Musni Umar Socmed

Search

Kabinet Indonesia Maju - Wikipedia

Opini

100 Hari Jokowi-Ma’ruf Memimpin Indonesia: Visi dan Misi Belum Diwujudkan

9 poin misi Jokowi-Maruf dalam 100 hari pemerintahannya, tidak ada yang dilaksanakan yang memberi dampak positif kepada rakyat.

Tanpa terasa Presiden Jokowi – Wapres Ma’ruf Amin sudah memimpin Indonesia selama 100 hari yang dimulai 28 Oktober 2019.

Akan tetapi harus diakui, para menteri yang menjadi pembantu kedua pemimpin Indonesia itu, dapat dikatakan belum mulai mewujudkan janji politik Jokowi-Ma’ruf dalam kampanye Pilpres yang tercantum dalam visi dan misi.

Visi Jokowi-Ma’ruf yaitu “Terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong.”

Visi itu hebat sekali. Sejatinya visi itu, begitu pula misi Jokowi-Maruf di turunkan ke dalam program setiap kementerian, sehingga visi dan misi Jokowi-Maruf membumi, bisa dimonitor keberhasilan dan kegagalannya dalam pelaksanaan.

Belum Dilaksanakan

Saya coba monitor pelaksanaan 9 poin misi Jokowi-Maruf dalam 100 hari pemerintahannya, secara terbuka harus dikemukakan, tidak ada yang dilaksanakan yang memberi dampak positif kepada rakyat.

Sebagai contoh misi Jokowi-Maruf 1 tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia, misi ke 2 struktur ekonomi yang produktif, mandiri dan berdaya saing, serta misi ke 3 tentang pembangunan yang merata dan berkeadilan dan terakhir poin 8 Pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya, jika misi Jokowi-Maruf di breakdown dan dijadikan program setiap kementerian, maka dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-Maruf, rakyat bisa melihat hasil nyata pelaksanaan misi Jokowi-Maruf.

Jika rakyat belum bisa melihat hasilnya dalam 100 hari, sudah dapat melihat program yang memihaki kepentingan rakyat.

Sejatinya visi dan misi Jokowi-Maruf sudah wacana publik karena para menteri memasyarakatkan dalam event dan kegiatan, sehingga memperkaya dan mempertajam dalam pelaksanaannya.

Amat disayangkan dalam 100 hari pemerintahan Jokowi-Maruf hilang percuma momentum untuk mendorong dan merebut partisipasi rakyat yang luas untuk mewujudkan visi dan misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin untuk membangun Indonesia yang maju, adil dan makmur

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

Opini

Masalah krisis kepercayaan tidak teratasi dengan mengganti para menteri yang dianggap tidak cakap.

Lainnya

Pada 29 Januari 2020, Aktivis Gerakan Mahasiswa 77/78 dan Kampus Kuning bersilaturrahim dengan Prof Mahfud MD, Menko Polhukam RI di kediamannya di jalan Denpasar...

Politik

Sejak para menteri Kabinet Indonesia Maju dilantik, Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin serta para Menteri belum pernah mewacanakan, paling tidak yang bisa dibaca...