2 Tahun Anies Baswedan Pimpin DKI: Jakarta Telah Berubah Lebih Maju

 In DKI Jakarta, Budaya, Lainnya

Pada 16 Oktober 2019, Anies Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno genap 2 tahun memimpin DKI Jakarta.

Sandiaga Salahuddin Uno hanya bersama Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta selama lebih kurang 1 tahun, karena dia mengundurkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta karena dicalonkan Gerindra, PKS dan PAN sebagai Wakil Presiden RI.

Sandiaga Salahuddin Uno mengundurkan diri sebagai Wakil Gubernur pada 27 Agustus 2018 pada saat menyampaikan pidato dihadapan anggota DPRD DKI Jakarta.

Sejak saat itu, Anies Baswedan hanya menjadi seorang diri yang menjalankan visi dan misi Gubernur-Wakil Gubernur DKI dan kontrak politik dengan warga pada saat kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2016-2017.

Kontrak politik yang ditanda-tangani Anies-Sandi dengan berbagai komunitas di DKI yang mewakili warga DKI, setidaknya ada 23 janji yang akan dilaksanakan Anies-Sandi, jika diberi amanah untuk memimpin Jakarta.

View this post on Instagram

Pemprov DKI Jakarta meresmikan 32 tempat Penitipan Anak (TPA) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) Negeri di wilayah DKI Jakarta, baik berlokasi di kantor-kantor Walikota Administrasi, Kcamatan, Kelurahan, hingga Pasar Jaya.⁣ ⁣⁣ Penambahan TPA dan SPS ini penting karena usia dini adalah fase krusial dimana pendidikan pertama kali diberikan. Selain itu, keberadaannya membuat orangtua lebih tenang dalam bekerja dan anak-anak pun bisa bermain dengan leluasa.⁣ ⁣ Saat ini, Pemprov DKI sedang menyiapkan roadmap untuk membangun lebih banyak lagi TPA dan SPS di Jakarta.⁣ ⁣ Wujud komitmen dari ikhtiar bersama agar semua anak di Jakarta mendapat pendidikan usia dini.⁣ ⁣ #DKIJakarta #Jakarta #PemprovDKIJakarta⁣ #Aniesbaswedan #PAUD⁣ #SPS⁣ #TPA⁣ #PendidikanAnakUsiaDini⁣ #TamanPenitipanAnak⁣ #Jaki #PerluTahu

A post shared by Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta) on


Anies Penuhi Janji

Setelah Anies-Sandi diberi amanah memimpin DKI Jakarta, janji Anies-Sandi kepada warga DKI Jakarta dipenuhi satu demi persatu.

Salah satu janji Anies-Sandi yang dipenuhi ialah stop reklamasi. Anies stop reklamasi sesuai janjinya.

Penyetopan reklamasi menghadirkan kekaguman berbagai pihak. Akan tetapi Anies menyadari terdapat satu pulau, jika tidak salah pulau G sudah dibangun sarana prasarana termasuk berbagai toko dan bangunan.

Semua bangunan toko dan bangunan lainnya dibangub berdasarkan landasan hukum, seperti Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Gubernur (Pergub) dan IMB, sehingga tidak mungkin merubuhkan berbagai bangunan yang telah dibangun oleh pengembang (developer).

Oleh karena pengembang sudah memenuhi syarat, maka sesuai permintaan yang diajukan, Anies kemudian mengeluarkan sertifikat.

Dampak dari kebijakan tersebut, telah menimbulkan serangan dari lawan-lawan politik Anies dengan macam-macam tuduhan untuk merusak citra Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Anies menjawab berbagai serangan dengan menyampaikan fakta bahwa mereka membangun secara legal, ada Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Gubernur (Pergub), Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagai alas hukum.

Oleh karena perusahaan yang membangun di pulau reklamasi (pulau G) mempunyai alas hukum yang kuat, maka pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberi Sertifikat sebagai bukti pemilikan. Akan tetapi pembuatan pulau reklamasi yang lain sudah distop-tidak bisa lagi dilanjutkan pembangunannya.

Adapun janji Anies yang belum bisa dipenuhi ialah penjualan saham bir milik Provinsi DKI Jakarta karena untuk menjual saham DKI dimanapun harus ada persetujuan dari DPRD DKI yang diwakili pimpinan DPRD DKI Jakarta.


Anies Telah Ubah Jakarta

Tidak bisa disangkal bahwa DKI Jakarta dibawah Anies Baswedan, setidaknya telah mengubah DKI dari tiga aspek. Pertama, warga DKI Jakarta merasa bahagia dibawah kepemimpinan Anies Baswedan. Hasil survei yang dirilis beberapa waktu lalu menyebutkan, sebesar 74% warga DKI merasa bahagia.

Kedua, DKI Jakarta semakin indah. Sejak Anies memimpin DKI, jalan-jalan di Jakarta semakin diperindah dengan tanaman bunga, taman-taman kota diperbanyak dengan tanaman bunga dan pepohonan, sehingga Jakarta semakin indah dan menyenangkan warga.

Ketiga, pemihakan kepada yang kecil. Anies memberi pemihakan kepada warga yang kurang mampu pada tiga aspek:
1) pendidikan dengan program Kartu Jakarta Pintar Plus (KPJP Plus) dan pemberian beasiswa kepada para mahasiswa.
2) ekonomi dengan program pemihakan kepada usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi.
3) tempat tinggal seperti rumah DP 0 %, penyediaan rumah bekas gusuran akuarium di dekat pelabuhan Sunda Kepala.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa selama 2 tahun Anies memimpin DKI Jakarta telah sukses mewujudkan janji-janjinya, sehingga Jakarta telah berubah menjadi lebih hijau, lebih maju dan lebih bahagia warganya.

Diyakini 3 tahun mendatang, wajah DKI Jakarta akan semakin berubah menjadi kota metropolitan yang maju kotanya dan bahagia warganya.

View this post on Instagram

Sore tadi bersepeda bersama Walikota dan Wawali Jakarta Utara, menyusuri pesisir Jakarta dari Ancol sampai Kampung Akuarium.⁣ ⁣ Kampung Akuarium adalah salah satu kampung bersejarah yang terlibat dalam Community Action Plan, untuk menata kembali kampung mereka pasca penggusuran 2016. Tadi kita diajak melihat kebun bersama yang dikelola oleh warga, di belakang shelter sementara Kampung Akuarium.⁣ ⁣ Hasil perencanaan kampung Akuarium bersama warga telah tuntas, bisa teman-teman lihat hasilnya di Instagram @kampung_akuarium. InsyaAllah pembangunannya akan kita mulai pada 2020 mendatang.⁣ ⁣ Kampung Akuarium akan menjadi kampung wisata bahari yang ramah lingkungan dan tetap menghormati situs sejarah di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa. Menghidupkan kembali salah satu spot wisata di utara Jakarta.⁣ ⁣ Dari Kampung Akuarium lalu gowes ke kawasan Kota Tua, juga kawasan bersejarah di Jakarta yang selalu ramai dengan wisatawan. Apakah teman-teman termasuk yang suka jalan-jalan ke sini?⁣ ⁣ #JakartaRamahBersepeda⁣ #JakartaUtara⁣ #KampungAkuarium⁣ #JakartaBarat⁣ #KotaTua

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Lawatan di Malaysia: Jadikan Bahasa Melayu Bahasa DuniaPemikiran Ibnu Khaldun: Motivasi Agama dan Ashabiyah Jadi Perekat Indonesia