Connect with us

Car Free Day di Jalan Jendral Sudirman - unsplash satria eleazar

Urgensi dan 10 Tips Pelihara dan Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah mahkota dalam hidup. Hidup tanpa sehat, tahta, harta dan wanita sebagai sarana untuk menikmati kehidupan, dapat dikatakan tidak ada gunanya.

Kesehatan adalah mahkota dalam hidup. Hidup tanpa sehat, tahta, harta dan wanita sebagai sarana untuk menikmati kehidupan, dapat dikatakan tidak ada gunanya.

Oleh karena itu, memelihara dan menjaga kesehatan sangat urgen dalam hidup kita.

Urgensi Jaga Kesehatan

Saya bukan pakar kesehatan, tetapi sebagai sosiolog saya merasa sangat sedih dan prihatin, melihat sangat banyak masyakat yang sakit.

Pergilah ke rumah sakit, kita akan menyaksikan begitu banyak masyarakat yang antri untuk berobat. Sejak pukul 04.30 setiap hari kerja sudah ramai masyarakat antri di loket rumah sakit untuk berobat.

Fenomena di masyarakat yang banyak sakit, memberi inspirasi kepada saya sebagai sosiolog untuk menulis artikel ini.

Menurut saya, menjaga dan memelihara kesehatan memiliki tingkat urgensi yang amat penting bagi setiap orang.

Bagaimana Jaga Kesehatan

Pengalaman saya dalam menjaga kesehatan, saya selalu melakukan 10 hal:

Pertama, puasa Senin dan Kamis. Alhamdulillah saya merasa sangat sehat dan karena terbiasa tidak ada pengaruh dalam kerja.

Kedua, tidak sering bergadang. Jika ada rapat dan urusan penting, bisa sekali tidur larut malam, tetapi diusahakan tidur pukul 10.00-10.30 tiap hari.

Ketiga, bangun pagi pukul 04.00 lalu berdoa sebagai tanda syukur karena menghidupkan kita setelah mati dalam tidur.

Keempat, minum air hangat satu gelas dan siap untuk melaksanakan shalat Subuh berjamaah di Masjid.

Kelima, mengaji Alqur’an sekitar 15 menit sambil menyiapkan sarapan dengan bakar roti dan segelap kopi.

Keenam, membaca berita aktual diinternet, kemudian menulis artikel atau berita yang akan dimuat di arahjaya.com.

Ketujuh, ke Universitas Ibnu Chaldun untuk bekerja atau rapat sesuai jadwal yang telah disusun.

Kedelapan, berolah raga dengan jalan kaki dua hari sekali sekurang-kurangnya 30 menit.

Kesembilan, setiap hari Ahad jalan kaki dalam rangka Car Free Day di jalan Jenderal Sudirman atau di Gelora Bung Karno Jakarta.

Kesepuluh, selalu optimis dalam hidup. Sesusah apapun masalah yang dihadapi, pasti ada jalan keluar. Di dalam kesulitan ada kemudahan.

Dengan melakukan 10 tips yang saya kemukakan, saya bersyujur bisa hidup sehat, bahagia dan bermanfaat bagi sesama.

Menulis dan menyebarkan pemikiran yang konstruktif untuk mempersatukan dan memberi arah hidup yang benar sebagai bangsa dan negara, setiap hari saya lakukan.

Ayo kita jaga kesehatan rohani dan jasmani sebagai fondasasi utama untuk hidup sehat agar bisa melanjutkan pengabdian atau ibadah dalam hidup kita.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Menurut saya, yang mendesak dilakukan oleh pemerintah khususnya Satgas Covid. Pertama, mempartisipasikan seluruh rakyat Indonesia untuk ikut serta secara aktif mencegah dan lawan Covid-19....

DKI Jakarta

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta dengan bijak telah memberi jalan keluar dengan menyarankan umat Islam agar menggelar salat Idul Fitri dilokasi terbuka seperti lapangan...

Covid-19

Dalam upaya jaga jakarta dan mencegah berlanjutnya kerumunan massa untuk berbelanja di pasar Tanah Abang menjelang Idul Fitri, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan...

DKI Jakarta

Saya menyaksikan tiap hari dengan sangat senang adanya fenomena kebangkitan ekonomi di Jakarta, walaupun Covid-19 belum berakhir. Banyak lagi fenomena yang dapat dijadikan indikator...

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan mengemukakan beberapa indikator makro yang dicapai mengalami peningkatan, di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warga Jakarta tahun 2020 tercatat sebesar 80,77,...

DKI Jakarta

Pembangunan yang menghadirkan keterbukaan untuk dikritik dan didukung, menurut saya sangat baik, dan inilah ciri demokrasi yang baik kita harus lakukan di masa depan.

Covid-19

Untuk menggenjot kembali dunia pendidikan karena merupakan kunci kemajuan Indonesia di masa depan. Kalau pemerintah mengemukakan alasan membuka sekolah tatap muka di masa pandemi...

DKI Jakarta

Pembangunan di DKI Jakarta dari waktu ke waktu terus dipacu kemajuannya dalam berbagai bidang. Hasil pembangunan telah dirasakan oleh warga DKI Jakarta pada khususnya...