Connect with us

Walikota Jakarta Timur M. Anwar yang memberi respon positif terhadap proposal penanaman pohon produktif di wilayahnya yang diajukan Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Lainnya

UIC Kolaborasi Penghijauan Jakarta Dengan Menanam Pohon Produktif

Walikota Jakarta Timur M. Anwar yang memberi respon positif terhadap proposal penanaman pohon produktif di wilayahnya yang diajukan Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menanam puluhan ribu pohon dalam rangka penghijauan seluruh wilayah Jakarta.

Dampak dari penghijauan dan penataan sarana dan prasarana, Jakarta dari hari ke hari semakin indah, hijau dan asri.

Akan tetapi, penanaman pohon yang begitu banyak dan tentu disertai dengan pemeliharaan dan perawatan, belum dilakukan penanaman pohon produktif.

Dalam rangka partisipasi menyukseskan perwujudan kota Jakarta yang lestari dan hijau serta memberi daya guna dan hasil guna bagi kemajuan ekonomi warga Jakarta, Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta merasa terpanggil dan ikut bertanggungjawab untuk menyampaikan proposal penanaman pohon produktif di Jakarta.

Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari proposal penanaman pohon produktif antara lain:

Pertama, untuk mendukung dan menyuksesksan program pembangunan kota lestari yang menjadi janji politik Anies Baswedan dalam kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017.

Kedua, untuk berpartisipasi membangun ekonomi kerakyatan di Jakarta melalui penanaman pohon produktif.

Ketiga, untuk mewujudkan kolaborasi antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan masyarakat dalam membangun kota lestari di Jakarta melalui penanaman pohon produktif.

Keempat, untuk melibatkan partisipasi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun dalam program penghijauan di Jakarta melalui penanaman pohon produktif.

Kelima, untuk mendukung dan menyukseskan gerakan penghijauan di DKI dengan menanam pohon produktif di Jakarta.

Keenam, untuk menambah penghasilan para petugas yang merawat dan menjaga berbagai taman di Jakarta serta warga DKI Jakarta.

Kolaborasi Keniscayaan

Tamanan produktif adalah jenis tanaman yang bisa menghasilkan buah untuk kebutuhan manusia.

Untuk bisa menanam tanaman produktif di Jakarta tidak mungkin tanpa kolaborasi karena tanah yang akan ditanami pohon produktif merupakan milik Pemprov DKI dan yang memelihara dan merawat berbagai jenis pohon dan tanaman adalah petugas pertamanan DKI Jakarta.

Oleh karena itu, kolaborasi untuk membangun kota lestari Jakarta merupakan keniscayaan. Kolaborasi antara Pemprov DKI, Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun dan masyarakat untuk menanam pohon produktif serta menjaga, memelihara merawat dan mengamankan dari berbagai macam usaha untuk merusak dan memanen hasilnya sebelum matang.

Sekedar mengingatkan kembali (reminder) bahwa di dalam kolabosi terkandung partisipasi, tanggung jawab dan rasa memiliki Jakarta. Hal itu sangat diperlukan dalam membangun Jakarta dan Indonesia.

Apresiasi Walikota

Kami memberi apresiasi yang tinggi kepada Walikota Jakarta Timur M. Anwar yang memberi respon positif terhadap proposal penanaman pohon produktif di wilayahnya yang diajukan Fakultas Pertanian Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Hal tersebut terungkap dalam silaturrahim Pimpinan Yayasan Pembina Pendidikan Ibnu Chaldun (YPPIC) yang menaungi UIC dan Pimpinan Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Kami berharap Jakarta Timur menjadi pilot project dalam penanaman tanaman produktif seperti pohon sukun, pohon lengkeng, pohon duren, pohon mangga, pohon jambu madu dan sebagainya.

Selain itu, pohon jangka pendek seperti pohon anggur, pohon markisa, buah melon, buah semangka, sayur pare, sayur labu siang dan sayur labu batu.

Semoga kolaborasi dalam menanam tanaman produktif di Jakarta dapat diwujudkan demi melengkapi, menyempurnakan dan semakin memperindah kota Jakarta yang dilakukan Gubernur Anies Baswedan dan jajaran pemerintah provinsi DKI Jakarta khususnya Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Berikut foto-foto kegiatan

Baca Juga

DKI Jakarta

Alhamdulillah IPM DKI Jakarta, walaupun sudah dua tahun berturut-turut di hantam pandemi Covid-19, tetapi Indeks Pembangunan Manusia, BPS Jakarta, masih tumbuh sebesar 0,42 persen...

DKI Jakarta

Jakarta, hanya bisa dibandingkan tingkat bahagia masyarakatnya dengan Kuala Lumpur, Singapura, Bangkok dan berbagai kota besar di dunia.

Pendidikan

Kaspudin Nor, komisioner Kejaksaan Agung 2011-2016 mengemukakan pentingnya membangun budaya hukum. Budaya hukum bisa dibangun mulai dari kampus, dikemukakan dalam Seminar UIC Jakarta (30/12/2021).

Pendidikan

Kritikan keras Rizal Ramli dibantah A. Anshari Ritonga, saat menjadi Keynote Speaker dalam seminar Seminar UIC Jakarta "Refleksi Akhir Tahun dalam bidang hukum, HAM,...

Pendidikan

Universitas Ibnu Chaldun dalam rangka menyusun program kerja dan anggaran pendapatan dan belanja tahun 2022, pada 29 Desember 2021 telah melaksanakan rapat kerja yang...

Pendidikan

Dr. Gamari Sutrisno di wisuda Universitas Ibnu Chaldun mengemukakan bahwa pendidikan memiliki peranan dan fungsi yang amat penting dalam membangun sumber daya manusia yang...

Pendidikan

Kolaborasi dunia usaha Universitas Ibnu Chaldun dengan berbagai perusahaan sangat penting karena perguruan tinggi dan dunia usaha menghadapi persaingan bebas.

Pendidikan

Orasi ilmiah yang disajikan oleh Hj. Himmatul Aliyah, S.Sos., M.Si, Anggota DPR RI dari Komisi X yang berjudul Menyiapkan SDM Unggul Menghadapi Tantangan di...