Selamat Diiringi Doa Semoga Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin Sukses

 In Politik, Opini

Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin pada 20 Oktober 2019 dilantik menjadi Presiden RI dan Wakil Presiden RI.

Sehubungan itu, kita ucapkan selamat diiringi doa dan harapan semoga Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf bisa mengemban amanah dengan baik dan sukses.


Hadapi Tantangan

Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf Amin yang dilantik menjadi Presiden RI dan Wakil Presiden RI menghadapi situasi internal dan eksternal yang tidak mudah.

Oleh karena itu, dalam menghadapi masalah berat diperlukan leadership dengan fokus pada program skala prioritas dan para menteri harus bekerja sebagai dream team untuk menyukseskan program skala prioritas.

Adapun tantangan berat yang dihadapi Jokow-Ma’ruf dan para menterinya antara lain:

Pertama, masalah ekonomi. Indonesia menghadapi tantangan internal dalam bidang ekonomi seperti melemahnya daya beli rakyat. Masalah tersebut disebabkan oleh banyak faktor seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) yang marak terjadi, pertumbuhan ekonomi yang rendah sehingga tidak mampu menyerap para pencari kerja baru yang setiap tahun jumlahnya sekitar 2,5 juta orang sehingga banyak terjadi pengangguran.

Selain itu, persoalan eksternal seperti perang dagang Amerika Serikat dengan RRC yang berdampak pada ekonomi dunia yang ditandai dengan mulainya Amerika Serikat mengalami semi resesi dengan daya beli rakyat yang merosot yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi dunia rendah. Oleh karena itu harus dilakukan antisipasi agar krisis tidak menerpa Indonesia.

Kedua, besarnya pembayaran cicilan utang pokok dan bunga, yang sangat membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dampaknya penerimaan negara tidak cukup untuk membiayai pembangunan, sehingga harus terus berutang dalam jumlah besar guna menutup defisit anggaran.

Ketiga, kepercayaan publik harus didongkrak dengan membangun kembali trust bahwa pemerintahan baru Jokowi-Ma’ruf adalah untuk semua. Diharapkan dalam waktu yang tidak lama, tumbuh kembali kepercayaan publik dan
partisipasi untuk bersama-sama membangun Indonesia.

Keempat, kemiskinan yang masih besar jumlahnya. Terjadi penurunan jumlah orang miskin, tetapi tidak signifikan karena hambatan utama adalah sumber daya manusia. Oleh karena itu, kita apresiasi periode kedua kepemimpinan Jokowi akan memberi skala prioritas pada pengembangan sumber daya manusia, dengan jargon “SDM Unggul Indonesia Maju.”

Kelima, penyelesaian Papua secara adil dan komprehensif. Masalah Papua harus mendapat perhatian yang besar dan sebaiknya dijadikan salah satu skala prioritas untuk diatasi.

Keenam, menghadirkan keadilan. Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf harus berjuang keras menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf harus mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Sebaiknya mengakhiri praktik politik belah bambu, yang lain diangkat setinggi langit sementara yang lain ditekan dengan framing radikal, anti Pancasila, intoleran, khilafah dan sebagainya.

Kita mendoakan semoga Allah selalu memberi kesehatan dan kesuksesan kepada Jokowi-Ma’ruf dalam mengemban amanah. Aamiin.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Melawan Penyebab Radikalisme "Ketidak-adilan"