Connect with us

Rocky Gerung dan Musni Umar Diskusi Buku Jendela Akal Sehat
siang ini saya bersama rocky gerung dan sutrisno m dalam dialog buku, jendela akal sehat di pasar kenari lama - twitter musniumar

Pendidikan

Rocky Gerung dan Musni Umar Diskusi Buku Jendela Akal Sehat

Para pendiri bangsa dan negara republik Indonesia seperti Soekarno, Mohamad Hatta, M. Natsir, Syahrir, Wahid Hasyim, Tan Malaka, Kasman Singodimedjo dan lain-lain, menjadikan buku sebagai teman hidup. Para pejuang Indonesia yang ditahan dan diasingkan oleh Belanda, yang menemani mereka dalam pengasingan adalah buku. Hal itu dikemukakan Rocky Gerung dalam diskusi bertajuk “Buku, Jendela Akal Sehat” di Jakbook Pasar Kenari Lama Jakarta (20/9/2019).

Para pendiri bangsa dan negara republik Indonesia seperti Soekarno, Mohamad Hatta, M. Natsir, Syahrir, Wahid Hasyim, Tan Malaka, Kasman Singodimedjo dan lain-lain, menjadikan buku sebagai teman hidup.

Para pejuang Indonesia yang ditahan dan diasingkan oleh Belanda, yang menemani mereka dalam pengasingan adalah buku. Hal itu dikemukakan Rocky Gerung dalam diskusi bertajuk “Buku, Jendela Akal Sehat” di Jakbook Pasar Kenari Lama Jakarta (20/9/2019).

Rocky Gerung mengemukakan, gagasan besar Indonesia merdeka lahir dari membaca buku. Tidak ada gagasan besar tanpa membaca buku.

Musni Umar mengemukakan bahwa secara ideologis, bangsa Indonesia sejatinya menjadi pencinta dan pembaca buku karena dalam Pembukaan UUD 1945 diperintahkan untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa.” Sarana mencerdaskan bangsa adalah membaca buku.

Selain itu, secara teologis, lima ayat dalam Alqur’an yang pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dimulai dengan perintah membaca “iqra” dan diakhiri “allazii allama bilqalam” (yang mengajarkan menggunakan pena untuk menulis).

Bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim sejatinya membaca buku sudah menjadikan budaya begitu pula dalam menulis.

Akan tetapi, budaya membaca apalagi budaya menulis masih langka di Indonesia. Oleh karena itu, kita apresiasi dan dukung gagasan Gubernur Anies Baswedan menyediakan buku dibanyak tempat termasuk di MRT, serta memberi tempat yang nyaman untuk berjualan buku murah di Pasar Kenari Lama Salemba Jakarta.

Buku, bukan hanya jendela akal sehat, tetapi jendela ilmu dan jendela dunia. Dengan membudayakan baca buku akan hadir kecerdeasan berpikir, kecerdasan akal dan kecerdasan dalam berprilaku yang baik dalam pergaulan.

Lebih dari itu, menjadikan membaca dan menulis sebagai budaya akan menghadirkan kebahagiaan dan kemajuan seluruh bangsa Indonesia.

Talk show “Buku, Jendela Akal Sehat” dipandu Dr Sutrisno Muslimin, dihadiri Arief Nasrudin, Direktur Utama PD Pasar Jaya, dan ratusan peserta diskusi termasuk dosen dan mahasiswa Universitas Ibnu Chaldun Jakarta serta aktivis HMI dari berbagai daerah yang baru selesai melakukan Latihan Kepemimpinan.

Berikut foto-foto kegiatan diskusi bertajuk “Buku, Jendela Akal Sehat”

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun sore ini (21/9) menyampaikan ceramah dihadapan mahasiswa (i) baru Universitas Ibnu Chaldun.

Opini

Pentingnya Indonesia menggenjot pendidikan yang berkualitas di semua jenjang pendidikan, karena kita tengah mengalami bonus demografi, yang diperkirakan mencapai puncaknya pada 2030.

Pendidikan

Musni Umar kembali terpilih menjadi Rektor Universitas Ibnu Chaldun periode 2022-2026.

Pendidikan

Pada 8 Agustus 2022, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Ibnu Chaldun menyelenggarakan Seminar Internasional dengan judul Democracy in Malaysia and Indonesia a Comparative...

Pendidikan

Anggota DPR RI Elnino Husein Mohi dalam kuliah umumnya yang bertema Konstitusi, Opini Deparpolitisasi dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia mengatakan bahwa konstitusi tertinggi...

Pendidikan

Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati tahun ini, menurut saya pilar utamanya adalah pendidikan.

Pendidikan

Apa yang saya lakukan, akhirnya memberi dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Universitas Ibnu Chaldun. Karena melalui bantuan beasiswa tersebut saya lobby ke mana-mana,...

Pendidikan

Musni Umar, Rektor Universitas Ibnu Chaldun pada saat silaturrahim dan rapat pimpinan universitas dan pimpinan fakultas mengemukakan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan kemajuan Universitas Ibnu...