Connect with us

"stop pesen grab di kereta api, tapi masih 10 stasiun lagi! nunggunya lama banget kak!" - twitter atemalem

Lainnya

Kiat Atasi Macet di DKI: Disiplinkan Ojol, Gunakan Transportasi Massal

Budaya disiplin pengendara mobil dan motor masih memprihatinkan. Saling serobot dan melawan arus jalan masih sering dilakukan.

Salah satu masalah yang dihadapi di Jakarta dan kota besar di Indonesia yang tidak mudah diatasi ialah kemacetan.

Macet sangat sulit diatasi. Setidaknya ada tiga penyebabnya.

Pertama, tiap hari kendaraan bertambah jumlahnya. Sementara ruas jalan tingkat pertambahannya tidak seimbang dengan peningkatan moda transportasi.

Kedua, budaya disiplin pengendara mobil dan motor masih memprihatinkan. Saling serobot dan melawan arus jalan masih sering dilakukan.

Ketiga, budaya disiplin masyarakat masih rendah dalam berlalu lintas.

Kiat Atasi Macet

Berbicara tentang kiat atasi kemacetan di Jakarta dan kota besar, maka suka tidak suka dan mau tidak mau, kemacetan di Jakarta dan kota besar di Indonesia harus di atasi.

Setidaknya ada 6 kiat yang harus dilakukan untuk mengatasi kemacetan di Jakarta dan kota besar di Indonesia.

Pertama, perusahaan aplikasi ojol (ojek online) motor dan mobil harus menertibkan para pengemudi motor dan mobil. Kalau perusahaan aplikasi ojol membina dan menertibkan para pengemudi ojol, dapat dikatakan 70% kesemrawutan dan kemacetan sudah bisa diatasi.

Kedua, pemerintah pusat terutama pemerintah daerah, mesti bekerja sama dengan perusahaan aplikasi ojol untuk membina, mengawasi, dan menertibkan para pengemudi Ojol supaya berlaku tertib dalam membawa kendaraan.

Ketiga, para pengendara mobil dan motor sudah saatnya membiasakan dan membudayakan antri dalam berlalu lintas. Tidak boleh serobot jalan dan melawan arus jalan dengan alasan apapun.

Keempat, penegakan hukum dalam berlalu lintas sangat penting dilakukan tanpa pandang bulu demi mewujudkan disiplin dalam berlalu lintas.

Kelima, masyarakat sudah saatnya menggunakan moda transportasi massal demi mengurangi kepadatan lalulintas.

Keenam, harus ada regulasi yang dikeluarkan pemerintah untuk menekan tingginya permintaan pembelian motor dan mobil misalnya menaikkan pajak kendaraan motor dan mobil, membatasi umur kendaraan, tidak boleh lewat 20 tahun.

Dengan melaksanakan 6 kiat untuk mengatasi macet di DKI dan kota besar di Indonesia, saya yakin dan optimis kemacetan secara pertahap bisa diatasi.

Saran dan komentar? silahkan reply di twitter status dibawah ini (click logo biru dan reply).

Baca Juga

DKI Jakarta

Transjakarta melayani warga Jakarta siang dan malam selama 24 jam tanpa henti. Pada siang hari, Transjakarta melayani warga Jakarta ke seluruh jurusan, termasuk yang...

DKI Jakarta

Transjakarta tidak menaikkan harga Transjakarta. Mengapa Transjakarta tidak naik tiket? Jawabannya karena pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan subsidi terhadap moda transportasi massal seperti Transjakarta.

DKI Jakarta

Penataan Kota Tua telah menjadi destinasi wisata di Jakarta yang sangat menarik. Pada saat saya mengunjungi kota tua Minggu lalu saya menyaksikan banyak turis...

DKI Jakarta

Anies bersama delegasi U20 mengunjungi obyek wisata kota tua. Sebanyak 12 delegasi U20 Mayors Summit hadir secara langsung di Kota Tua Jakarta Barat. Anies...

DKI Jakarta

Setelah turun di Halte Museum Fatahillah, saya mulai kagum menyaksikan kawasan Kota Tua yang telah ditata dengan sangat rapi, indah, nyaman dan mempesona.

DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan pada saat meresmikan penggunaan bus listrik beberapa waktu lalu mengatakan bahwa keberadaan bus listrik menjadi solusi terhadap dua masalah di Jakarta,...

DKI Jakarta

Mereka yang berpikiran jernih dan rasional dari suku, agama, ras dan antar golongan, pasti mengakui bahwa berbagai kebijakan Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta...

DKI Jakarta

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida memberikan perhatian yang baik terhadap Jakarta dan Indonesia. Anies mengemukakan bahwa dia membahas kerja sama yang selama ini berlangsung...