Selamat Bekerja Anggota DPRD DKI Jakarta Semoga Sukses Mengemban Amanat Rakyat

 In DKI Jakarta, Pemilu

Hari ini, Senin, 26 Agustus 2019, sebanyak 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan akronim DPRD DKI Jakarta hasil pemilihan umum 17 April 2019, dilantik oleh Kepala Pengadilan Negeri Jakarta.

Pelantikan ini menandai berakhirnya masa bakti anggota DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019, dan hadirnya anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2014.

Sebagai warga DKI Jakarta, perkenankan saya mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD DKI Jakarta, disertai doa semoga sukses menjadi wakil rakyat yang mengemban fungsi legislasi, fungsi anggaran, fungsi pengawasan, dan fungsi representatif.


Fungsi Legislasi

Rakyat sebagai pemilik kedaulatan, secara teoritis, melalui pemilihan umum, rakyat memilih para calon anggota DPRD DKI untuk mewakili kepentingan rakyat di DKI.

Salah satu kepentingan warga DKI Jakarta yang diemban para wakil rakyat di DKI Jakarta yang menjadi salah satu fungsi DPRD ialah membuat Peraturan Daerah (Perda).

Dalam rangka itu, harapan warga DKI Jakarta, dalam pembuatan Peraturan Daerah, harus memuat nilai-nilai kebenaran, keadilan, dan pemihakan kepada yang kecil.

Selama ini Undang-undang atau Peraturan Daerah dibuat untuk kepentingan penguasa dan pemodal, bukan kepentingan rakyat jelata.

Oleh karena itu, nasib rakyat jelata tidak pernah berubah. Walaupun Indonesia sudah merdeka 74 tahun, nasib rakyat dan keturunannya tetap susah dan menderita.

Maka, harapan warga DKI kepada anggota DPRD berbuatlah yang terbaik. buatlah Perda yang memberi pemihakan kepada rakyat. Dalam arti membesarkan yang kecil dan tidak mengecilkan yang besar.


Fungsi Anggaran

Fungsi lain yang dimiliki anggota DPRD DKI Jakarta ialah fungsi anggaran.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta dibuat bersama oleh anggota DPRD DKI bersama Gubernur DKI Jakarta.

Dalam menjalankan fungsi anggaran, anggota DPRD DKI dan Gubernur DKI “berdiri sama tinggi duduk sama rendah.”

Artinya kedua institusi tersebut, sama ada DPRD maupun Gubernur DKI bersama-sama membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diharapkan memberi pemihakan kepada wong cilik agar mereka bisa maju dan jaya di masa depan.


Fungsi Pengawasan

Fungsi lain yang dimiliki anggota DPRD ialah fungsi pengawasan.

Fungsi pengawasan ini sangat penting karena untuk mencegah berbagai kesalahan dan penyalahgunaan kekuasaan, mesti ada pengawasan.

Pengawasan wajib dilaksanakan karena dengan ada pengawasan, maka aparat pemerintah hati-hati dan waspada.

Oleh karena itu, pengawasan melekat wajib dilaksanakan, agar para petugas dilapangan bisa menjalankan fungsi dengan baik supaya baldatun thayyibatun dan warabbun gafur.”


Fungsi Representasi

Warga DKI banyak berharap kepada anggota DPRD DKI agar melaksanakan semua fungsi DPRD dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Selain itu, suka tidak suka dan mau tidak mau, seluruh anggota DPRD DKI harus menjadi representatif (perwakilan) bagi seluruh warga DKI yang multi etnis multi agama, suku bangsa, dan asal usul.

Fungsi representatif ini sangat penting supaya warga DKI memiliki perwakilan yang bisa memperjuangkan dan melakukan pengawasan terhadap perbaikan nasib rakyat jelata di DKI dan jembatan untuk disampaikan kepada Gubernur DKI dan warga DKI Jakarta. Harapannya DKI terus tumbuh, bersatu dan maju.



Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Jakarta Ibukota Negara: Roh Indonesia Merdeka, Apa Urgensinya Memindahkan Ibukota ke Kalimantan?Anies Beri Contoh Bangun Demokrasi: Tidak Gunakan Kekuasaan Ubah Peta Politik di DKI Jakarta