Connect with us

Legacy Pak JK Pada Universitas Ibnu Chaldun
Pimpinan Univ. Ibnu Chaldun foto bersama dgn Wapres JK - twitter musniumar

Pendidikan

Legacy Pak JK Pada Universitas Ibnu Chaldun

Pada awal saya menjadi rektor Universitas Ibnu Chaldun, saya menyaksikan universitas yang saya pimpin sedang mengalami keterpurukan yang mendalam akibat konflik. Dua kali Universitas Ibnu Chaldun dinonaktifkan oleh pemerintah, sehingga terpuruk dalam segala bidang.

Pada awal saya menjadi rektor Universitas Ibnu Chaldun, saya menyaksikan universitas yang saya pimpin sedang mengalami keterpurukan yang mendalam akibat konflik. Dua kali Universitas Ibnu Chaldun dinonaktifkan oleh pemerintah, sehingga terpuruk dalam segala bidang.

Untuk mengubah citra negatif Universitas Ibnu Chaldun menjadi positif, saya bersilaturrahim ke Pak HM. Aksa Mahmud di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Pada saat silaturrahim, saya tidak minta bantuan apapun, kecuali menyampaikan keinginan untuk bersilaturrahim dengan Pak JK.

Pak Aksa kemudian menelpon ajudan Pak JK dan tanpa diduga dalam waktu singkat, saya dan Pimpinan Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun serta pimpinan Universitas Ibnu Chaldun diterima Pak JK di istana Wakil Presiden RI jalan Merdeka Barat.


Nasihat Senior HMI Firdaus Wadjdi (almarhum)

Dua hari sebelum diterima Pak JK, saya bersilaturrahim ke Bang Firdaus Wadjdi, senior HMI dikediamannya jalan Brawijaya, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Dalam silaturrahim saya sampaikan, pertama, mengundang beliau untuk menjadi narasumber dalam diskusi terbatas di Universitas Ibnu Chaldun. Saya tanya tema yang akan disampaikan, beliau menjawab “current affairs.”

Kedua, meminta nasihat karena mau bertemu Pak JK. Dia menasehati:
1) Harus merendah dihadapan Pak JK. Beliau orang terkemuka di negeri ini, kaya dan Wakil Presiden RI.
2) Jangan panggil beliau “abang.” Panggil beliau Pak Wapres sebagai bentuk penghormatan.
3) Jangan seperti adik-adik HMI kalau bertemu selalu menyodorkan proposal minta dana.


Pak JK Beri Legacy

Pada saat bertemu Pak JK di istana Wakil Presiden RI, saya menyampaikan surat permohonan untuk menjadi pembicara utama sekaligus membuka seminar internasional tentang Pendidikan Islam.

Pada saat saya menyampaikan kata sambutan, selaku rektor Universitas Ibnu Chaldun saya sampaikan terima kasih kepada Wakil Presiden RI yang telah berkenan datang di kampus Universitas Ibnu Chaldun untuk membuka seminar internasional tentang Pendidikan Islam serta mohon izin untuk memberikan Award kepada Pak JK sebagai Tokoh Nasional Pendidikan Islam.

Kehadiran Pak JK di Universitas Ibnu Chaldun Jakarta, merupakan legacy yang amat berharga dan tidak ada bandingannya sebab dengan hadirnya Pak JK di UIC yang diberitakan secara luas, citra UIC yang semula negatif dimata publik akibat konflik, secara bertahap membaik. Dampaknya jumlah mahasiswa setiap tahun terus meningkat dan bantuan dari berbagai pihak lebih mudah diperoleh termasuk beasiswa Bidik Misi dan beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik).

Baca Juga

Covid-19

Sebagai bentuk keprihatinan, Civitas Akademika Universitas Ibnu Chaldun Jakarta menggelar Istighotsah doa bersama. Dengan harapan, semoga Allah mengabulkan doa kita sehingga bangsa Indonesia yang...

Pendidikan

Pada 11 Juni 2021 Universitas Ibnu Chaldun dengan akronim UIC, memperingati milad ke-65 tahun secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pendidikan

Rektor Universitas Ibnu Chaldun merasa sangat prihatin dan menyesalkan adanya pemberitaan di sebuah media online tanpa cek & recek serta kroscek telah menyebarkan hoax...

Politik

Melihat posisi Wakil Presiden RI yang diatur dalam UUD 1945, sangat wajar jika tingkat kepuasan terhadap Wapres Ma'ruf Amin tidak tinggi. Sangat logis jika...

Pendidikan

Saya berharap kepada umat Islam dimanapun berada dan apapun profesi yang ditekuni untuk berlomba menyumbangkan sebagian kecil rezekinya, ikut membangun Masjid Hikmatul Ilmi Universitas...

Pendidikan

Dr. Shamsi Ali, Presiden Nusantara Foundation, yang juga imam Masjid di New York, WNI kelahiran Bulukumba, Sulawesi Selatan mempunyai gagasan besar dan luar biasa...

Pendidikan

Dr Ubedilah Badrun, akademisi dan pengamat sosial politik mengatakan bahwa Republik ini akan maju kalau dibimbing dan dipimpin Ulul Albab (Orang yang selalu berzikir...

Pendidikan

Dampak Covid-19 puluhan juta pekerja Indonesia yang di PHK. Kita tidak hanya prihatin, tetapi harus ikut mencari dan memberi solusi.