Musni Umar Socmed

Search

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Indonesia Tidak Semarak
Dalam rangka memperingati hari anti korupsi, SMK Negeri Jenawi melaksanakan kegiatan upacara - ig smknegerijenawi

Opini

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Indonesia Tidak Semarak

Publik sudah pesimis masa depan pemberantasan korupsi, karena itu tidak lagi menarik mengadakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Pertama, masyarakat madani (civil society) sudah kehilangan kepercayaan masa depan pemberantasan korupsi di Indonesia setelah UU KPK direvisi DPR dan pemerintah.

Hari ini, 9 Desember 2019 Hari Anti Korupsi Sedunia. Biasanya setiap Hari Anti Korupsi Sedunia diperingati dengan semarak.

Akan tetapi, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Jakarta dan berbagai daerah di Indonesia kali ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Publik sudah pesimis masa depan pemberantasan korupsi, karena itu tidak lagi menarik mengadakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia.

Pertama, masyarakat madani (civil society) sudah kehilangan kepercayaan masa depan pemberantasan korupsi di Indonesia setelah UU KPK direvisi DPR dan pemerintah.

Kedua, penyidik dan seluruh karyawan KPK sedang galau. Kabarnya berdasarkan hasil revisi UU KPK semua penyidik dan karyawan KPK akan dijadikan ASN/PNS. Konsekuensinya semua ketentuan tentang ASN/PNS diberlakukan kepada mereka termasuk gaji.

Ketiga, KPK berdasarkan hasil revisi UU KPK memiliki pengawas yang mempunyai otoritas mengawasi dan mengawal komisioner KPK termasuk boleh tidaknya mengeluarkan Sprindik, sehingga KPK terkesan “dipasung.”


Menunggu PERPPU

KPK, masyarakat madani dan mahasiswa sampai saat ini masih menanti Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang (PERPPU) sebagaimana pernah dikemukakan Presiden Jokowi akan dipertimbangkan.

Akan tetapi, suasana sudah damai tidak ada lagi yang demonstrasi, sehingga tidak ada unsur keadaan yang memaksa. Dengan demikian prospek dikeluarkannya PERPPU sangat kecil.

Satu-satunya peluang untuk mengoreksi hasil revisi UU KPK ialah mengajukan Judicial Review ke Mahkamah Konstitusi (MK). Walaupun tidak ada jaminan akan dikabulkan MK, tetapi ada kemauan bersama mengajukan Judicial Review sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab dalam memperjuangkan tegaknya pemberantasan korupsi.


https://www.instagram.com/p/B52pC5xBek6/

Komisioner Baru

Sejatinya publik memberi kesempatan kepada komisioner baru KPK yang dipimpin Jenderal Polisi Firli Bahuri untuk membuktikan kemampuan mereka dalam melakukan pemberantasan korupsi.

Nampaknya sulit mengharapkan dukungan publik kepada komisioner baru KPK karena sudah timbul distrust (ketidakpercayaan) kepada mereka.

Satu-satunya cara yang harus ditempuh untuk menghadirkan kepercayaan dan partisipasi publik dalam memberantas korupsi, komisioner baru KPK harus beri bukti bahwa mereka memiliki kemampuan dan keberanian dalam memberantas korupsi.

Semoga tulisan ini memberi dorongan dan semangat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus berjuang mewujudkan Indonesia tanpa korupsi. Mulailah dari diri kita masing-masing untuk tidak korupsi jika mendapat kesempatan dalam memimpin.

Selamat memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia. Semoga momentum memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, kita kobarkan hidup tanpa korupsi.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Kutipan

Butuh bahan berita/artikel/tulisan?

Diperbolehkan mengutip sebagian isi dari tulisan ini tapi jangan lupa sebut sumber: arahjaya.com atau dikutip dari Musni Umar.

Diharapkan tulisan-tulisan di website ini bisa menginspirasi pembaca untuk selalu mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

Youtube Musni Umar

Baca Juga

DKI Jakarta

Kita sangat prihatin dan mengecam keras anak buah Anies diduga melakukan korupsi program Rumah DP 0 Rupiah yang digadang-gadang sebagai jalan keluar bagi hampir...

In Memoriam

Kepergian Artidjo Alkostar menyedihkan kita semua, karena kita kehilangan seorang tokoh yang gigih menegakkan keadilan dan kebenaran pada saat dia menjadi hakim agung RI.

Covid-19

Saya kemukakan tahun 2020 merupakan tahun kesedihan karena hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia terpuruk ditengah ancaman corona.

Lainnya

Hari ini 9 Desember 2020 adalah Hari Antikorupsi Sedunia. Selain itu, tgl 8 Desember 2020 terjadi penembakan 6 laskar FPI yang mengawal Imam Besar...

Lainnya

Para koruptor perusahaan Jiwasraya dapat dipastikan adalah kejahatan kerah putih dalam skala besar yang dilakukan oleh orang-orang besar yang gajinya bisa ratusan juta perbulan...

Opini

Musni Umar dalam dialog Generasi Mecin yang bertema "Komitmen Pemberantasan Korupsi di Periode Kedua Jokowi" yang dilaksanakan atas kerjasama Jak TV dengan Universitas Ibnu...

Ramadan 1440H

Amalkan sifat jujur. Contoh lain tidak jujur ialah korupsi yang merajalela di negara kita. Dampak negatif korupsi, membuat negara kita mengalami banyak masalah. Akar masalah...

Ramadan 1440H

Sifat cerdas (fathanah) dan Adil ('adl) merupakan sifat mulia yang wajib dimiliki pemimpin dan rakyat. Selain sifat jujur, benar, amanah dan tabligh. Pemimpin mutlak...