Connect with us

Pohon Mangga, Sukun, Durian dan Nangka Bisa Perindah Kota Jakarta
para siswa dari 100 sekolah se-DKI menanam sansiviera dan sirih gading di lingkungan sekolahnya, ini merupakan bagian dari gerakan #200taman2jutatanaman - instagram dkijakarta

DKI Jakarta

Pohon Mangga, Sukun, Durian dan Nangka Bisa Perindah Kota Jakarta

Gubernur Anies Baswedan dan pemerintah provinsi DKI Jakarta sedang giat-giatnya memperindah Jakarta dengan memperluas tempat jalan kaki, menanam bunga dan pepohanan disamping jalan, sehingga Jakarta nampak asri dan indah dipandang mata. Semua perubahan dalam memperindah Jakarta, sangat diapresiasi sebab saya merasakan nikmatnya setiap jalan kaki dalam Car Free Day di Jalan Jend. Sudirman dan jalan MH Thamrin Jakarta.

Gubernur Anies Baswedan dan pemerintah provinsi DKI Jakarta sedang giat-giatnya memperindah Jakarta dengan memperluas tempat jalan kaki, menanam bunga dan pepohanan disamping jalan, sehingga Jakarta nampak asri dan indah dipandang mata.

Semua perubahan dalam perindah kota Jakarta, sangat diapresiasi sebab saya merasakan nikmatnya setiap jalan kaki dalam Car Free Day di Jalan Jend. Sudirman dan jalan MH Thamrin Jakarta.

Sebagai warga DKI Jakarta, saya mensyukuri keindahan Jakarta yang digagas Gubernur Anies, kemudian dinarasikan dan dijalankan oleh jajaran pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sehingga menjadi karya yang indah dan menyenangkan.

https://www.instagram.com/p/B1S2IFPAgzK/


Menanam Pohon

Salah satu bagian dari upaya perindah kota Jakarta, membuat teduh, dan mengurangi polusi di DKi Jakarta dengan menanam pohon.

Pertanyaan saya yang bukan pakar kehutanan, apa tidak sebaiknya dalam mewujudkan gagasan untuk membuat teduh, indah dan mengurangi polusi, pepohonan yang ditanam adalah pohon yang memberi nilai tambah dan manfaat ekonomi seperti mangga harum manis, nangka, jeruk, sukun?

Dr. Akrab, alumnus Institut Pertanian Bogor (IPB) meyakinkan kepada saya bahwa dalam rangka mewujudkan visi dan misi Gubernur Anies Baswedan, diantaranya memperindah, membuat teduh dan mengurangi polusi di Jakarta, sangat tepat jika pepohonan yang ditanam di DKI Jakarta mempunyai nilai tambah ekonomi.

Pohon sukun sebagai contoh ternyata daunnya mempunyai banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Buah sukun sudah dikenal luas di Indonesia dan sangat lezat. Akan tetapi daunnya mempunyai juga banyak manfaat. Para dokter menjelaskan, daun sukun mempunyai setidaknya 10 khasiat.

Pertama, mengatasi penyakit jantung.
Kedua, menurunkan kolestrol.
Ketiga, mengobati penyakit ginjal.
keempat, mengatasi penyakit maag.
Kelima, mengatasi penyakit asam urat.
Keenam, menstabilkan kadar gula darah.
Ketujuh, mengatasi penyakit liver.
Kedelapan, mengatasi sakit gigi
Kesembilan, mengatasi penyakit tulang.
Kesepuluh, mengatasi peradangan kulit.
(sumber doktersehat.com)


https://www.instagram.com/p/B1Yi9PhAGIK/

Dengan demikian menanam berbagai macam pohon di DKI Jakarta, sebaiknya yang mempunyai manfaat ganda, selain buahnya bisa makan dan lezat, tetapi juga daunnya memiliki banyak khasiat untuk obat bagi warga DKI Jakarta.

Semoga tulisan ini menginspirasi pengambil kebijakan di DKI Jakarta untuk mengubah kebiasaan lama dari menanam dan memelihara pohon yang hanya sekedar alat pelindung panas, penghias kota dan pengurang polusi, untuk menanam pohon yang memberi manfaat ganda.

Pertama, sebagai pohon yang selama ini ditanam dan dipelihara di DKI Jakarta. Kedua, pohon yang memberi nilai lebih, selain sebagai pelindung, pengurang polusi, dan penghias kota, juga memberi nilai ekonomi – bisa dijual dan dimakan warga seperti mangga, jeruk, nangka dan sukun. Selain itu, daunnya bisa menjadi obat bagi warga DKI Jakarta yang sakit seperti daun sukun.

Berikut foto-foto aktivitas penanaman pohon dan tanaman di taman DKI Jakarta

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

DKI Jakarta

Jakarta International Stadium (JIS) didukung dengan dua lapangan berstandar internasional. Lapangan ini sudah diresmikan lebih dulu, bisa disewa oleh publik dengan biaya mulai Rp...