Mengapa Prabowo Bergabung ke Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf?

 Di Pemilu, Opini, Politik

Sejak awal, ketika berhembus dorongan rekonsiliasi antara Jokowi-Prabowo pasca pemilihan umum serentak, mayoritas pendukung Prabowo Subianto tidak setuju.

Sebagai pendukung Prabowo-Sandi dalam pemilu Presiden 2019, saya mencoba memahami alasan para pendukung Prabowo-Sandi menolak rekonsiliasi dan Prabowo bergabung di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Akan tetapi pada saat yang sama, saya juga mencoba memahami alasan Prabowo dan Gerindra setuju rekonsiliasi dan bergabung di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Sebagai sosiolog dan pendukung Prabowo-Sandi dalam pemilu serentak 2019, saya merenung dan akhirnya saya setuju dan mendukung rekonsiliasi dan Prabowo bergabung di dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

5 Alasan Bergabung

Setidaknya ada lima alasan yang mendasari Prabowo bergabung di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Pertama, untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara. Menurut saya, negara kita dalam ancaman dan bahaya. Politik bebas visa telah dimanfaatkan oleh pihak asing untuk masuk ke Indonesia dengan sangat mudah.

Alasan pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan bebas visa kepada banyak negara adalah untuk menarik wisatawan asing. Akan tetapi, tanpa disadari pertahanan dan keamanan negara terancam karena pengawasan terhadap orang-orang asing sangat berkurang.

Selain itu, investor asing diberi karpet merah untuk berinvestasi di Indonesia. Pemerintah Republik Rakyat China (RRC) merupakan salah satu negara yang sangat aktif memanfaatkan peluang untuk berinvestasi di Indonesia. Naasnya bagi IndonesIa, investor China membawa semuanya dari RRC.

Rakyat China memanfaatkan kemudahan masuk ke Indonesia untuk bekerja di berbagai perusahaan yang dibangun BUMN China dan swasta China.

Kedua, untuk kepentingan melindungi kedaulatan negara. Kedaulatan negara harus dijaga dan dipertahankan. Salah satu cara melindungi dan mempertahankan kedaulatan negara, kekuatan angkatan bersenjata Indonesia harus kuat sehingga disegani bangsa lain di dunia. Prabowo dilantik menjadi Menteri Pertahanan RI sangat tepat untuk memperkuat pertahanan negara.

Ketiga, untuk kepentingan melindungi bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia di manapun berada harus dilindungi termasuk Habib Rizieq Shihab yang bermukim di Arab Saudi yang ingin kembali di Indonesia tapi dicegah dengan alasan keamanan dirinya dan keluarganya tidak terjamin di Indonesia.

Keempat, untuk kepentingan melindungi tenaga kerja di dalam dan luar negeri. Perlindungan TKI di dalam dan luar negeri, sudah ada Kementerian Tenaga Kerja dan Badan Nasional Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNPTKI), tetapi dalam rangka mewujudkan tujuan Indonesia merdeka yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, Prabowo sebagai Menteri Pertahanan bisa memberi saran kepada kementerian dan lembaga negara yang diamanati.

Kelima, untuk kepentingan mewujudkan Hankamrata (Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta). Prabowo pada saat rapat kerja dengan Komisi 1 DPR RI telah menjelaskan bahwa untuk memperkuat pertahanan negara, akan mewujudkan konsep Hankam Rata (Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta).

Prabowo Bergabung

Tidak lazim dalam negara demokrasi, dua tokoh yang bertarung dalam pemilu Presiden, setelah usai pemilu bersatu dalam pemerintahan.

Oleh karena itu, wajar kalau banyak pendukung Prabowo yang menolak Prabowo bergabung di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, tetapi akhirnya tidak bisa berkata dan berbuat apa-apa ketika Prabowo dan Partai Gerindra memilih bergabung di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf.

Saya termasuk yang memberi dukungan Prabowo dan Partai Gerindra bergabung di dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Alasan saya memberi dukungan kepada Prabowo sama adalah untuk kepentingan bangsa dan negara sebagaimana dijelaskan di atas.

Semoga bergabungnya Prabowo ke dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, memberi manfaat yang besar kepada bangsa dan negara. Doa selalu menyertai Prabowo dan insya Allah sukses mengemban amanah. Aamiin.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search

Partai Demokrat Merosot, Apa Penyebabnya dan Apa Yang Sebaiknya DilakukanPartai Politik Dipersimpangan Jalan