Musni Umar Socmed

Search

Nurmansyah Lubis VS Ahmad Riza Patria

Opini

Wagub DKI Segera Dipilih: Nurmansyah Lubis dan Ahmad Riza Patria Mumpuni Dipilih

Petinggi Partai Gerindra mengumumkan Calon Wakil Gubernur DKI untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno

Pada Senin. 20 Januari 2020, Wakil Ketua Umum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad didampingi Ketua Umum Gerindra DKI Mohamad Taufik yang dihadiri para anggota DPRD Provinsi DKI dari Fraksi Partai Gerindra dan para wartawan, kedua petinggi Partai Gerindra mengumumkan Calon Wakil Gubernur DKI untuk mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno karena mengundurkan diri lantaran dicalonkan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Adapun nama kedua calon Gubernur DKI Jakarta ialah
1) Nurmansyah Lubis, calon Wagub DKI dari PKS
2) Ahmad Riza Patria, calon Wagub DKI dari Partai Gerindra

Mengapa Alot Sekali

Pemilihan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mengisi kursi Wagub DKI yang ditinggalkan Sandiaga Salahuddin Uno sangat lama dan alot.

Setidaknya ada tiga alasannya. Pertama, Gerindra DKi Jakarta menunggu keputusan Ketua Umum DPP Gerindra tentang calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Kedua, PKS telah dijanjikan oleh Gerindra bahwa posisi Wagub DKI akan diberikan kepada PKS. Janji itu diucapkan dalam proses pencalonan Wakil Presiden RI Tahun 2019. Oleh karena itu, PKS bersikukuh dan bertahan tidak mau kompromi tentang Wagub DKI Jakarta.

Ketiga, penguasa politik di DPRD DKI Jakarta tidak rela jika kursi Wakil Gubernur DKI diserahkan kepada PKS. Pertimbangannya tentu politis untuk kepentingan elektoral dalam pemilihan umum.

Keempat, Partai Gerindra DKI tidak rela menyerahkan posisi Wakil Gubernur DKI kepada PKS setelah Prabowo-Sandi dinyatakan kalah oleh KPU dalam pemilihan Presiden 2019.

Keempat, dinamika politik di DPRD DKI pasca pemilu serentak tahun 2019 dan di masyarakat DKI Jakarta.

Kompromi Politik

Pergulatan kepentingan politik akhirnya tercapai kompromi politik antara elit PKS dengan elit Gerindra.

Dengan tercapainya kompromi politik, maka Partai Keadilan Sejahtera legowo mencalonkan satu kader terbaiknya yaitu Nurmansyah Lubis, mantan Anggota DPRD DKI Jakarta dua periode, dan Partai Gerindra mencalonkan kader terbaiknya Ahmad Riza Patria, anggota DPR RI serta mantan aktivis pemuda dan mahasiswa di DKI Jakarta.

Pencalonan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Anies Baswedan ditandatangani Ketua Umum Gerindra H. Prabowo Subianto dan Sekretaris Jenderal H. Ahmad Muzani, Presiden PKS H. Sohibul Iman, Ph.D dan Sekjen Mustafa Kamal, S.Sos, ditanda tangani pula Ketua Umum PKS DKI dan Ketua Umum Gerindra DKI serta Sekretaris Umum kedua partai tersebut.

Kedua calon Wagub Gubernur DKI Jakarta memiliki rekam jejak yang baik dan memiliki pengalaman dan pemahaman terhadap warga DKI Jakarta dan segala permasalahannya, sehingga salah satu dari keduanya layak dipilih menjadi Wagub DKI.

Harapan warga Jakarta supaya segera dipilih salah satu calon Wagub DKI Jakarta untuk mendampingi Gubernur Anies Baswedan dalam membangun dan memajukan kesejahteraan umum warga Jakarta.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Covid-19

Suka tidak suka dan mau tidak mau harus diakui bahwa Jakarta leader dalam melawan Covid-19.

DKI Jakarta

Saya menganalisis data Banjir Jakarta Dalam Angka yang disajikan BPBD DKI 20 Februari 2021.

DKI Jakarta

Saya menyaksikan hujan lebat disertai angin kencang menghantam kawasan GBK DKI Jakarta. Saya berpendapat sangat diperlukan partisipasi serta kolaborasi masyarakat untuk cegah dan atasi...

Covid-19

Jakarta merupakan daerah yang tingkat penyebaran Covid-19 cukup tinggi. Akan tetapi patut bersyukur, tingkat kematian warga cukup rendah. Bersama kita bisa melawan Covid-19.

DKI Jakarta

Kita sepatutnya berbangga dan bersyukur karena akhirnya Jakarta sebagai ibukota negara Republik Indonesia, memiliki armada transportasi yang maju dan modern. Transjakarta merupakan moda transportasi...

Covid-19

Trans Jakarta memberi perhatian yang besar terhadap pencegahan penyebaran Covid-19. Semua calon penumpang diukur suhu badannya ketika menuju halte pemberangkatan.

DKI Jakarta

Kunci keberhasilan penataan Transportasi di DKI Jakarta adalah integrasi semua moda transportasi oleh PT Trans Jakarta. JakLingko merupakan branding dari sistem integrasi transportasi publik...

DKI Jakarta

Pencurian hand sanitizer patut disesalkan dan dikecam. Petugas TransJakarta atas nama Fikri Afif (PLH) dan Joko S (Petugas DKO) yang mengamankan pelaku atas nama...