Connect with us

Car Free Day di Jalan Jendral Sudirman - unsplash satria eleazar

Urgensi dan 10 Tips Pelihara dan Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah mahkota dalam hidup. Hidup tanpa sehat, tahta, harta dan wanita sebagai sarana untuk menikmati kehidupan, dapat dikatakan tidak ada gunanya.

Kesehatan adalah mahkota dalam hidup. Hidup tanpa sehat, tahta, harta dan wanita sebagai sarana untuk menikmati kehidupan, dapat dikatakan tidak ada gunanya.

Oleh karena itu, memelihara dan menjaga kesehatan sangat urgen dalam hidup kita.

Urgensi Jaga Kesehatan

Saya bukan pakar kesehatan, tetapi sebagai sosiolog saya merasa sangat sedih dan prihatin, melihat sangat banyak masyakat yang sakit.

Pergilah ke rumah sakit, kita akan menyaksikan begitu banyak masyarakat yang antri untuk berobat. Sejak pukul 04.30 setiap hari kerja sudah ramai masyarakat antri di loket rumah sakit untuk berobat.

Fenomena di masyarakat yang banyak sakit, memberi inspirasi kepada saya sebagai sosiolog untuk menulis artikel ini.

Menurut saya, menjaga dan memelihara kesehatan memiliki tingkat urgensi yang amat penting bagi setiap orang.

Bagaimana Jaga Kesehatan

Pengalaman saya dalam menjaga kesehatan, saya selalu melakukan 10 hal:

Pertama, puasa Senin dan Kamis. Alhamdulillah saya merasa sangat sehat dan karena terbiasa tidak ada pengaruh dalam kerja.

Kedua, tidak sering bergadang. Jika ada rapat dan urusan penting, bisa sekali tidur larut malam, tetapi diusahakan tidur pukul 10.00-10.30 tiap hari.

Ketiga, bangun pagi pukul 04.00 lalu berdoa sebagai tanda syukur karena menghidupkan kita setelah mati dalam tidur.

Keempat, minum air hangat satu gelas dan siap untuk melaksanakan shalat Subuh berjamaah di Masjid.

Kelima, mengaji Alqur’an sekitar 15 menit sambil menyiapkan sarapan dengan bakar roti dan segelap kopi.

Keenam, membaca berita aktual diinternet, kemudian menulis artikel atau berita yang akan dimuat di arahjaya.com.

Ketujuh, ke Universitas Ibnu Chaldun untuk bekerja atau rapat sesuai jadwal yang telah disusun.

Kedelapan, berolah raga dengan jalan kaki dua hari sekali sekurang-kurangnya 30 menit.

Kesembilan, setiap hari Ahad jalan kaki dalam rangka Car Free Day di jalan Jenderal Sudirman atau di Gelora Bung Karno Jakarta.

Kesepuluh, selalu optimis dalam hidup. Sesusah apapun masalah yang dihadapi, pasti ada jalan keluar. Di dalam kesulitan ada kemudahan.

Dengan melakukan 10 tips yang saya kemukakan, saya bersyujur bisa hidup sehat, bahagia dan bermanfaat bagi sesama.

Menulis dan menyebarkan pemikiran yang konstruktif untuk mempersatukan dan memberi arah hidup yang benar sebagai bangsa dan negara, setiap hari saya lakukan.

Ayo kita jaga kesehatan rohani dan jasmani sebagai fondasasi utama untuk hidup sehat agar bisa melanjutkan pengabdian atau ibadah dalam hidup kita.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Adanya MRT, Transjakarta dan commuter sejatinya mengubah budaya masyarakat Jakarta dan sekitarnya dari malas jalan kaki menjadi rajin jalan kaki.

DKI Jakarta

Citayam Fashion Week masih hangat dibicarakan masyarakat, terutama para warganet di media sosial. Event fashion show ini pada mulanya berawal dari Anak Baru Gede...

DKI Jakarta

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva mengaku terpukau dengan transformasi pembangunan yang terjadi di Jakarta setelah dua dekade ia tidak mengunjungi ibu...