Musni Umar Socmed

Search

Wujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat dan Mandiri
Istana presiden yang dihiasi oleh tulisan indonesia maju

Politik

Wujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat dan Mandiri

Sejak para menteri Kabinet Indonesia Maju dilantik, Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin serta para Menteri belum pernah mewacanakan, paling tidak yang bisa dibaca di media tentang upaya mewujudkan visi misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Sejak para menteri Kabinet Indonesia Maju dilantik, Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin serta para Menteri belum pernah mewacanakan, paling tidak yang bisa dibaca di media tentang upaya mewujudkan visi misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Sudah ditegaskan bahwa para menteri tidak memiliki visi dan misi kecuali visi-misi Presiden dan Wapres. Visi Jokowi-Ma’ruf dapat diakses dan dibaca di laman kpu.go.id yaitu “Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong.” Begitu pula misi Jokowi-Ma’ruf terdapat 9 macam yang memiliki perincian yang harus dilaksanakan.

Sejatinya visi-misi Jokowi dan Ma’ruf, itulah yang harus selalu dikemukakan, didiskusikan dan dilaksanakan. Bukan wacana radikalisme, terorisme dan sebagainya yang setiap hari dikemukakan di publik.

Dalam rangka mendorong supaya visi-misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin diamalkan, saya menulis dan mengulas visi-misi kedua pemimpin bangsa ini secara berkala.

Setidaknya ada tiga alasan yang mendasari, saya menulis, mengulas dan mempublikasikan kembali visi -misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Pertama, untuk mendorong Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, para Menteri-Wakil Menteri, para Gubernur, Walikota, dan Bupati supaya mewujudkan visi-misi tersebut.

Kedua, untuk mendorong seluruh anggota parlemen di semua tingkatan serta rakyat Indonesia untuk mengawal perwujudan visi-misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Ketiga, untuk mendorong berpartisipasi menyukseskan “Kabinet Indonesia Maju.” Rakyat perlu diajak berpartisipasi mewujudkan visi-misi Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Saya berkeyakinan kunci kesuksesan “Kabinet Indonesia Maju” terletak pada besar kecilnya partisipasi rakyat. Makin besar partisipasi rakyat, semakin besar peluang suksesnya pelaksanaan visi- misi Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Keempat, untuk mengingatkan Presiden Jokowi, Wapres Ma’ruf Amin, para Menteri dan Wakil Menteri serta pimpinan lembaga tinggi negara supaya fokus dan bekerja keras mewujudkan visi-misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Saya menilai kabinet Indonesia maju, sampai saat ini belum fokus melaksanakan visi-misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin. Ada menteri sejak dilantik, lebih sering terlibat pada diskursus yang bukan mempersatukan bangsa tetapi cenderung memecah belah bangsa.

Kelima, untuk mendorong supaya visi -misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin menjadi wacana publik dan sebuah gerakan.


https://www.instagram.com/p/B5G-QYenEpS/

Menuju Negara Maju

Pemberian nama “Kabinet Indonesia maju” terkandung maksud untuk berjuang mewujudkan Indonesia menjadi negara maju. Universitas Ciputra (UC) memberi gambaran tentang ciri-ciri negara maju sebagai berikut:

1. Angka pengangguran rendah.
2. Pendapatan per kapita tinggi.
3. Laju pertumbuhan hidup rendah.
4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin cepat dan pesat.
5. Industri dan jasa menjadi sektor perekonomian utama.
6. Menghargai waktu dan kesetaraan gender.
7. Sistem pendidikan yang baik.

Selanjutnya, negara berdaulat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Pertama, populasi dan wilayah. Suatu bangsa harus mempunyai populasi permanen sebagai negara yang berdaulat. Selain itu, mempunyai wilayah tertentu yang dikuasai secara sah.

Kedua, independen. Sebuah negara dikatakan berdaulat jika memilih pemerintahannya sendiri dan melakukan urusannya sendiri di dalam negara itu secara bebas dan merdeka.

Ketiga, mampu menentukan nasib sendiri tanpa bergantung pada negara lain. Negara mandiri termasuk bebas berhubungan dengan pemerintah negara lain tanpa persetujuan kekuatan lain.

Jika mengacu pada realita, Indonesia belum negara berdaulat dan mandiri. Secara ekonomi Indonesia masih menghadapi penjajahan ekonomi neo kolonialisme neo imperialisme.

Maka, visi misi Jokowi dan Ma’ruf harus dijadikan sebagai gerakan untuk diwujudkan dalam kenyataan.

Semoga tulisan ini menjadi pendorong untuk fokus dan bekerja lebih keras mewujudkan visi misi Jokowi-Ma’ruf.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

Opini

Indonesia adalah Daarul Amni (negeri yang aman) bukan Daarul Harbi (negeri yang sedang perang), maka siapapun dan apapun motif bom bunuh diri di depan...

Opini

PDIP, Partai Gerinda, PAN dan PPP telah menyatakan secara terbuka bahwa mereka tidak setuju adanya revisi UU Pemilu.

Lainnya

Sistem demokrasi tidak sempurna. Amerika Serikat sebagai kampiun demokrasi, telah menunjukkan boroknya.

Opini

Masalah krisis kepercayaan tidak teratasi dengan mengganti para menteri yang dianggap tidak cakap.

Lainnya

Pada 29 Januari 2020, Aktivis Gerakan Mahasiswa 77/78 dan Kampus Kuning bersilaturrahim dengan Prof Mahfud MD, Menko Polhukam RI di kediamannya di jalan Denpasar...

Opini

9 poin misi Jokowi-Maruf dalam 100 hari pemerintahannya, tidak ada yang dilaksanakan yang memberi dampak positif kepada rakyat.

Opini

Tidak lama lagi kita akan memasuki tahun 2020. Tahun 2020 bukanlah tahun yang mudah. Setidaknya ada lima alasan, 2020 tahun yang tidak mudah dan...

Lainnya

Tahun 2019 akan segera kita tinggalkan. Sebagai sosiolog, yang banyak mengamati dan menulis nasalah sosial, saya ingin mengemukakan refleksi sosial yang paling menonjol dalam...