Connect with us

Kota Kendari Maju Kotanya, Maju UMKM Dan Banyak Universitas Berkualitas
masjid al alam, lalolara, kota kendari, sulawesi tenggara - google map

Wisata

Kota Kendari Maju Kotanya, Maju UMKM Dan Banyak Universitas Berkualitas

Kota Kendari Maju Kotanya, ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, yang saya kunjungi pada 13-15 September 2019, sudah banyak mengalami kemajuan. Dalam rangka melindungi UMKMK, pemerintah kota Kendari tidak memberi izin beroperasinya Indomaret dan Alfa Mart di kota Kendari. Selain itu, tumbuh generasi yang lebih berpendidikan yang merupakan cikal bakar lahir kelas menengah baru, karena di kota Kendari telah berdiri setidaknya lima universitas yaitu Universitas Haluoleo (Unhalu), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Universitas Sulawesi Tenggara (UNSULTRA), Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (UNU SULTRA).

Kota Kendari Maju Kotanya, ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, yang saya kunjungi pada 13-15 September 2019, sudah banyak mengalami kemajuan.

Paling tidak ada tiga indikator untuk memastikan bahwa kota Kendari telah maju seperti ibukota di luar pulau Jawa.

Pertama, sarana prasarana, nampak jalan-jalan sudah mulus seperti DKI Jakarta. Salah satu prasarana jalan yang amat menarik, akan selesai Februari 2020 yaitu jembatan yang cukup panjang yang menghubungkan kota lama Kendari yang disebut Kandai melintasi teluk Kendari menembus Bungku Toko. Pada malam hari akan sangat indah pemandangannya ketika di sorot lampu.

Kedua, prasarana ibadah bagi umat Islam yaitu Masjid Al Alam cukup indah, yang terletak ditengah Teluk Kendari. Sarana ibadah ini menjadi salah satu ikon keindahan kota Kendari.

Ketiga, usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi mengalami kemajuan. Hal itu terjadi karena Pemerintah kota Kendari memberi perlindungan dan tempat kepada UMKM.

Di Mandonga kota Kendari dibangun Hall yang luas tempat berdagang para UMKM. Begitu pula dibangun pasar (mall) di kota lama, Mandonga dan Wua-Wua.

Disamping itu, diberi pula tempat usaha kuliner di sekitar tugu persatuan, dan di Kendari Beach. Pada malam Ahad (13/9), saya menyaksikan sangat ramai dikunjungi warga yang mau makan malam.


Indomaret dan Alfa Mart

Dalam rangka melindungi UMKM, pemerintah kota Kendari tidak memberi izin beroperasinya Indomaret dan Alfa Mart di kota Kendari.

Dalam perbincangan dengan H. Sulkarnain, SE, ME, Walikota Kendari saat makan malam usai acara tunangan Rizki Berlian Pagala dan Ines Amalia Amanda bersama Dr. H. Ruksamin, Bupati Konawe Utara, saya mengemukakan dukungan kepada Walikota Kendari yang tidak memberi izin beroperasinya Indomaret dan Alfa Mart di kota Kendari.

Saya mengatakan, kalau Pak Walikota memberi izin kepada Indomaret dan Alfa Mart, maka usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi yang sudah dibina dan dikembangkan, akan bangkrut.

UMKM pasti tidak bisa bersaing dengan Indomaret dan Alfa Mart yang merupakan sindikat usaha milik para konglomerat yang dibangun dari hulu sampai hilir.


Banyak Universitas Berkualitas

Satu hal yang mengesankan dalam otonomi daerah, tumbuh kelas menengah. Indikator tumbuhnya kelas menengah, pada saat saya dan isteri keluar dari bandar udara Haluoleo Kendari, sopir yang menjemput kami mengatakan, dia tidak bisa mendapatkan tempat parkir, penuh dengan mobil penjemput. Dalam perjalanan pulang ke kediaman adik saya di Jalan Torada Kendari, saya menyaksikan banyak mobil yang seliweran dan parkir di berbagai restoran.

Selain itu, tumbuh generasi yang lebih berpendidikan yang merupakan cikal bakar lahir kelas menengah baru, karena di kota Kendari telah berdiri setidaknya lima universitas yaitu Universitas Haluoleo (Unhalu), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), Universitas Sulawesi Tenggara (UNSULTRA), Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (UNU SULTRA).

Semoga kota Kendari di masa depan semakin meningkatkan pengembangan sumber daya manusia dengan memberi beasiswa kepada generasi muda untuk menimba ilmu pengetahuan di Jakarta dan luar negeri, karena SDM Unggul Kendari Maju.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

DKI Jakarta sebagai kota jasa, sumber penerimaan yang amat signifikan adalah dari sektor jasa. Salah satu sektor yang sangat potensial ialah pariwisata (pelancongan).

Sosial

Sebagaimana provinsi lain di Kawasan Timur Indonesia, tidak mudah bagi mereka yang hidup di Kawasan Indonesia Barat ataupun yang lahir dan hidup di Barat...

Wisata

Pada pukul 11.00 WIT kami mengunjungi Istana Kesultanan Islam Bacan. Kesultanan Islam Bacan didirikan pada 1521 dan dibubarkan setelah Indonesia merdeka 1945. Kami diterima...

Wisata

Alhamdulillah kami silaturrahim ke Keraton Kesultanan Bacan di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Awalnya, Pak Abu, sang sopir yang menjemput, kemudian membawa kami keliling kota...

Wisata

Di sebutkan bahwa kesultanan Islam yang pertama dan tertua di Nusantara adalah kesultanan Ternate, yang didirikan Murhum tahun 1257. Kesultanan Gapi atau yang lebih...

Wisata

Sahabat saya Usman Sidik, SH, Bupati Halmahera Selatan terpilih yang akan dilantik Gubernur Maluku Selatan tanggal 24 Mei 2021, mengundang saya, Edy Haryanto, Ketua...

Opini

Pendidikan adalah investasi yang mahal dan bersifat jangka panjang. Maka, pemimpin yang tidak memiliki visioner, lebih memilih pembangunan ekonomi dengan membangun jalan, jembatan dan...

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...