Connect with us

Pemakaman Qasem Soleimani yang dihadiri warga, digelar di kota Kerman, Iran - ig ah.al.ir

Lainnya

Pelajaran Bagi Indonesia Dari Republik Islam Iran Dalam Melawan Amerika Serikat

Republik Islam Iran selalu siap perang, sehingga walaupun diembargo oleh Amerika Serikat tetap kuat. Indonesia harus seperti Iran selalu siap perang jika ingin damai. Indonesia harus selalu memperkuat diri sehingga kuat, dan sanggup melawan musuh.

Dilihat dari kekuatan militer dan kecanggihan persenjataan, Amerika Serikat jauh lebih unggul ketimbang Republik Islam Iran.

Akan tetapi, kekuatan angkatan bersenjata dan kecanggihan persenjataan, belum merupakan jaminan akan memenangkan peperangan.

Sebagai contoh, Amerika Serikat dan para sekutunya belum bisa dikatakan sudah menang dalam melawan Taliban di Afganistan. Pada hal Taliban tidak memiliki pasukan terlatih dan persenjataan canggih seperti yang dimiliki Republik Islam Iran.
https://www.instagram.com/p/B64uCLZhI_Z/

Tidak Melanjutkan Perang

Amerika Serikat merupakan negara super power dalam bidang militer. Trump mengatakan: “Rudal kami besar, kuat, akurat, mematikan dan cepat.”

Akan tetapi ketika Republik Islam Iran melakukan pembalasan atas pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani dengan membom dua pangkalan militer Amerika Serikat di Irak, reaksi Donald Trump tidak seperti negara adi daya.

Donald Trump dalam pidatonya menyatakan “Amerika Serikat mundur dari konfrontasi militer.” Trump mengatakan tidak mau perang dengan Iran. Bahkan trump menyatakan kepada rakyat Iran: Amerika Serikat siap berdamai. (liputan.com, 09 Jan 2020).

Pelajaran Bagi Indonesia

Indonesia bisa mengambil pelajaran dari konfrontasi Iran dengan Amerika Serikat.

Pertama, Republik Islam Iran selalu siap perang, sehingga walaupun diembargo oleh Amerika Serikat tetap kuat. Indonesia harus seperti Iran selalu siap perang jika ingin damai. Indonesia harus selalu memperkuat diri sehingga kuat, dan sanggup melawan musuh.

Kedua, Republik Islam Iran sangat solid dan bersatu dalam menghadapi konfrontasi Amerika Serikat. Karena solid dan bersatu, maka negara adi daya seperti Amerika Serikat tidak mau mengambil resiko berperang dengan Republik Islam Iran.


Indonesia harus solid dan bersatu dalam menghadapi kemungkinan yang terburuk dalam menghadapi konfrontasi dengan China.

Ketiga, Republik Islam Iran sangat mementingkan persatuan dan kesatuan. Dibawah pemimpin spiritual Iran Ayatullah Khamenei, Republik Islam Iran menjadi negara yang kuat, sehingga berlaku pepatah “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.”

Indonesia juga harus siap perang jika ingin damai. Dalam rangka itu, sangat penting memelihara, menjaga, dan mempertahankab persatuan dan kesatuan agar Indonesia kuat, sehingga ditakuti lawan.

Dari kasus Republik Islam Iran, Indonesia bisa mengambil pelajaran dengan terus memperkuat TNI dan peralatan militernya, memelihara persatuan dan kesatuan dengan kemanunggalan TNI dengan masyarakat, sehingga TNI menjadi pilar utama dalam mempertahankan negara kesatuan, disegani dan ditakuti musuh.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Opini

Saya apresiasi Indonesia, Amerika Serikat dan berbagai negara di dunia yang bersedia membantu rakyat Afghanistan.

Politik

Pada 10 September 2021, Reuters memberitakan bahwa pihak berwenang Taliban telah setuju untuk membiarkan 200 warga sipil Amerika dan warga negara ketiga untuk berangkat...

Politik

Pasukan AS telah mengakhiri 20 tahun masa petualangannya di Afganistan pada 30 Agustus 2021 tengah malam.

Politik

Seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Afganistan mengatakan kepada Reuters bahwa hari Ahad 15 Agustus 2021 Taliban sudah Masuk Kota Kabul.

Politik

Sejak Taliban merebut kota di Afghanistan, kota Zaranj ibukota Nimroz pada hari Jum'at, 6 Agustus 2021, pejuang Taliban terus menerus melakukan penaklukkan kota dari...

Politik

Media-media asing telah memberitakan bahwa Taliban telah merebut provinsi strategis di Afghanistan yaitu kota Zaranj, ibukota provinsi Nimroz.

Politik

Donald Trump masih menghadapi pemakzulan di parlemen Amerika Serikat. Anggota DPR Amerika Serikat yang didominasi Partai Demokrat sudah memakzulkan Trump. Untuk mensahkan pemakzulan Trump...

Opini

Hasil pemilihan Presiden Amerika Serikat tersebut sampai hari ini 3 Januari 2021, belum mau dinerima Donald Trump atas kemenangan Joe Biden, walaupun hasil ellectoral...