Connect with us

Partai-partai Peserta Pemilu 1999

Politik

Reformasi Partai Politik

Partai politik harus direformasi. Pentingnya partai politik direformasi karena partai politik merupakan sumber rekrutmen pemimpin negara. Kalau partai politik baik, maka baiklah bangsa dan negara ini. Dalam rangka melakukan reformasi terhadap partai politik, maka harus dilakulan lima hal.

Partai politik adalah instrumen yang amat penting dalam demokrasi.

Sebagai negara demokrasi, Indonesia mempunyai banyak partai politik. Kedudukan partai ditetapkan dalam undang-undang dasar 1945 dan undang-undang partai politik.

Saking pentingnya kedudukan partai politik dalam sebuah negara yang menganut asas demokrasi, ada yang mengatakan “tidak ada demokrasi tanpa partai politik.

Partai politik merupakan sebuah organisasi yang dibentuk atas keinginan suatu kelompok masyarakat yang memiliki ide dan gagasan yang sama yang mempunyai nilai-nilai, cita-cita dan tujuan yang sama.

Tujuan mendirikan partai politik ialah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik.

Dalam negara demokrasi, untuk merebut kekuasaan dan kedudukan politik, biasanya dilakukan dengan cara-cara yang konstitusional melalui pemilihan umum.

Perlu Direformasi

Partai politik harus direformasi. Pentingnya partai politik direformasi karena partai politik merupakan sumber rekrutmen pemimpin negara.

Kalau partai politik baik, maka baiklah bangsa dan negara ini.

Dalam rangka melakukan reformasi terhadap partai politik, maka harus dilakulan lima hal.

Pertama, partai politik harus transparan dan akuntabel keuangannya. Sumber penerimaan dan pengeluaran harus terbuka, bisa diakses publik.

Kedua, rekrutmen anggota partai. Ada anggota biasa dan anggota yang diproyeksikan sebagai kader untuk dipersiapkan menjadi pemimpin. Mereka yang dipersiapkan untuk memimpin kementerian, lembaga negara dan menjadi pejabat negara harus dikader dengan berbagai pelatihan kader.

Yang bersangkutan harus berprestasi, memiliki dedikasi, dan loyalitas kepada partai politik dan negara serta tidak tercela alias bukan koruptor.

Khusus kader comotan, harus diwaspadai karena pasti tidak mengetahui apalagi menghayati visi misi partai politik yang mengusungnya.

Oleh karena itu, dalam rangka reformasi partai politik proses pengkaderan calon pemimpin diberbagai lembaga negara mutlak dilakukan.

Ketiga, tidak dilakukan politik uang dalam rekrutmen calon anggota parlemen, calon kepala daerah, calon pemimpin BUMN dan lembaga pemerintah lainnya. Karena jika hal tersebut dilakukan, maka setelah yang bersangkutan terpilih akan korupsi untuk mengembalikan dana yang dikeluarkan.

Keempat, sumber keuangan partai politik peserta pemilu sebaiknya dari negara. Dengan demikian partai politik tidak dikuasai dan dimiliki pemilik modal. Ini penting ditekankan karena partai politik adalah alat perjuangan untuk mewujudkan tujuan Indonesia merdeka.

Kelima, supaya tujuan umum partai politik didirikan bisa direalisasikan yaitu untuk mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, maka lima hal yang dikemukakan penting dilakukan untuk membangun partai politik yang baik dan modern yang bertahta di hati rakyat dan para anggota dan kader partai politik.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Politik

Pada 14 April 2021 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah melaksanakan silaturrahim sekaligus buka puasa bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang dihadiri pimpinan kedua...

Politik

Amien Rais adalah politisi terkemuka Indonesia, cendekiawan yang mumpuni dengan pendidikan yang hebat, berpengalaman dan banyak ilmu, bersih, jujur dan pemberani.

Politik

Pada dasarnya kalau UU Parpol dan AD ART Partai Demokrat itu ditegakkan, Kongres Luar Biasa di Sibolangit, Sumatra Utara itu ilegal dan tidak sah.

DKI Jakarta

Salah satu momentum yang dipergunakan untuk menghajar Anies ialah pernyataan Megawati Soekarno Puteri yang mengatakan bahwa "Jakarta Amburadul."

Opini

Pada 01 Oktober 2020, Prof. Dr. M. Amien Rais mengumumkan ke publik berdirinya Partai Ummat. Partai ini berasaskan Islam rahmatan Lil 'alamin.

Opini

Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) luar biasa. Sudah mendeklarasikan pembentukannya pada 18 Agustus 2020 di Tugu Proklamasi Jakarta, sampai akhir Agustus 2020, isu KAMI...

Opini

Sejak PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi yang mencalonkan Gibran, putera sulung Presiden Jokowi menjadi bakal calon Walikota Surakarta, para pakar dan pegiat media sosial sangat...

Opini

Terdapat peluang besar partai Masyumi untuk meraih dukungan masyarakat.