Connect with us

Idul Adha dan Inovasi Gubernur Anies Membagi Daging Hewan Kurban
usai salat dan bersilaturahmi, gubernur provinsi dki jakarta, anies baswedan, secara simbolis memberikan hewan kurban satu ekor sapi jenis limosin seberat 1,2 ton kepada panitia kurban pemprov dki jakarta tahun 2019

DKI Jakarta

Idul Adha 2019 dan Inovasi Gubernur Anies Membagikan Daging Hewan Kurban

Gagasan Anies, hewan kurban disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya secara syar’i, dan super bersih. Setelah pengelupasan kulit dengan menggunakan mesin pengelupas yang hanya memerlukan 5 menit, dilakukan pemisahan dengan organ lainnya, daging hewan kurban dicacah, bukan langsung dibagikan kepada orang-orang miskin, tetapi dikirim ke berbagai hotel bintang lima untuk dimasak oleh chef. Setelah dimasak, dimasukkan ke dalam kotak makanan siap saji untuk dibagikan kepada orang-orang miskin yang tinggal dikawasan padat, kumuh dan miskin yang sudah ditetapkan.

Pada 10 Zulhijjah 1440 H bertepatan 11 Agustus 2019, umat Islam yang sedang menunaikan ibadah haji akan melakakan wukuf di Arafah.

Pada saat itu umat Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji diperintahkan untuk melaksanakan shalat Idul Adha 2019 di Masjid atau di lapangan, dan selama tiga hari berturut-turut bagi mereka memiliki kelapangan rezeki diperintahkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan seperti sapi, domba atau kambing, yang dagingnya dibagikan kepada mereka yang miskin.

Perintah shalat dan berkurban ditegaskan oleh Allah dalam Alqur’an surat Al Kautsar, ayat (1-2).

“Sesungguhnya Kami telah memberi kepadamu kebaikan yang banyak, maka shalatlah kepada Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Berkurban bagi umat Islam, khususnya di Indonesia, telah menjadi budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahun, yang waktunya selama tiga hari yang disebut “ayyamut tasyriiq,” yaitu pada hari di arafah, saat wukuf dan jumrah di Mina.

Akan tetapi, penyembelihan hewan kurban pada umumnya dilaksanakan setelah shalat Idul Adha 2019. Daging hewan kurban yang telah dipotong dengan dicacah ukuran kecil, kemudian dibagikan kepada orang-orang miskin yang sudah antri berjam-jam di Masjid, tempat penyembelihan hewan kurban.


https://www.instagram.com/p/B08YGYXg5bb/
https://www.instagram.com/p/B1BIaaUAnNk/

Inovasi Pembagian Daging Kurban

Anies Baswedan, Gubernur Provinsi DKI Jakarta terkenal kaya dengan gagasan dan inovasi.

Salah satu inovasi yang amat menarik dan banyak mendapat acungan jempol dari netizen ialah gagasan Anies, hewan kurban disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya secara syar’i, dan super bersih.

Setelah pengelupasan kulit dengan menggunakan mesin pengelupas yang hanya memerlukan 5 menit, dilakukan pemisahan dengan organ lainnya, daging hewan kurban dicacah, bukan langsung dibagikan kepada orang-orang miskin, tetapi dikirim ke berbagai hotel bintang lima untuk dimasak oleh chef. Setelah dimasak, dimasukkan ke dalam kotak makanan siap saji untuk dibagikan kepada orang-orang miskin yang tinggal dikawasan padat, kumuh dan miskin yang sudah ditetapkan.

Sebagai sosiolog, saya memberi apresiasi inovasi yang dilakukan Gubernur Anies Baswedan dalam upaya memberi kebahagian dan kesenangan kepada orang-orang miskin yang tinggal dikawasan padat, kumuh dan miskin.

Saya menduga sepanjang hidup mereka belum pernah menikmati masakan hotel bintang lima, apalagi daging hewan kurban yang dimasak oleh ahli tukang masak yang disebut chef, yang kemudian melalui gagasan brilian Gubernur Anies Baswedan dibagikan kepada orang-orang miskin secara gratis.

Saya yakin mereka yang mendapat bagian dari daging hewan yang sudah disembelih secara syar’i di RPH dan dijamin kebersihan (higenitasnya), apalagi dimasak oleh chef dan siap saji, insya Allah semuanya bersyukur dan berterima kasih kepada Allah, kepada Gubernur Anies dan seluruh jajarannya serta para chef dan pemilik hotel yang telah berpartisipasi memberi kebahagiaan dan kesenangan kepada saudara kita yang belum beruntung dalam hidupnya.

Mereka yang belum mendapat bagian dari hewan kurban yang dimasak oleh chef di hotel bintang lima, semoga sabar dan berharap tahun depan lebih banyak yang berpartisipasi dalam berkurban, sehingga menjadi sebuah gerakan untuk membahagikan dan menyenangkan orang-orang miskin pada Hari Raya Idul Adha.

Semoga spirit berkurban Nabi Ibrahim AS. dan puteranya Nabi Ismail AS. bisa diteladani oleh seluruh bangsa Indonesia dalam membangun Indonesia raya yang maju, hebat dan besar.

Selamat Hari Raya Idul Adha 2019 – 10 Zukhijjah 1440 H.


https://www.instagram.com/p/B0_BinXgWDN/


Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Meningkatnya aktivitas warga DKI Jakarta di luar rumah, otomatis akan memberi dampak positif bagi peningkatan jumlah penumpang Transjakarta.

DKI Jakarta

Buku yang diberi tajuk Maju Kotanya Bahagia Warganya merupakan reportase tentang pelaksanaan 23 janji Anies-Sandi setelah menerima amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI...

DKI Jakarta

Jakarta dibangun dengan kolaborasi semua pihak termasuk Transjakarta. Transjakarta melayani warga sebagai moda transportasi massal yang maju dan modern di ibukota negara Republik Indonesia.

DKI Jakarta

Bank memiliki peran yang sangat penting dan strategis di dalam menopang pembangunan ekonomi nasional.

DKI Jakarta

Pertama kita bersyukur kepada Allah karena pandemi Covid-19 di DKI Jakarta dapat dikatakan sudah terkendali. Walaupun begitu, warga DKI Jakarta harus waspada dan ekstra...

DKI Jakarta

Dalam negara yang multi kultural, multi etnis, dan agama, apalagi dalam negara demokrasi, sangat wajar kalau kubu yang berbeda. Di dalam perbedaan, pasti banyak...

DKI Jakarta

Kebon Sirih tempat berkantornya anggota DPRD DKI Jakarta dibanjiri karangan bunga untuk dukungan interpelasi dari PDIP-PSI terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

DKI Jakarta

Suhu politik di DKI Jakarta, Ibukota negara Republik Indonesia memanas, setelah 2 Fraksi secara resmi mengajukan interpelasi kepada Gubernur Anies Baswedan menyangkut Formula E.