Tahun Baru 2020: Hujan Deras Guyur Jakarta, Banjir Diatasi Dengan Gotong-royong

 Di Lainnya, Sosial

Perayaan tahun baru 2020 yang dipusatkan di bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, diguyur hujan deras. Masyarakat Jakarta yang keluar rumah hendak merayakan tahun baru, kocar kacir mencari tempat berteduh.

Walaupun hujan deras mengguyur Jakarta, perayaan tahun baru 2020 tetap meriah di Taman Impian Jaya Ancol, di Taman Mini Indonesia Indah, Bundaran Hotel Indonesia dan berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Puncak perayaan tahun baru 2020 dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Anies menghadiri pergantian tahun baru di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta dengan mengucapkan selamat tahun baru untuk seluruh masyarakat di Kawasan Indonesia Timur yang dua jam lebih awal merayakan pergantian tahun.

Hujan Deras dan Lama

Hujan turun sejak sore 31 Desember 2019, sampai malam saat pergantian tahun. Hujan semakin deras sampai pagi ini tanggal 01 Januari 2020 pukul 07.30 WIB.

Dampak derasnya hujan turun dan lama, sudah pasti sungai dan gorong-gorong meluap tidak mampu menampung curah air hujan yang lebat. Dampak lebih jauh, banjir pasti menggenangi berbagai kawasan yang rendah di Jakarta dan sekitarnya.

Bangun Solidaritas Sosial

Semangat tahun baru harus diimplementasikan dengan menolong mereka yang terkena dampak banjir.

Media sosial memberitakan, banyak kawasan di Jakarta yang mengalami banjir. Tentu yang terkena banjir adalah mereka yang bertempat tinggal dipinggir sungai, di kawasan perumahan yang tergolong rendah dan kawasan atau jalan yang drainasenya belum diperbaiki.

Menghadapi banjir yang sudah melanda sebagian kawasan di Jakarta, dan berbagai daerah di seluruh Indonesia, maka sangat tidak bijak menuding dan menyalahkan siapapun karena menimbulkan kisruh politik dan tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Oleh karena itu, saya mengajak kita bangun dan wujudkan solidaritas sosial dengan menolong mereka yang terkena banjir.

Bentuk solidaritas sosial, bisa dalam bentuk membantu dana, makanan siap saji, sarung, selimut, tenda dan sebagainya.

Hujan deras dan lama yang mengakibatkan banyak kawasan yang mengalami banjir, harus dikaji secara mendalam penyebab utama banjir. Setelah diketahui penyebab utama banjir, harus dipecahkan secara cepat.

Selain itu, mengajak partisipasi warga untuk mencegah banjir antara lain tidak membuang sampah disembarang tempat seperti di sungai, di kali, di selokan, membuat reservoar air, biovory dan lain sebagainya.

Dengan melakukan tindakan nyata, maka masalah banjir dapat diatasi bersama melului semangat gotong-royong.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Recommended Posts

Start typing and press Enter to search