Musni Umar Socmed

Search

Selamat Bekerja Anggota DPRD DKI Jakarta Semoga Sukses Mengemban Amanat Rakyat
selamat kepada para anggota dprd provinsi dki jakarta periode 2019-2024 yang baru saja dilantik. mari kita bersama-sama mewujudkan keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua warga jakarta - twitter aniesbaswedan

DKI Jakarta

Selamat Bekerja Anggota DPRD DKI Jakarta Semoga Sukses Mengemban Amanat Rakyat

Hari ini, Senin, 26 Agustus 2019, sebanyak 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan akronim DPRD DKI Jakarta hasil pemilihan umum 17 April 2019, dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Jakarta. Pelantikan ini menandai berakhirnya masa bakti anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019, dan hadirnya anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2014.

Hari ini, Senin, 26 Agustus 2019, sebanyak 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan akronim DPRD DKI Jakarta hasil pemilihan umum 17 April 2019, dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Jakarta.

Pelantikan ini menandai berakhirnya masa bakti anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019, dan hadirnya anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2014.

Sebagai warga DKI Jakarta, perkenankan saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD DKI Jakarta, disertai doa semoga sukses menjadi wakil rakyat yang mengemban fungsi legislasi, fungsi anggaran, fungsi pengawasan, dan fungsi representatif.


Fungsi Legislasi

Rakyat sebagai pemilik kedaulatan, secara teoritis, melalui pemilihan umum, rakyat memilih para calon anggota DPRD DKI untuk mewakili kepentingan rakyat di DKI.

Salah satu kepentingan warga DKI Jakarta yang diemban para wakil rakyat di DKI Jakarta yang menjadi salah satu fungsi DPRD ialah membuat Peraturan Daerah (Perda).

Dalam rangka itu, harapan warga DKI Jakarta, dalam pembuatan Peraturan Daerah, harus memuat nilai-nilai kebenaran, keadilan, dan pemihakan kepada yang kecil.

Selama ini Undang-undang atau Peraturan Daerah dibuat untuk kepentingan penguasa dan pemodal, bukan kepentingan rakyat jelata.

Oleh karena itu, nasib rakyat jelata tidak pernah berubah. Walaupun Indonesia sudah merdeka 74 tahun, nasib rakyat dan keturunannya tetap susah dan menderita.

Maka, harapan warga DKI kepada anggota DPRD berbuatlah yang terbaik. buatlah Perda yang memberi pemihakan kepada rakyat. Dalam arti membesarkan yang kecil dan tidak mengecilkan yang besar.


Fungsi Anggaran

Fungsi lain yang dimiliki anggota DPRD DKI Jakarta ialah fungsi anggaran.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta dibuat bersama oleh anggota DPRD DKI bersama Gubernur DKI Jakarta.

Dalam menjalankan fungsi anggaran, anggota DPRD DKI dan Gubernur DKI “berdiri sama tinggi duduk sama rendah.”

Artinya kedua institusi tersebut, sama ada DPRD maupun Gubernur DKI bersama-sama membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diharapkan memberi pemihakan kepada wong cilik agar mereka bisa maju dan jaya di masa depan.


Fungsi Pengawasan

Fungsi lain yang dimiliki anggota DPRD ialah fungsi pengawasan.

Fungsi pengawasan ini sangat penting karena untuk mencegah berbagai kesalahan dan penyalahgunaan kekuasaan, mesti ada pengawasan.

Pengawasan wajib dilaksanakan karena dengan ada pengawasan, maka aparat pemerintah hati-hati dan waspada.

Oleh karena itu, pengawasan melekat wajib dilaksanakan, agar para petugas dilapangan bisa menjalankan fungsi dengan baik supaya baldatun thayyibatun dan warabbun gafur.”


Fungsi Representasi

Warga DKI banyak berharap kepada anggota DPRD DKI agar melaksanakan semua fungsi DPRD dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Selain itu, suka tidak suka dan mau tidak mau, seluruh anggota DPRD DKI harus menjadi representatif (perwakilan) bagi seluruh warga DKI yang multi etnis multi agama, suku bangsa, dan asal usul.

Fungsi representatif ini sangat penting supaya warga DKI memiliki perwakilan yang bisa memperjuangkan dan melakukan pengawasan terhadap perbaikan nasib rakyat jelata di DKI dan jembatan untuk disampaikan kepada Gubernur DKI dan warga DKI Jakarta. Harapannya DKI terus tumbuh, bersatu dan maju.



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengkutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Covid-19

Suka tidak suka dan mau tidak mau harus diakui bahwa Jakarta leader dalam melawan Covid-19.

DKI Jakarta

Saya menganalisis data Banjir Jakarta Dalam Angka yang disajikan BPBD DKI 20 Februari 2021.

DKI Jakarta

Saya menyaksikan hujan lebat disertai angin kencang menghantam kawasan GBK DKI Jakarta. Saya berpendapat sangat diperlukan partisipasi serta kolaborasi masyarakat untuk cegah dan atasi...

Covid-19

Jakarta merupakan daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 cukup tinggi. Akan tetapi patut bersyukur, tingkat kematian warga cukup rendah. Bersama kita bisa melawan Covid-19.

DKI Jakarta

Kita sepatutnya berbangga dan bersyukur karena akhirnya Jakarta sebagai ibukota negara Republik Indonesia, memiliki armada transportasi yang maju dan modern. Transjakarta merupakan moda transportasi...

DKI Jakarta

Sekarang ini moda transportasi Transjakarta, MRT, LRT, Commuter Line, dan moda transportasi lainnya sudah terkoneksi (tersambung) semuanya. Integrasi Transjakarta Di Jak Lingko telah berhasil.

DKI Jakarta

Anies Baswedan & Elon Musk, pendiri Space X & Tesla, memperoleh penghargaan oleh Transformative Urban Mobility Initiative disingkat TUMI 21 Heroes 2021.

Covid-19

Trans Jakarta memberi perhatian yang besar terhadap pencegahan penyebaran Covid-19. Semua calon penumpang diukur suhu badannya ketika menuju halte pemberangkatan.