Connect with us

China Jadi Negara Terkuat Didunia Tahun 2050, Mimpi atau Mendekati Kenyataan
perempatan jalan yang sibuk di tengah area hong kong, china - unsplash florian wehde

Opini

China Jadi Negara Terkuat Didunia Tahun 2050, Mimpi atau Mendekati Kenyataan?

China mempunyai mimpi tahun 2050 yaitu China jadi negara terkuat di dunia. Ibrahim, mantan Wakil Duta Besar di RRC menyatakan hal tsb dalam diskusi terbatas FORDIS Kahmi 31/7/2019. Para pemimpin China menanamkan nasionalisme yang amat kuat terhadap rakyat China bahwa mereka harus bekerja keras untuk mengalahkan musuh mereka yaitu Amerika Serikat.

Ibrahim, mantan Wakil Duta Besar di RRC dalam diskusi terbatas FORDIS Kahmi – Forum Diskusi Insan Cita Sejahtera Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam di Kahmi Center (31/7/2019) mengatakan bahwa China mempunyai mimpi tahun 2050 yaitu China jadi negara terkuat di dunia.

Para pemimpin China menanamkan nasionalisme yang amat kuat terhadap rakyat China bahwa mereka harus bekerja keras untuk mengalahkan musuh mereka yaitu Amerika Serikat.

Untuk mewujudkan mimpi China, mereka mempunyai strategi jangka panjang untuk mengalahkan Amerika Serikat dan menguasai dunia. Strategi China tahun 2025 menguasai teknologi dan tahun 2050 menguasai dunia.


Kuasai Dunia

Semua langkah yang dilakukan RRC di dunia saat ini, tujuan akhirnya ialah untuk menguasai dunia.

Investasi China di Indonesia melalui sistem BOT, Direct Loan, dan Joint Ventura, merupakan langkah strategis yang dilakukan China untuk mewujudkan ambisinya menguasai dunia termasuk Indonesia.


Indonesia Hadapi Bahaya

Haryono, praktisi yang sangat berpengalaman di dunia maritim dalam Forum Diskusi Insan Cita Kahmi mengemukakan bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun karena menguasai infrastruktur darat, laut dan udara.

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka.menyerahkan pembangunan infrastruktur darat, laut dan udara kepada China, sama saja menyerahkan Indonesia dijajah oleh China. Prinsipnya siapa yang menguasai infrastruktur, dia menguasai negara itu.

Menurut Haryono, Indonesia tidak bisa melawan China, tetapi pemimpin Indonesia harus berani mengatakan tidak dalam rangka menjaga kedaulatan negara.


Masalah lain yang mengemuka dalam diskusi ialah sistem investasi BOT, memungkinkan China membawa segalanya dari China termasuk buruh kasar dibawa dari China. Investasi semacam ini tdak ada manfaatnya bagi bangsa Indonesia.

Demikian pula investasi yang bersifat Direct Loan, jika suatu proyek gagal bayar seperti pelabuhan Hambantota di Srilangka, China ambil alih pengelolaannaannya selama 99 tahun.

Peserta diskusi menyampaikan harapan supaya hati-hati dan cerdas dalam melakukan negosiasi dengan China agar Indonesia tidak jatuh dalam perangkap utang seperti yang dialami negara-negara lain di dunia.

Hadir dalam diskusi: Ibrahim dan Haryono sebagai.naramber, Dr. Hakim Sorimuda Pohan, Hasbi, Dr. Said, Dr. Gamari Sutrisno, Taufik Bahaudin, Winarno Zain, Achmad Marzuki, Musni Umar dan Rizki Berlian Pagala.

Berikut foto-foto kegiatan diskusi

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Opini

Keputusan harga Bahan Bakar Minyak BBM bersubsidi naik, pasti memberi dampak sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Covid-19

Para pemimpin di berbagai negara lengser dari kekuasaan disebabkan banyak faktor, tetapi faktor utama adalah ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan dampak negatif dari Konflik...

Pemilu

Partai Gelora Indonesia pada 29 Juni 2022 menyelenggarakan Gelora Talks ke-51 dengan narasumber Qiani, Peneliti Kompas, Ismail Fahmi, Founder Drone Emprit, Anis Matta, Ketua...

DKI Jakarta

Para relawan Anies Baswedan yang dibentuk berdasarkan inisiatif masing-masing, mereka telah menyuarakan jargon jangan pilih partai politik yang tidak dukung Anies.

Politik

Salah satu kegiatan yang membuat perayaan Milad PKS ke-20 semarak dan meriah karena sangat banyak usaha mikro, kecil dan menengah yang berpartisipasi membuka stand.

Politik

Hari ini 28 Syawal 1443 H bertepatan dengan 29 Mei 2022, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melaksanakan perayaan Milad PKS ke-20. Perayaan ini dilaksanakan di...

Politik

Peluncuran logo Munas KAHMI ke XI oleh Prof. Mahfud MD, Menko Polhukam RI yang juga Ketua Dewan Pakar Majelis Nasional KAHMI, didampingi Akbar Tandjung,...

Dunia Usaha

Sejatinya kenaikan harga kebutuhan rumah tangga sudah mengalami kenaikan sejak akhir Desember 2021. Sekarang ini (2022) semakin meningkat harganya dan menjadi tontonan yang kurang...