Connect with us

China Jadi Negara Terkuat Didunia Tahun 2050, Mimpi atau Mendekati Kenyataan
perempatan jalan yang sibuk di tengah area hong kong, china - unsplash florian wehde

Opini

China Jadi Negara Terkuat Didunia Tahun 2050, Mimpi atau Mendekati Kenyataan?

China mempunyai mimpi tahun 2050 yaitu China jadi negara terkuat di dunia. Ibrahim, mantan Wakil Duta Besar di RRC menyatakan hal tsb dalam diskusi terbatas FORDIS Kahmi 31/7/2019. Para pemimpin China menanamkan nasionalisme yang amat kuat terhadap rakyat China bahwa mereka harus bekerja keras untuk mengalahkan musuh mereka yaitu Amerika Serikat.

Ibrahim, mantan Wakil Duta Besar di RRC dalam diskusi terbatas FORDIS Kahmi – Forum Diskusi Insan Cita Sejahtera Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam di Kahmi Center (31/7/2019) mengatakan bahwa China mempunyai mimpi tahun 2050 yaitu China jadi negara terkuat di dunia.

Para pemimpin China menanamkan nasionalisme yang amat kuat terhadap rakyat China bahwa mereka harus bekerja keras untuk mengalahkan musuh mereka yaitu Amerika Serikat.

Untuk mewujudkan mimpi China, mereka mempunyai strategi jangka panjang untuk mengalahkan Amerika Serikat dan menguasai dunia. Strategi China tahun 2025 menguasai teknologi dan tahun 2050 menguasai dunia.


Kuasai Dunia

Semua langkah yang dilakukan RRC di dunia saat ini, tujuan akhirnya ialah untuk menguasai dunia.

Investasi China di Indonesia melalui sistem BOT, Direct Loan, dan Joint Ventura, merupakan langkah strategis yang dilakukan China untuk mewujudkan ambisinya menguasai dunia termasuk Indonesia.


Indonesia Hadapi Bahaya

Haryono, praktisi yang sangat berpengalaman di dunia maritim dalam Forum Diskusi Insan Cita Kahmi mengemukakan bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun karena menguasai infrastruktur darat, laut dan udara.

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka.menyerahkan pembangunan infrastruktur darat, laut dan udara kepada China, sama saja menyerahkan Indonesia dijajah oleh China. Prinsipnya siapa yang menguasai infrastruktur, dia menguasai negara itu.

Menurut Haryono, Indonesia tidak bisa melawan China, tetapi pemimpin Indonesia harus berani mengatakan tidak dalam rangka menjaga kedaulatan negara.


Masalah lain yang mengemuka dalam diskusi ialah sistem investasi BOT, memungkinkan China membawa segalanya dari China termasuk buruh kasar dibawa dari China. Investasi semacam ini tdak ada manfaatnya bagi bangsa Indonesia.

Demikian pula investasi yang bersifat Direct Loan, jika suatu proyek gagal bayar seperti pelabuhan Hambantota di Srilangka, China ambil alih pengelolaannaannya selama 99 tahun.

Peserta diskusi menyampaikan harapan supaya hati-hati dan cerdas dalam melakukan negosiasi dengan China agar Indonesia tidak jatuh dalam perangkap utang seperti yang dialami negara-negara lain di dunia.

Hadir dalam diskusi: Ibrahim dan Haryono sebagai.naramber, Dr. Hakim Sorimuda Pohan, Hasbi, Dr. Said, Dr. Gamari Sutrisno, Taufik Bahaudin, Winarno Zain, Achmad Marzuki, Musni Umar dan Rizki Berlian Pagala.

Berikut foto-foto kegiatan diskusi

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Sangat tragis penerbangan internasional rute Wuhan-CGK Jakarta yang membawa TKA China yang dilayani oleh Lion Air telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Cingkareng, Banten

Pemilu

Partai Ummat yang dibidani kelahirannya oleh Prof Dr M. Amien Rais dideklarasikan pendiriannya pada 17 Ramadan 1442H 29 April 2021 di Yogyakarta. Partai ini...

Politik

Krisis politik di Myanmar adalah akibat kudeta militer yang telah berlangsung selama hampir tiga bulan, yang diprotes rakyat Myanmar dengan berdemonstrasi yang dibalas oleh...

Pemilu

Sejarah pemilihan umum (pemilu) tahun 2019 cukup mengenaskan karena kematian massal panitia pemilu sebanyak 894 petugas dan petugas lainnya yang sakit ada 5175 orang.

DKI Jakarta

Sebagai sosiolog saya sangat bergembira melihat dinamika masyarakat yang kembali berdenyut akhir-akhir ini di Jakarta. Terlihat banyak kegiatan di Jakarta mulai berjalan seperti sebelum...

In Memoriam

Tidak ada kata dan kalimat yang patut kita ucapkan selain Inna lillahi wa Inna ilaihi Raji'un (Sesungguhnya kita milik Allah dan kepadaNya kita kembali)...

In Memoriam

Prof Dr H Beddu Amang, MA yang lahir di Ujung Pandang, 7 Agustus 1936 – meninggal 9 Januari 2021 dalam umur 84 tahun) adalah...

Covid-19

Saya kemukakan tahun 2020 merupakan tahun kesedihan karena hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia terpuruk ditengah ancaman corona.