Connect with us

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Indonesia Tidak Semarak
Dalam rangka memperingati hari anti korupsi, SMK Negeri Jenawi melaksanakan kegiatan upacara - ig smknegerijenawi

Opini

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Indonesia Tidak Semarak

Publik sudah pesimis masa depan pemberantasan korupsi, karena itu tidak lagi menarik mengadakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Pertama, masyarakat madani (civil society) sudah kehilangan kepercayaan masa depan pemberantasan korupsi di Indonesia setelah UU KPK direvisi DPR dan pemerintah.

Hari ini, 9 Desember 2019 Hari Anti Korupsi Sedunia. Biasanya setiap Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati dengan semarak.

Akan tetapi, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Publik sudah pesimis masa depan pemberantasan korupsi, karena itu tidak lagi menarik mengadakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia.

Pertama, masyarakat madani (civil society) sudah kehilangan kepercayaan masa depan pemberantasan korupsi di Indonesia setelah UU KPK direvisi DPR dan pemerintah.

Kedua, penyidik dan seluruh karyawan KPK sedang galau. Kabarnya berdasarkan hasil revisi UU KPK semua penyidik dan karyawan KPK akan dijadikan ASN/PNS. Konsekuensinya semua ketentuan tentang ASN/PNS diberlakukan kepada mereka termasuk gaji.

Ketiga, KPK berdasarkan hasil revisi UU KPK memiliki pengawas yang mempunyai otoritas mengawasi dan mengawal komisioner KPK termasuk boleh tidaknya mengeluarkan Sprindik, sehingga KPK terkesan “dipasung.”


Menunggu PERPPU

KPK, masyarakat madani dan mahasiswa sampai saat ini masih menanti Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang (PERPPU) sebagaimana pernah dikemukakan Presiden Jokowi akan dipertimbangkan.

Akan tetapi, suasana sudah damai tidak ada lagi yang demonstrasi, sehingga tidak ada unsur keadaan yang memaksa. Dengan demikian prospek dikeluarkannya PERPPU sangat kecil.

Satu-satunya peluang untuk mengoreksi hasil revisi UU KPK ialah mengajukan Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi (MK). Walaupun tidak ada jaminan akan dikabulkan MK, tetapi ada kemauan bersama mengajukan Judicial Review sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab dalam memperjuangkan tegaknya pemberantasan korupsi.


https://www.instagram.com/p/B52pC5xBek6/

Komisioner Baru

Sejatinya publik memberi kesempatan kepada komisioner baru KPK yang dipimpin Jenderal Polisi Firli Bahuri untuk membuktikan kemampuan mereka dalam melakukan pemberantasan korupsi.

Nampaknya sulit mengharapkan dukungan publik kepada komisioner baru KPK karena sudah timbul distrust (ketidakpercayaan) kepada mereka.

Satu-satunya cara yang harus ditempuh untuk menghadirkan kepercayaan dan partisipasi publik dalam memberantas korupsi, komisioner baru KPK harus beri bukti bahwa mereka memiliki kemampuan dan keberanian dalam memberantas korupsi.

Semoga tulisan ini memberi dorongan dan semangat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus berjuang mewujudkan Indonesia tanpa korupsi. Mulailah dari diri kita masing-masing untuk tidak korupsi jika mendapat kesempatan dalam memimpin.

Selamat memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia. Semoga momentum memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, kita kobarkan hidup tanpa korupsi.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Opini

Mahkamah Konstitusi (MK) menjadi sorotan publik dan anggota parlemen setelah memperpanjang masa jabatan pimpinan KPK dari 4 tahun menjadi 5 tahun.

Politik

Semua Kritik Anies yang dikemukakan dalam berbagai kesempatan merupakan fakta dan realita yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Dunia Usaha

Ada pandangan dari kalangan tertentu, kalau korupsi diumbar ke publik, akan menurunkan minat para investor (pelabur) untuk berinvestasi. Oleh karena itu, korupsi yang merajalela jangan...

Lainnya

Pada orde reformasi, para aktivis dan rakyat Indonesia berharap KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) yang dijadikan isu sentral dan senjata pamungkas untuk menjatuhkan Pak Harto...

Opini

Indonesia telah memilih jalan untuk membangun Indonesia melalui jalan demokrasi. Demokrasi sejatinya, dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat.

Opini

Momentum Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444H yang sering disebut Tahun Baru Hijriyah, saya mengajak para pemimpin Indonesia di eksekutif, legislatif dan yudikatif serta...

Opini

Korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Setidaknya ada lima alasan untuk memastikan bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa. Pertama, korupsi merampok uang negara, dampaknya merugikan...

Opini

Asal ada peluang, korupsi dilakukan. Dana pembangunan masjid, dana haji, serta dana untuk percetakan Al-Quran yang dianggap sakral dikorupsi.