Sandi Menapaki Indonesia Dengan Membangun Kewirausahaan OK OCE

 In Dunia Usaha, DKI Jakarta, Opini

Sandiaga Salahuddin Uno, Mantan Calon Wakil Presiden RI bertekad menasionalkan Gerakan Kewirausahaan OK OCE (Bisnis.com, 12 Feb 2019).

OK OCE adalah kepanjangan dari One Kecamatan One Center of Entrepreneurship. Konsep ini digagas Sandi dan Anies saat kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Setelah keduanya diberi amanah memimpin DKI, konsep tersebut diwujudkan di DKI Jakarta.

Sandi yang memiliki latar belakang sebagai pengusaha bertekad memasyarakatkan OK OCE sebagai gerakan nasional. Sandi menapaki Indonesia.


Setidaknya ada lima alasan, OK OCE ini penting diwujudkan dalam tataran operasional.

Pertama, untuk berpartisipasi memajukan kesejahteraan umum bangsa Indonesia sesuai Pembukaan UUD 1945.

Kedua, untuk mewujudkan sila kelima dari Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ketiga, untuk menciptakan pemerataan dalam bidang ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keempat, untuk melatih generasi muda membuka lapangan usaha dan lapangan kerja bagi generasi muda yang masih menganggur.

Kelima, untuk mewujudkkan keadilan dalam bidang ekonomi bagi seluruh bangsa Indonesia khususnya dari kalangan pribumi.


OK OCE Harapan Baru

Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI mengemukakan pentingnya mengembangkan kewirausahaan. Masjid menurutnya harus berperan dalam mengembangkan kewirausahaan (Detik.com, 19 Januari 2019).


Dalam rangka mengembangkan kewirausahaan, OK OCE hadir. Pertanyaannya apa saja yang dilakukan OK OCE untuk mengembangkan kewirausahaan?

Sepanjang yang tahu, OK OCE melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap pelaku usaha mikro, kecil, koperasi dan menengah (UMKM).

Dalam rangka membina dan mengembangkan UMKM, maka dilakukan pelatihan dan pendampingan.

Untuk mempercepat kemajuan UMKM, diperlukan fasilitas permodalan dan akses kepada berbagai proyek pemerintah, agar UMKM bisa memupuk modal.

Tujuan OK OCE adalah untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di DKI Jakarta, dan membuka lapangan kerja melalui kegiatan usaha seperti kuliner dengan aneka macam makanan khas daerah, fashion, aksesoris, jasa dan lain-lain.

Semoga OK OCE sebagai sebuah gerakan perubahan sukses mengubah peta sosiologis DKI Jakarta dibidang dunia usaha Indonesia, yang selama ini mayoritas kaum pribumi hanya sebagai pekerja (karyawan), diharapkan melalui OK OCE, generasi muda terpanggil menjadi wirausahawan.

Dalam mengakhiri tulisan ini, saya memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Sandiaga Salahuddin Uno yang melanjutkan perjuangan dalam mengembangkan OK OCE.

Saya mengajak para pembaca tulisan ini berpartisipasi memajukan OK OCE dengan membeli barang yang dijual OK OCE.

Semoga OK OCE menjadi sebuah gerakan perubahan yang sukses memajukan usahawan muda Indonesia dari kalangan pribumi.



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Sakitnya Pengalaman MemPHK dan Di PHK, Tapi Akhirnya SelamatPolemik Sampah di DKI: Anies Sudah On The Track Seperti Ibu Risma di Kota Surabaya