Covid-19 sudah bisa dikendalikan, sehingga Balap Mobil Listrik Formula E bisa dilaksanakan di Jakarta.

DKI Jakarta

Pesan Anies itu disampaikan kepada mahasiswa doktoral yang sedang belajar di London, Inggris, ketika memberi kuliah kepada mereka, saat Anies melakukan kunjungan kerja di...

DKI Jakarta

Menurut saya, demi menjaga ketahanan pangan, warga lebih memerlukan tersedianya pangan murah bersubsidi, ketimbang mereka diberi Bantuan Tunai Langsung (BLT) dengan harga bahan pokok...

DKI Jakarta

Jakarta telah dicanangkan oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sebagai global city (kota global). Jakarta Go Global, Jakarta mendunia harusnya dijadikan acuan, prime mover...

DKI Jakarta

Anies bersama Transjakarta berharap perjanjian kerjasama memperluas akses Transjakarta pada penyedia bus elektrik, tidak hanya lokal tapi juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris....

DKI Jakarta

Sarinah yang terletak di pusat jantung kota Jakarta merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 1962 di era Presiden Soekarno. BUMN...

Ramadhan 1443H

Salah satu spirit Idul Fitri 1 Syawal 1443 H ialah silaturahmi. Dalam rangka silaturahmi, puluhan juta umat Islam mudik di kampung halaman untuk silaturahmi,...

DKI Jakarta

Gubernur Anies dalam pesan Idul Fitri dihadapan jamaah yang memadati Pelataran Jakarta International Stadium mengatakan Pada lebaran kali ini, ia berpesan untuk menghargai keberagaman...